Ijin Sudah Keluar, Liga 1 Akan Berjalan Sesuai Rencana

0
34

Debatbola.com – Sebelum dimulainya Liga 1, PSSI bersama PT. LIB tengah merampungkan perizinan kompetisi tersebut. Terutama ijin keramaian dari pihak kepolisian dikarenakan PSSI dan PT. LIB merencanakan adanya penonton di Stadion. Oleh karena itu ijin dari Kepolisian sangat penting karena berpengaruh pada keamanan selama pertandingan.

Kini PSSI dan PT. LIB bisa bernapas lega karena ijin pelaksanaan Liga 1 sudah diperoleh. Bukan hanya ijin dari Pemerintah saja, tetapi juga kepolisian yang akan bertanggung jawab pada keamanan. Dengan begitu Liga 1 bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Pemerintah Memberi Ijin

Selasa tanggal 19 Juli kemarin PSSI dan PT. LIB menggelar rakor mengenai pelaksanaan Liga 1 yang akan dimulai sebentar lagi. Pertemuan yang terjadi di Wisma Kemenpora Senayan itu dipimpin langsung oleh Zainudin Amali selaku Kemenpora. Terlihat di pertemuan tersebut ketua umum PSSI, Dirut, Direktur Operasional serta PT. LIB.

Dalam rakor tersebut, juga dihadiri perwakilan Kepolisian, BNPB serta Kementrian Dinas Kesehatan. Tidak lupa juga perwakilan dari Satgas Covid-19 turut hadir karena masih dalam masa pandemi. Dalam pertemuan tersebut membahas pelaksanaan Liga 1 yang akan segera dimulai dalam waktu dekat.

Pemerintah memberi ijin penuh pada PSSI dan PT. LIB dalam melaksanakan agenda besar Liga teratas Indonesia itu. Tanggal dan jadwal pertandingan juga sudah disetujui dan akan terlaksana seperti yang sudah direncanakan. Melalui Kemenpora, pemerintah berharap kompetisi tersebut berjalan dengan baik sampai diakhiri pada April tahun depan.

Zainudin Amali juga berpesan kepada PSSI dan PT. LIB untuk mempersiapkan kompetisi tersebut dengan baik terutama mengenai protokol kesehatan. Pasalnya keseluruhan pertandingan akan berformat home away dan menghadirkan penonton di lapangan. Para suporter diharapkan mematuhi prokes yang ditentukan.

Kepolisian Segera Terbitkan Ijin

Bukan hanya pemerintah, Mochamad Iriawan juga telah memastikan jika pihak kepolisian telah memberikan lampu hijau untuk Liga 1. Kabarnya pihak kepolisian siap menurunkan ijin keramaian di Stadion selama pertandingan. Dengan adanya ijin tersebut, Liga 1 dipastikan akan berjalan sesuai dengan jadwal.

Selaku perwakilan dari Polri, Kombes Pol Umar Surya Fana juga mengatakan akan mendukung penuh pelaksanaan Liga 1. Pihaknya akan menjamin keamanan dari semua laga yang telah dijadwalkan di Liga 1. Sementara untuk surat rekomendasi keramaian, akan segera diturunkan oleh Polri.

Kombes Pol Umar Surya Fana juga mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan semua Polres yang wilayahnya dijadikan lokasi pertandingan. Bahkan Polri juga telah melakukan rapat secara daring di pagi hari sebelum rakor tersebut dilaksanakan. Dengan begitu keamanan dari setiap pertandingan Liga 1 akan terjamin.

Sementara untuk jumlah penonton, PSSI dan PT. LIB sepakat akan mengikuti ketentuan PPKM dari masing-masing wilayah dengan syarat utama sudah vaksin Booster. Pasalnya Indonesia masih belum sepenuhnya lepas dari Covid. Jika melihat dari pramusim kemarin, kemungkinan stadion hanya akan diisi 75% dari kapasitas asli.

Persib Juga Dapat Ijin

Dibandingkan klub-klub lainnya, Persib yang paling ketar-ketir mengenai home base klub. Pasalnya Persib hanya mengajukan Stadion GBLA saja sebagai markas di musim ini dan tidak mengajukan stadion alternatif. PT. LIB dan PSSI sudah memberi lampu hijau, kini tinggal ijin dari kepolisian.

Sebenarnya, Persib cukup khawatir jika gagal berhomebase di GBLA mengingat stadion tersebut pernah bermasalah di pramusim kemarin. Belum lagi dengan waktu yang cukup mepet akan menyulitkan Persib untuk mencari home base baru. Namun kini Persib dan Bobotoh sudah bernapas lega karena ijin sudah turun.

Pihak kepolisian akhirnya mengeluarkan ijin penggunaan Stadion GBLA sebagai tempat pertandingan. Kepastian ijin tersebut disampaikan oleh Kabid Humas Polda Jabar yang dijabat Kombes Ibrahim Tompo pasca Rakor di Mapolda Selasa kemarin. Pemberian ijin tersebut rupanya berdasarkan rekomendasi dari Kementrian PUPR.

Terkait kapasitas, pihak kepolisian memutuskan untuk hanya mengisi stadion sebanyak 75% dari kapasitas asli. Terkait keamanan, Kombes Ibrahim mengatakan akan menyesuaikan dengan kondisi stadion. Kombes Ibrahim juga mengatakan jika keamanan disesuaikan dengan standar dengan personel dan peralatan yang mencukupi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here