Inilah Daftar Pemain Timnas Indonesia Yang Terkena Hukuman, Apa Yang Dilanggarnya

0
59
Inilah Daftar Pemain Timnas Indonesia Yang Terkena Hukuman, Apa Yang Dilanggarnya

Debatbola.com – Sebanyak empat pemain Timnas Indonesia mendapat larangan bermain pada final leg 2 Piala AFF 2020 melawan Thailand. Sebuah kabar mengejutkan dan mengecewakan. Hal tersebut dikarenakan adanya pelanggaran aturan. Mereka keluar dari hotel pada saat sedang menjalani peraturan bubble.

Diantara keempat pemain tersebut yaitu Elkan Baggott, Victor Igbonefo, Rizky Ridho, dan Rizky Dwi. Mereka tidak dapat tampil pada laga melawan Thailand, pada Sabtu (1/1/2022). Menurut laporan Channel News Asia, mereka berempat melakukan pelanggaran itinerary (rencana perjalanan) di negara Singapura.

Peraturan itinerary adalah aturan dimana semua peserta termasuk official hanya dapat berpindah dari hotel, ke tempat latihan dan tempat pertandingan. Peserta juga dilarang keluar atau beraktivitas di luar lokasi yang sudah ditentukan. Elkan Baggott dan rekan lainnya dikabarkan melanggar peraturan tersebut.

“Kontrol yang sangat ketat terhadap itinerary adalah bagian penting dari langkah-langkah yang aman. Tujuannya untuk melindungi kesehatan semua pemain yang berpartisipasi, official pertandingan, dan masyarakat singapura selama Piala AFF 2020,” pernyataan dari SportSG. “Investigasi langsung digelar dan Komite Disiplin AFF juga dibentuk,” lanjut keterangan itu.

Dampak Pelanggaran Bubble Kepada Timnas Indonesia

Berdasarkan kamus online, arti kata bubble dalam bahasa Indonesia adalah gelembung. Dilansir dari VOA, semenjak pandemi Covid-19 melanda, sejumlah negara menerapkan aturan bubble atau travel bubble. Travel bubble adalah kebijakan membuka perbatasan negara yang sangat terbatas dengan satu negara atau beberapa negara saja.

Sedangkan, dalam istilah olahraga, aturan bubble dipakai sebagai aturan kesehatan yang diterapkan dalam sebuah kompetisi selama pandemi Covid-19. Aturan bubble ini diterapkan, kemudian setiap tim diharuskan untuk mentaati protokol kesehatan yang ditentukan selama masa laga berlangsung di Singapura.

Pergerakan setiap anggota dan official tim, selama berlangsungnya piala AFF 2020 dibatasi. Pemerintah Singapura memberikan hukuman kepada Elkan Baggott, Rizky Ridho, Rizky Dwi, dan Victor Igbonefo karena dinilai melanggar aturan sistem gelembung di Singapura. Kabarnya, mereka berempat sempat meninggalkan kawasan hotel.

Akibatnya, PSSI dijatuhi hukuman oleh Komisi disiplin AFF. Hukuman tersebut berupa  denda sebesar 10 ribu dolar Singapura, atau sama dengan Rp105 juta rupiah pada 23 Desember 2021 lalu. Selanjutnya, kasus tersebut tidak sampai di situ saja. Sehari menjelang leg kedua final melawan Thailand, Elkan Baggott dan rekan lainnya dilarang membela skuad Garuda.

Pimpinan Sport Institute Singapura, DR Su Chun Wei mengatakan bahwa Piala AFF memang menjunjung aturan ketat dari pemerintah Singapura. “Kami mengambil keputusan buat mereka semua (empat pemain Timnas Indonesia). Piala AFF digelar dengan aturan ketat untuk melindungi peserta turnamen dan komunitas masyarakat Singapura,” ujarnya.

Pernyataan Elkan Baggott Mewakili Rekannya Yang Sama-Sama Terkena Hukuman

“Saya ingin mengklarifikasi kepada masyarakat, bahwa kami tidak tahu kami telah melanggar aturan bubble turnamen.” Tulis Elkan Baggott, Sabtu (1/1/2022). “Official timnas Indonesia mengatakan bahwa kami diperbolehkan untuk keluar dari hotel, berjalan-jalan dan mendapatkan udara segar, serta untuk membeli kebutuhan dasar di toko Seven eleven.”

“Karena itu, kami berani meninggalkan hotel. Karena, kami menganggap hal itu tidak melanggar aturan bubble. Sedangkan apa yang ditampilkan media, membuat kami terlihat sebagai pihak yang salah serta merugikan PSSI.” Lanjutnya. Meski kecewa dengan apa yang terjadi, Elkan Baggott coba untuk tetap mendukung timnas Indonesia.

Leg kedua final Piala AFF antara Thailand melawan Indonesia berakhir dengan skor imbang dua sama. Dengan demikian, Tim nasional Thailand berhasil meraih gelar keenam pemenang kompetisi antar negara di Asia Tenggara itu usai unggul agregat 6-2. Meski demikian, Elkan Baggott dan keempat pemain harus menanggung beberapa kritik pedas atas kesalahannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here