Inggris Taklukkan Ceko, Southgate Komentari Absennya Duo Chelsea

0
26
Southgate Komentari Absennya Duo Chelsea

Debatbola.com – Timnas Inggris berhasil memastikan diri lolos ke babak 16 besar ajang Euro 2020 lewat kemenangan atas Republik Ceko. Sayangnya, pada pertandingan ini, duo Chelsea Mason Mount dan Ben Chilwell tidak bisa tampil. Pelatih Inggris Gareth Southgate pun melontarkan komentarnya terkait absennya dua pemain itu.

Tiket 16 Besar Sudah Diraih

Dalam gelaran Euro 2020, timnas Inggris menjadi salah satu tim favorit untuk meraih gelar juara di akhir kompetisi nanti. Mereka pun akhirnya sukses mengamankan tiket ke babak 16 besar. Keberhasilan ini didapat Inggris seusai mereka menumbangkan Republik Ceko pada partai terakhir babak penyisihan Grup D.

Inggris yang bermain di rumahnya sendiri berhasil mencuri gol cepat via Raheem Sterling ketika laga baru berumur 12 menit. Setelahnya, tidak ada gol tercipta, baik dari kubu Ceko, maupun dari kubu Tiga Singa. Pertandingan lantas berakhir dengan kemenangan tipis Inggris, serta berhasil memastikan Tiga Singa lolos sebagai juara Grup D.

Aturan Aneh

Kemenangan Inggris atas Ceko tentu terasa cukup spesial bagi armada Gareth Southgate karena kemenangan ini sukses mengantar mereka ke 16 besar Euro 2020. Kendati demikian, kemenangan ini terasa kurang lengkap karena dua pemain harus absen. Keduanya merupakan duo Chelsea, Mason Mount dan Ben Chilwell.

Sebagai sesama pemain Chelsea, Mount dan Chilwell tentu saja gembira ketika bertemu dengan rekan setim mereka Billy Gilmour di laga melawan Skotlandia. Pertandingan kala itu berakhir seri tanpa pemenang. Mount dan Chilwell pun kedapatan berpelukan dengan Gilmour, beberapa saat selepas pertandingan usai.

Tak lama setelah momen perjumpaan itu, Gilmour terkonfirmasi positif terpapar Covid-19. Gelandang muda Chelsea itupun harus menjalani isolasi mandiri guna mencegah penularan virus. Mount dan Chilwell yang secara langsung berhubungan dengan Gilmour juga diharuskan mengisolasi diri, meski keduanya dites negatif Covid-19.

Yang aneh dari kasus Gilmour adalah, Mount dan Chilwell diharuskan melakukan isolasi mandiri, padahal mereka hanya berhubungan dengan Gilmour sekali belakangan ini. Sementara itu, para pemain Skotlandia yang hampir setiap hari berhubungan dengan Gilmour justru tak diwajibkan mengisolasi diri.

Gareth Southgate lalu memberikan komentarnya terkait absennya duo Chelsea itu dalam pertandingan melawan Republik Ceko. Southgate mengaku heran dengan aturan yang mewajibkan Mount dan Chilwell mengisolasi diri. Kendati demikian, ia tidak mau membawa permasalahan ini berlarut-larut.

“Jujur, saya tidak paham sama sekali.” Kata Southgate kala ditanya komentarnya mengenai absennya Mount dan Chilwell. “Di lain pihak, ada satu tim yang bepergian (dengan Gilmour) menggunakan pesawat, bis dan sering berhubungan berhubungan dekat. Sejujurnya, ini benar-benar mengecewakan untuk para pemain kami.”

“Keputusan ini benar-benar menjadi keputusan yang aneh. Mereka hanya menghabiskan waktu 120 detik lebih lama di lapangan terbuka. Saya merasa aturan ini bertentangan dengan aturan yang ada. Tapi kami tetap harus menerima semua keputusan ini dan terus melanjutkan perjalanan kami.”

Lawan Berat Menghadang

Selepas keluar dari fase Grup, Timnas Inggris dinanti sejumlah raksasa mengingat mereka bakal berhadapan dengan runner-up Grup F yang dikenal sebagai Grup Neraka. Artinya, Inggris bakal berhadapan dengan salah satu di antara Prancis, Jerman, Portugal atau Hungaria. Southgate pun melontarkan komentarnya terkait hal ini.

“Siapapun yang akan kami hadapi nanti, tentu kami tahu bahwa negara itu akan menjadi lawan yang sangat-sangat sulit.” Katanya. “Tapi kami sudah mengetahui masing-masing dari mereka selama sekitar 18 bulan ke belakang. Kami tahu jalan keluarnya. Hal yang bagus dari kami adalah kami terlihat sulit dikalahkan, tapi kami masih bisa tampil lebih baik lagi.”

Akhirnya hari ini pun telah diketahui bahwa Jerman yang berhak menduduki peringkat runner up di Grup F. Mereka mendapatkan posisi tersebut setelah bermain imbang melawan Slovakia dengan skor 2-2. Dengan ini artinya Inggris akan menghadapi Jerman di babak 16 besar EURO 2020 nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here