Hasil Wales vs Ukraina, Gareth Bale Bawa Wales ke Piala Dunia

0

Debatbola.com – Satu tiket menuju Piala Dunia 2022 Qatar bagi negara anggota UEFA diperebutkan antara Wales vs Ukraina. Kedua pasukan telah bertanding menggunakan Stadion Kota Cardiff sebagai arena pertarungan pada Sabtu (5/6) mulai pukul 23.00 WIB.

Statistik Pertandingan
Berdasarkan statistik pertandingan antara kedua tim, Ukraina yang bertindak sebagai away team tampil lebih mendominasi. Dari segi penyerangan, tim berjuluk Zhovto-Blakytni tersebut mampu menciptakan 22 kali serangan ke pertahanan Wales.

Total sembilan tembakan mampu dihantamkan tepat ke gawang yang dijaga oleh Wayne Hennessey. Sementara Wales hanya sanggup membalas dengan mengerahkan sepuluh serangan ke pertahanan Ukraina. Tiga tendangan sukses dilancarkan ke gawang Heorhiy Bushchan.

Dari segi penguasaan bola, Ukraina juga berhasil mendominasinya. Zhovto-Blakytni menguasai penguasaan bola lewat persentase 68 %. Berbanding penguasaan bola yang diciptakan The Dragons yang hanya berpersentase 32 %.

Babak Pertama, Wales Unggul
Peluang perdana hadir pada pertandingan ini bagi pasukan Ukraina di menit ke-3 berujung gol. Tendangan bebas dihadiahkan kepada tim tamu lantaran Joe Allen melanggar Taras Stepanenko. Oleksandr Zinchenko pun lekas melancarkan tembakan langsung.

Tembakan punggawa Manchester City tersebut sukses menggetarkan gawang Wayne Hennessey. Sayang wasit pada laga itu, Mateu Lahoz tidak bisa mengesahkan gol sebab tendangan terlalu cepat dilakukan.

Selanjutnya peluang kembali datang bagi skuat Ukraina tepat di menit ke-22 lewat skema penyerangan dari sisi kanan. Switch play dilakukan karena melihat posisi Viktor Tsyhankov di sisi kiri yang cenderung kosong.

Winger bernomor punggung 15 tersebut menerima bola di dalam area penalti dan langsung mengirimkan crossing ke sisi tengah.Sayangnya Oleksandr Karavayev yang ditujukan bola tidak dapat mengeksekusi peluang dengan sempurna.

Wayne Hennessey tampil memukau pada menit ke-31. Dimana sang kiper dengan cerdas membaca aliran bola dan menggagalkan peluang emas milik Ukraina. Sebelumnya crossing dilakukan Oleksandr Karavayev kepada Roman Yaremchuk.

Sang striker meneruskan bola ke depan kepada Viktor Tsyhankov yang berdiri tanpa pengawalan pemain bertahan Wales di dalam area penalti. Namun bola tidak dapat diraihnya karena sudah dibuang oleh kiper musuh.

Gol akhirnya tercipta pada menit ke-34 memanfaatkan tendangan bebas langsung yang dieksekusi Gareth Bale. Sebelumnya terjadi pelanggaran keras oleh Ruslan Malinovskyi kepada Daniel James di luar area penalti.

Gareth Bale yang melakukan eksekusi mengalirkan bola deras ke arah gawang yang dibelokkan oleh winger Zhovto-Blakytni, Andriy Yarmolenko. Sehingga bola masuk ke dalam gawangnya sendiri membuat skor menjadi 1-0 bagi keunggulan The Dragons. Skor tersebut bertahan hingga babak awal usai.

Babak Kedua, Wales Pertahankan Kemenangan
Bertanding kembali di babak kedua, Ukraina terus mencoba menggempur pertahanan Wales. Peluang didapatkan pasukan Zhovto-Blakytni di menit ke-55 lewat crossing Vitaliy Mykolenko dari sisi kiri yang diarahkan ke area penalti.

Di sana Viktor Tsyhankov berhasil menggapai bola dan melesatkan tembakan namun terlalu lemah sehingga bisa diblok oleh Wayne Hennessey. Bola liar dimanfaatkan Roman Yaremchuk tetapi malah membuat bola keluar lapangan.

Wales tidak tinggal diam, The Dragons mencoba menyerang pada menit ke-75 lewat tendangan tanpa kontrol bola oleh Brennan Johnson. Sayangnya tembakan pemain bernomor punggung 9 tersebut hanya membentur tiang gawang.

Beberapa detik kemudian kembali pasukan tuan rumah mendapatkan kesempatan emas untuk menggandakan keunggulannya. Kali ini melalui tembakan Gareth Bale dari mulut gawang yang bisa diantisipasi Heorhiy Bushchan.

Sundulan Oleksandr Zinchenko menutup pertarungan pada final playoff Kualifikasi Piala Dunia Zona UEFA. Memanfaatkan crossing dari sisi kiri, bek Manchester City tersebut gagal membuat gol lantaran bisa ditepis Wayne Hennessey. Maka Wales yang mempertahankan keunggulan berhak tampil di Piala Dunia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version