Inilah Pemain Kunci Kemenangan Indonesia Atas Timor Leste

0
77

Debatbola.com – Pertandingan antara Indonesia melawan Timor Leste berakhir dengan kemenangan tim Garuda. Meskipun di babak pertama permainan Indonesia kurang baik, bahkan Sempat tertinggal terlebih dahulu, tim asuhan Shin Tae-yong berhasil membalikkan kedudukan menjadi 4-1. Secara statistik permainan Indonesia unggul jauh dari tim lawan, hal ini terbukti dari penguasaan bola hingga 63 persen.

Tanpa disangka Timor Leste yang diatas kertas kekuatannya jauh dibawah Indonesia mampu memberikan perlawanan yang berarti. Berkat kesabaran serta mampu memaksimalkan kesalahan lawan, Timnas Indonesia mampu menciptakan beberapa peluang dan berhasil menjadikan gol. Adapun pemain-pemain kunci kemenangan timnas pada sore itu, diantaranya:

1. Ricky Kambuaya

Sejak dibawah asuhan Shin Tae-yong, Ricky Kambuaya merupakan pemain tengah yang tak tergantikan. Pada pertandingan melawan Timor Leste kemarin, gelandang Persebaya Surabaya ini bermain penuh dan mampu mencetak satu gol.

Pada pertandingan ini, Kambuaya membukukan dua kali tembakan ke arah gawang, salah satunya mampu merobek gawang lawan. Ricky Kambuaya berhasil mencetak gol spektakuler setelah mendapat umpan dari Ronaldo Kwateh pada menit 65’. Berkat gol ini, Permainan timnas menjadi lebih termotivasi dan membangkitkan mental bermain pasukan Garuda.

2. Pratama Arhan

Bek kiri andalan timnas ini layak dijadikan Man of The Match pada pertandingan tersebut. Pada pertandingan tersebut, Pratama Arhan bermain menggantikan Edo Febriansyah pada awal babak kedua. Masuknya pemain PSIS ini mampu mengubah pola permainan timnas menjadi lebih baik. Terbukti dari gol kedua timnas yang tercipta dari kakinya melalui titik pinalti.

Selain itu, gol bunuh diri dari pemain Timor Leste juga berkat kontribusi dari dirinya. Gol bunuh diri pada menit 76’ bermula dari kelebihannya dalam melakukan lemparan kedalam, bola yang mengarah ke gawang Timor Leste gagal ditepis oleh penjaga gawang dan berujung gol bunuh diri.

Hal hampir serupa juga terjadi pada menit 80’. Berawal dari umpan silang yang dia lakukan, bola yang mengarah pada pemain belakang Timor Leste, Filomeno Junior justru masuk ke gawang sendiri. Kecerdikan serta determinasi yang dilakukan Pratama Arhan mampu menyelamatkan Indonesia dari kekalahan.

3. Ronaldo Joybera Kwateh

Pemain yang melakukan debut pada malam itu sekaligus menobatkan dirinya sebagai pemain timnas termuda. Masuknya Ronaldo Kwateh mampu mengobrak-abrik pertahanan Timor Leste. Masuk di awal babak kedua, Ronaldo langsung nyetel dengan permainan timnas. Pemain 17 tahun ini berhasil memberikan umpan manis yang berhasil diselesaikan oleh Ricky Kambuaya di menit ke 65’.

Sepanjang babak kedua permainannya cukup memuaskan terutama dalam membongkar pertahanan Timor Leste. Dalam pertandingan tersebut, Ronaldo Joybera Kwateh membukukan satu kali tembakan ke gawang dan dua umpan kunci. Dapat dikatakan pula dengan masuknya pemain berdarah Liberia ini mampu mengubah permainan timnas Indonesia.

4. Alfeandra Dewangga

Permainannya dalam menjaga lini pertahanan tim Garuda juga perlu mendapatkan apresiasi. Dalam pertandingan tersebut, dia bermain penuh serta berhasil memberikan umpan sukses sebanyak 38 kali. 

Meskipun pada babak pertama timnas Indonesia sempat kebobolan, namun duetnya bersama Fachrudin Aryanto mampu menjaga jantung pertahanan hingga peluit akhir dibunyikan.

5. Rachmat Irianto

Gelandang bertahan milik Persebaya Surabaya ini berhasil tampil konsisten selama pertandingan. Rachmat Irianto mampu menahan serangan Timor Leste sebelum memasuki area pertahanan. Selama permainan, dia berhasil memberikan umpan sukses sebanyak 54 kali dengan satu kali melakukan pelanggaran.

Itulah 5 pemain yang merupakan kunci kemenangan timnas atas Timor Leste. Meskipun demikian, kerja keras dari pemain lainnya juga layak mendapat apresiasi. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here