Italia Tersungkur di Play-Off Piala Dunia, Bagaimana Nasib Mancini

0

Debatbola.com – Italia secara mengejutkan tersungkur di babak play-off World Cup setelah ditaklukkan Makedonia Utara di Palermo. Kekalahan ini praktis membuat juara Eropa 2020 gagal tampil di World Cup Qatar yang bakal berlangsung tahun ini. Lalu, atas kegagalan ini, bagaimanakah nasib Roberto Mancini selaku sang pelatih?

Gagal Lagi Masuk World Cup

Sebuah pertandingan seru terjadi di Stadio Renzo Barbera, dimana Italia berjumpa dengan Makedonia Utara dalam play-off semifinal World Cup 2022. Melihat tim yang berlaga, sudah jelas siapa yang menyandang status unggulan. Italia dijagokan bakal melaju, dan benar saja, pasukan Roberto Mancini mendominasi selama jalannya laga.

Total, sebesar 66 persen penguasaan bola dipegang Italia, sementara 34 persen sisanya dipegang Makedonia Utara. Total tembakan juga sangat didominasi oleh Italia, yakni sebanyak 32 tembakan dilepas. Sayangnya, Makedonia Utara yang cuma melepas empat tembakan justru berhasil membuahkan satu gol.

Pada akhirnya, Makedonia Utara berhasil menenangkan laga, dan secara mengejutkan menendang Italia dari World Cup 2022. Ini artinya, sang juara Eropa 2020 tidak akan ikut berpartisipasi dalam turnamen sepakbola paling akbar dunia itu. Tercatat, ini juga menjadi kali ke-2 secara beruntun Gli Azzuri tidak ikut ambil bagian di gelaran World Cup 2022.

Bagaimana Nasib Mancini?

Sebagai pelatih, Roberto Mancini tentu saja berada di ujung tanduk, dan sang pelatih menyebut bahwa ini adalah momen paling mengecewakan. Posisi Mancini kini terancam digantikan. Nama-nama macam Fabio Cannavaro beserta Marcelo Lippi disiapkan sebagai bakal suksesor eks pelatih Manchester City tersebut.

Pasca kekalahan Italia atas Makedonia Utara, masa depan Mancini dipertanyakan, dan sang pelatih kini diisukan bakal digantikan. Namun, wahana888 melihat federasi sepakbola Italia FIGC sepertinya membantah rumor tersebut. Presiden FIGC, Gabriele Gravina menyebut bahwa ia berharap Mancini bertahan sebagai pelatih Gli Azzurri.

“Inilah sepakbola, dan ketika bergelut dengan dunia olahraga, anda harus bisa menerima sesuatu seperti ini.” Kata Gravina kepada RAI Sport, mengomentari hasil laga Italia melawan Makedonia Utara. “Saya sangat sedih untuk para pendukung kami. Kebahagiaan kami di musim panas tetap ada, tapi kekalahan ini, kami tidak pernah menyangkanya.”

“Saya berharap Mancini melanjutkan kerjasamanya dengan kami. Dia punya komitmen bersama kami untuk mendukung proyek ini. Semoga dia bisa lepas dari bayang-bayang kekalahan ini, seperti orang-orang Italia lainnya. Lalu, saya berharap dia bisa melanjutkan tugasnya, supaya kami bisa tetap bekerja bersama.”

Momen Paling Mengecewakan

Adapun bagi Mancini sendiri, kekalahan ini merupakan momen paling mengecewakan buatnya. Mancini jelas kecewa, dan ketika ditanya masa depannya, mantan pelatih Manchester City mengungkapkan ia tidak ingin membahasnya. Kendati demikian, Mancini menilai tim yang ia latih sekarang adalah tim yang lebih baik ketimbang tim Euro 2020.

“Kami sudah melakukan apapun yang kami bisa lakukan untuk menang. Tapi beberapa pertandingan berjalan seperti tadi, sulit diungkapkan dengan kata-kata. Hal-hal luar biasa terjadi dalam sepakbola.” Papar Mancini, menggambarkan bagaimana sulitnya pertandingan melawan Makedonia Utara yang notabene adalah tim kuda hitam.

“Sukses yang kami dapatkan di Piala Eropa memang layak, tapi kemudian, keberuntungan yang menaungi kami berubah menjadi kesialan total. Bisa dibilang, saya lebih suka para pemain yang sekarang, mereka pemain-pemain bagus dan punya masa depan cerah. Untuk saat ini, saya terlalu kecewa untuk membahas masa depan saya.”

Calon Terdepan Pengganti Mancini

Sebagai calon pengganti, Marcelo Lippi bisa dibilang ada di posisi terdepan, mengingat dibawah racikannya, Italia pernah meraih kesuksesan. Lippi pernah bertugas menangani Gli Azzurri pada tahun 2004 sampai 2006, dan pada 2008 sampai 2010. Ia pun pernah membawa Italia rajai Piala Dunia, tepatnya pada tahun 2006, di Jerman.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version