Imbang Lawan Swedia, Timnas Spanyol Incar Operan Atau Gol

0
Imbang Lawan Swedia, Timnas Spanyol Incar Operan Atau Gol

Debatbola.com – Timnas Spanyol bertindak sebagai tuan rumah dalam menjamu timnas Swedia di partai perdana mereka di gelaran EURO 2020. Pertandingan yang dimainkan di Estadio La Cartuja, Sevilla hanya berakhir dengan hasil imbang.

Skor 0-0 Pertama Di EURO 2020

Pada akhirnya turnamen EURO 2020 melahirkan skor akhir 0-0. Pada pertandingan itu timnas Swedia yang dikomandoi oleh Janne Andersson memutuskan untuk bermain lebih bertahan dan memanfaatkan serangan balik.

Tim asal negara Skandinavia itu menggunakan taktik umpan-umpan panjang memanfaatkan kecepatan dari kedua strikernya, Alexander Isak dan Marcus Berg. Namun karena tak kunjung menghasilkan gol keduanya pun digantikan oleh Viktor Claesson dan Robin Quaison pada menit ke-69.

Sementara itu timnas Spanyol dibawah asuhan pelatih Luis Enrique menggunakan strategi umpan pendek mereka. Sang pelatih menurunkan para pemainnya dengan formasi 4-3-3. Di sektor penyerangan, mantan juru taktik Barcelona itu memainkan Dani Olmo dan Ferran Torres di posisi sayap. Sementara posisi striker tim diisi oleh penyerang Juventus, Alvaro Morata.   

Namun hingga waktu pertandingan berakhir, tuan rumah yang berjuluk La Furia Roja itu tak juga mendapatkan gol. Padahal mereka sukses menguasai bola 86 % berbanding 14 %. Sedangkan jumlah tendangan ke gawang timnas Spanyol kembali menang lima berbanding satu.

Kedudukan imbang dengan skor kacamata ini pun menjadi rekor pertama di gelaran EURO 2020 ini. Sebelumnya negara-negara yang bertanding selalu mencetak gol walaupun hanya satu gol seperti pertandingan Finlandia melawan Denmark.  

Gol No, Operan Yes

Timnas Spanyol yang memainkan laga pertamanya ini mencatatkan rekor lain. Mereka sukses membukukan total 917 kali operan tanpa tendangan yang berbuah gol. Rekor itu pun menjadi cibiran bukan hanya netizen tapi juga media-media olahraga.

Bek kanan yang bertugas kali itu, Marcos Llorente menyebutkan bahwa dirinya tak menyangka pertandingan berakhir dengan hasil tanpa gol. Pemain Atletico Madrid itu merasa bahwa timnya mempunyai banyak peluang namun eksekusinya sangat buruk.

Robin Olsen VS Alvaro Morata

Ketangguhan penjaga gawang timnas Swedia, Robin Olsen patut diapresiasi. Seperti peluang gelandang tim tuan rumah, Dani Olmo pada menit ke-16 yang mendapatkan peluang sundulan. Sebelumnya Koke yang jeli melihat sang gelandang RB Leipzig tersebut membuat umpan manis.

Namun sundulan mantan gelandang Barcelona itu berhasil ditepis oleh kiper tim tamu. Padahal Dani Olmo sudah lolos dari pengawalan barisan pertahanan tim Swedia. Sedangkan sisanya tendangan-tendangan dari jarak jauh juga sukses dimentahkan oleh kiper Everton itu.

Sementara itu peran Alvaro Morata juga patut disorot pada laga ini. Sebab beberapa kali mantan striker Real Madrid ini tak mampu menendang menemui gawang. Bahkan sepakannya selalu melebar dan menjauh dari area gawang.

Peluang pertamanya tercipta pada menit ke-38 berkat kesalahan dari lini belakang tim tamu yang berjuluk Blagult itu. Miskomunikasi membuat bola malah mengarah kepada striker berusia 28 tahun tersebut. Memasuki kotak penalti dirinya pun langsung menghantam bola sekeras-kerasnya. Namun apa daya sepakannya malah melebar.

Bukan hanya satu kali itu saja, pada babak kedua tepatnya pada menit ke-50, Alvaro Morata kembali berulah. Kali ini lewat serangan balik, Dani Olmo yang menginisiasi. Sang gelandang pun berinisiatif membuat operan pendek kepada sang striker.

Striker Juventus tersebut yang sudah berada di dalam jarak tembak yang sempurna kembali menemui area kosong. Tembakannya seakan tak mau mengarah ke gawang yang dijaga oleh penjaga gawang timnas Swedia, Robin Olsen.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version