Ini Alasan Euro Tetap Diberi Nama Euro 2020 Meski Digelar di Tahun 2021

0
172
Ini Alasan Euro Tetap Diberi Nama Euro 2020 Meski Digelar di Tahun 2021

Debatbola.com – Kompetisi Euro 2020 sedianya bakal digelar pada musim panas tahun 2020 kemarin. Kendati demikian, karena wabah Covid-19, kompetisi ini mundur satu tahun lamanya. Namun, UEFA tetap memberi nama kompetisi ini Euro 2020, bukan Euro 2021. Kenapa UEFA memutuskan hal demikian?

Pandemi Buat Euro Mundur Setahun

Pandemi Covid-19 benar-benar meruntuhkan berbagai aspek kehidupan, tak cuma kesehatan, tetapi juga ekonomi dan olahraga. Sepakbola menjadi salah satu olahraga yang ikut terdampak akibat pandemi. Beberapa kompetisi sempat ditunda sementara waktu, bahkan ada pula yang dibatalkan karena pandemi ini.

Salah satu ajang sepakbola yang harus mengalami penundaan akibat pandemi adalah event empat tahunan Euro 2020. Kompetisi ini sedianya bakal digelar pada musim panas tahun 2020 yang lalu. Namun akibat pandemi yang makin meluas di seluruh daratan Eropa, kompetisi inipun mundur hingga musim panas tahun 2021.

Laga pembuka Euro 2020 telah berakhir pada 12 Juni 2021 dinihari waktu Indonesia, dan babak pamungkasnya dijadwalkan bakal digelar pada 12 Juli 2021. Kompetisi Euro 2020 secara resmi digelar sepanjang tahun 2021. Namun, apa sebabnya UEFA mengambil keputusan untuk mempertahankan nama Euro 2020, bukannya Euro 2021?

Tak Ingin Ubah Visi

UEFA sendiri diketahui memiliki beberapa alasan mengapa mereka mempertahankan nama UEFA Euro 2020, bukannya UEFA Euro 2021, sesuai tahun kompetisi ini dihelat. Alasan pertama adalah UEFA tidak ingin mengubah visi mereka. Sementara alasan ke-2, UEFA tidak ingin kondisi ekonomi mereka terganggu hanya karena perubahan nama kompetisi.

Turnamen UEFA Euro 2020 memang sudah direncanakan UEFA jauh-jauh hari karena turnamen ini bisa dibilang sebagai turnamen akbar ke-2 setelah World Cup. Sejak awal, UEFA sudah punya visi tersendiri untuk kompetisi ini. Jadi mereka tak ingin merusak visi tersebut dengan hanya mengganti namanya.

Finansial dan Alasan Tersirat

Alasan lain UEFA tak menggunakan nama UEFA Euro 2021 adalah karena mereka tak ingin ada gangguan secara finansial. Sebelum pandemi, UEFA telah mempersiapkan berbagai hal terkait Euro 2020. Mulai dari menggaet sponsor, branding, hingga mempersiapkan segala merchandise dengan logo Euro 2020.

Sampai penundaan kompetisi, UEFA telah membangun image yang kuat untuk turnamen UEFA Euro 2020. Jelas saja UEFA tidak ingin merusak image yang sudah mereka bangun itu, dengan hanya mengganti nama kompetisi menjadi UEFA Euro 2021. Mereka juga tak ingin, segala pernak-pernik berbau Euro 2020 menjadi sia-sia hanya karena perubahan nama.

“Pilihan ini sejalan dengan komitmen UEFA untuk melanjutkan nama Euro 2020 dan tidak ingin membuat semuanya sia-sia.” Bunyi pernyataan resmi UEFA. “Sudah banyak materi yang dikeluarkan untuk promosi sebelum turnamen ditunda. Pengubahan nama untuk turnamen ini berarti akan menghancurkan semua itu.”

Selain dua alasan tadi, UEFA juga rupanya menyelipkan alasan tersirat mengapa mereka memilih mempertahankan nama UEFA Euro 2020. UEFA mengklaim bahwa keputusan ini diambil supaya para penggemar selalu mengingat tahun 2020. Penggemar diharapkan dapat selalu ingat dengan kondisi sulit sepakbola di tahun 2020.

Nama Tidak Penting

Perihal nama kompetisi Euro edisi kali ini, para penggemar sendiri sejatinya tak terlalu mempermasalahkan. Memang, ada segelintir penggemar yang bingung apakah kompetisi tetap bernama UEFA Euro 2020, atau UEFA Euro 2021. Tetapi para penggemar nampaknya akan tetap menikmati kompetisi empat tahunan ini, apapun namanya.

Dengan adanya negara-negara tangguh, kompetisi Euro 2020 kali ini dipastikan bakal menyajikan drama dan persaingan yang sengit. Nama tidaklah penting untuk ajang yang diselenggarakan tiap empat tahun sekali itu. Yang terpenting adalah drama dan persaingan ketat yang tersaji di setiap pertandingan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here