Hungaria Gagal ke 16 Besar Euro 2020, Marco Rossi Kritik Ronaldo

0
161
Hungaria Gagal ke 16 Besar Euro 2020, Marco Rossi Kritik Ronaldo

Debatbola.com – Kendati tergabung dalam grup yang sulit, Hungaria di bawah arahan Marco Rossi sukses tampil impresif. Hanya saja, Portugal menjadi satu-satunya negara yang tidak bisa mereka bendung. Marco Rossi pun nampaknya masih kesal akan kekalahan timnya, dan ia pun mengkritik kelakuan juru gedor utama Seleção das Quinas, Cristiano Ronaldo.

Portugal Coreng Tren Positif

Nasib kurang mujur sepertinya menghampiri Hungaria tepat setelah drawing babak penyisihan grup Euro 2020 dilangsungkan. Bagaimana tidak, Hungaria harus tergabung di Grup F, grup yang kerap dijuluki ‘Group of Death’. Sejumlah nama negara raksasa masuk ke dalam grup ini, antara lain Portugal, Jerman dan Prancis.

Meski begitu, Hungaria berhasil tampil cukup baik dan sukses merepotkan para raksasa tersebut. Pada pertandingan ke-2 fase grup, skuad arahan Marco Rossi sukses menahan imbang Prancis dengan hasil akhir 1-1. Lalu di laga pamungkas Grup F, Hungaria sukses memaksa Jerman bermain imbang dengan skor akhir 2-2.

Sayang, pada pertandingan pembuka, Hungaria gagal memetik poin, meski secara permainan mereka sudah bisa merepotkan Portugal. Portugal butuh waktu hingga 84 menit lamanya untuk menggetarkan jala Hungaria. Tetapi setelahnya, mereka hanya butuh waktu kurang dari sepuluh menit untuk menambah pundi-pundi gol menjadi tiga gol.

Ronaldo Kadang Menjengkelkan

Kekalahan melawan Portugal menjadi kekalahan penting yang ikut menentukan nasib Hungaria di kompetisi Euro 2020. Bagaimana tidak, berkat kekalahan ini, Hungaria harus kehilangan kesempatan meraih satu poin. Padahal jika satu poin itu berhasil didapat, mereka mungkin saja bisa lolos ke babak knockout sebagai salah satu peringkat ke-3 terbaik.

Pelatih Hungaria Marco Rossi juga nampaknya masih kesal atas kekalahan dramatis pasukannya melawan armada Fernando Santos. Rossi tentu saja kesal dengan para pemain Portugal, terutama pada Cristiano Ronaldo yang mencetak brace di laga itu. Pelatih asal Italia itupun mengkritik sang mega bintang Juventus.

Salah satu gol Ronaldo di pertandingan melawan Hungaria terjadi via sepakan penalti, dan juru gedor Portugal itupun merayakan gol penaltinya dengan perayaan gol khasnya. Rossi menganggap aksi Ronaldo berlebihan. Bahkan menurutnya, perayaan gol Ronaldo sudah seperti perayaan yang dilakukan pemain ketika melahirkan gol di partai puncak turnamen.

Kepada La Gazzetta dello Sport, Rossi mengatakan, “Ronaldo merupakan pemain juara dan juga hebat, namun kadang-kadang, dia bisa menjadi sosok menjengkelkan. Usai penalti, dia merayakannya seperti merayakan gol pada sebuah laga final turnamen. Semua orang tentu saja tahu mengenai sesuatu semacam ini.”

Bahagia di Hungaria

Hungaria memang saat ini telah tersingkir dari kompetisi Euro 2020. Tetapi banyak yang menilai bahwa Hungaria tersingkir secara hormat. Bagaimanapun, tergabung di grup yang disebut ‘Grup of Death’ tidaklah mudah untuk Timnas Hungaria. Namun mereka berhasil merepotkan negara-negara besar, bahkan hampir membuat salah satunya tersingkir.

Pencapaian Rossi bersama Hungaria di ajang Euro 2020 memang patut diacungi jempol. Tapi Rossi merasa bersalah atas kegagalan timnya lolos dari fase grup. Rossi tak menutup mata bahwa penampilan timnya cukup impresif. Tetapi ia tetap merasa bersalah atas kegagalannya di turnamen empat tahunan ini.

“Kemarin malam, saya tidur paling lama hanya seperempat jam, dan saya pikir ada yang janggal.” Ungkap Rossi, menggambarkan kebiasaannya selama turnamen. “Saya tak menyangka skor seri kontra Jerman telah menjadikan saya begini. Tentu, saya paham kami bermain baik, namun saya ingin meminta maaf.”

Banyak yang bertanya-tanya, apakah Rossi suatu saat nanti ingin pulang kampung dan melatih Italia. Tapi Rossi hanya menjawab, “Saya tak peduli mengenai balas dendam, dan saya tak berminat untuk balik ke Italia. Justru saya merasa senang bisa meninggalkan jejak untuk sepakbola Hungaria.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here