Jack Wilshere Putuskan Pensiun Muda Setelah Tanpa Klub Kembali

0
37

Debatbola.com – Musim panas kali ini, Jack Wilshere mengambil keputusan besar dalam karirnya di dunia sepak bola. Mantan gelandang milik Arsenal tersebut memutuskan untuk pensiun muda di usia yang baru 30 tahun. Faktor lagi-lagi tidak memiliki klub disinyalir menjadi penyebab utama gantung sepatu dari mantan pemain Timnas Inggris itu.

Jack Wilshere tidak diberi perpanjangan kontrak oleh Aarhus GF yang merupakan klub asal Denmark. Namun dengan pensiunnya Wilshere sebagai pemain tidak akan membuat gelandang tersebut melepas karir sepak bolanya. Arsenal yang merupakan mantan klubnya bersedia membawanya pulang sebagai seorang pelatih.

Putuskan Pensiun Dini

Kembali tidak memiliki klub merupakan suatu hal yang berat untuk pemain sepak bola, tidak terkecuali Jack Wilshere. Karena hal itulah gelandang yang baru berusia 30 tahun itu memutuskan untuk pensiun dini. Keputusan tersebut diambil setelah berdiskusi panjang dengan orang-orang terdekatnya.

Jack Wilshere mengakui jika dirinya sangat berat untuk mengambil keputusan penting tersebut. Pasalnya Wilshere pernah merasakan bermain di level tertinggi dan pernah menjadi andalan Timnas Inggris dengan mengoleksi 34 caps. Serentetan cedera yang dialaminya akhir-akhir ini adalah penyebab yang membuat karirnya sebagai pemain merosot tajam.

Gantung sepatu di usia yang masih kategori emas untuk pemain sepak bola tentu tidak pernah dibayangkan oleh Jack Wilshere. Bahkan untuk mengambil keputusan penting tersebut, Wilshere merenung cukup lama dan berdiskusi dengan orang-orang terdekatnya. Pasalnya yang menjadi alasan pensiun bukanlah suatu hal yang bisa pemain tersebut kendalikan.

Namun Jack Wilshere mengaku tidak menyesal jika melihat perjalanan karirnya selama ini meskipun cukup singkat. Gelandang berusia 30 tahun itu merasa bangga telah melalui banyak moment berharga selama karirnya. Terlebih dirinya berkesempatan membela negaranya di Piala Dunia yang merupakan mimpi besar dari setiap pemain.

Perjalanan Karir Jack Wilshere

Mengawali karir Junior bersama Luton Town, Jack Wilshere kemudian pindah ke Arsenal di tahun 2001 lalu. Pemain asli Inggris itu kemudian dipromosikan ke tim senior di tahun 2008 dan sempat memiliki masa peminjaman. Selama berkarir di Arsenal, Jack Wilshere terkenal dengan kemampuan mendukung permainan tim sehingga ditunjuk sebagai kapten.

Tahun 2017 lalu, Arsenal resmi melepas Jack Wilshere dengan tidak memperpanjang kontraknya. Total 197 laga yang diikuti Jack Wilshere bersama tim senior Arsenal dan telah membukukan 14 gol. Jack Wilshere kemudian melanjutkan karirnya di West Ham United.

Permasalahan fisik kemudian menghantui Wilshere selama berkarir di West Ham United yang membuat karirnya merosot. Bahkan dalam jangka waktu 3 tahun di East End, Jack Wilshere hanya bermain sebanyak 19 kali. Karena hal itulah Wilshere kemudian pindah ke AFC Bournemouth yang dulu pernah menjadi klubnya dengan status pinjaman.

Februari lalu, Aarhus GF mengontraknya dengan kontrak jangka pendek yang berakhir di bulan Juni ini. Sayang sekali klub asal Denmark itu tidak memperpanjang kontraknya sehingga lagi-lagi Wilshere harus tanpa klub. Pihak Aarhus GF menyampaikan salam perpisahan serta ucapan terima kasih pada Wilshere melalui akun resminya.

Sepanjang karir profesionalnya, Jack Wilshere telah mencatatkan 287 pertandingan dengan total 37 gol dengan 48 assist. Mantan gelandang Arsenal itu juga telah meraih 3 trofi ketika membela klub asal London itu. Jack Wilshere juga pernah menjadi bagian Timnas Inggris saat berlaga di Piala Dunia 2014.

Ditunjuk Menjadi Pelatih Tim Junior Arsenal

Meskipun memutuskan pensiun sebagai pemain, akan tetapi Jack Wilshere masih ingin berkarir di dunia sepak bola. Kabarnya Wilshere akan segera memulai babak baru dalam karirnya dengan menjadi pelatih. Klub pertama yang akan dilatih Jack Wilshere yaitu tim junior milik Arsenal.

Tawaran dari Arsenal tentu saja menjadi jalan keluar bagi Jack Wilshere setelah karirnya sebagai pemain sepak bola usai. Secara kebetulan juga pelatih Arsenal U-18, Dan Micciche baru saja keluar. Pihak Arsenal kabarnya sudah memulai pembicaraan dengan Wilshere untuk memulai karir kepelatihan di mantan klubnya,

Sebagai pemain jebolan akademi Arsenal, Jack Wilshere tentu sangat paham mengenai sistem pelatihan di tim junior Arsenal. Bahkan kabarnya Wilshere juga memiliki hubungan yang cukup baik dengan Per Mertesacker yang merupakan kepala akademi The Gunners. Tepatnya mulai minggu depan Jack Wilshere sudah mulai menjalankan profesi barunya sebagai pelatih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here