Hasil Vitesse vs AZ Alkmaar, Vitesse Kantongi Keunggulan Agregat

0
42

Debatbola.com – Eredivisie telah melaksanakan seluruh pertandingannya di musim ini. Kini liga menyelenggarakan pertarungan Playoff tiket Eropa yang mempertemukan partai final antara peringkat ke-6 melawan peringkat ke-5 Eredivisie.

Pertarungan leg pertama tersebut dipertandingkan oleh Vitesse vs AZ Alkmaar yang bermain menggunakan Stadion Gelredome, markas Vitesse. Pertandingan antara kedua tim telah dimainkan pada Jumat (27/5) pukul 19.30 WIB.

Statistik Pertandingan
Berdasarkan statistik pertandingan antara kedua tim, AZ Alkmaar yang berstatus sebagai tim tamu bermain lebih menyerang. Tim berjuluk De Kaasboeren tersebut mampu menciptakan 12 serangan menuju pertahanan tuan rumah.

Mereka sukses mengarahkan total empat tembakan tepat sasaran yang meluncur tepat ke gawang Jeroen Houwen. Sedangkan Vitesse membalas dengan melancarkan enam serangan dengan tiga di antaranya on target ke gawang Peter Vindahl Jensen.

Dari segi penguasaan bola, AZ Alkmaar juga lebih mendominasi ketimbang sang lawan. De Kaasboeren mampu menguasai bola lewat persentase 64 %. Berbanding 36 % penguasaan bola yang diciptakan Vitesse.

Babak Pertama, Vitesse Ciptakan Keunggulan
Peluang perdana pada pertandingan babak final leg pertama Playoff tiket Eropa ini terjadi pada menit ke-20 bagi pasukan AZ Alkmaar. Tim tamu menyerang melalui sisi kanan dengan tendangan diarahkan langsung ke gawang oleh Vangelis Pavlidis.

Striker asal Yunani tersebut melepaskan tembakan dari dalam area penalti. Setelah sebelumnya menguasai bola yang lepas dari penguasaan sang kompatriot, Håkon Evjen. Sayangnya bola hanya menyentuh tiang gawang.

Pada menit ke-22 gol datang bagi tuan rumah melalui serangan balik dari sisi kanan. Matúš Bero membuat umpan lambung ke garis terdepan menuju kaki Loïs Openda. Dengan kecepatannya sang striker mampu menguasai bola.

Crossing dilepaskannya tepat sasaran ke mulut gawang dan berhasil diraih oleh Thomas Buitink. Striker berusia 21 tahun tersebut sukses menyambar bola menggunakan kakinya dan membuatnya bersarang ke gawang Peter Vindahl Jensen. Berkat gol tersebut kedudukan menjadi 1-0 bagi home team.

Menit ke-24 gantian AZ Alkmaar yang menyerang pertahanan Vitesse dan membuat satu peluang emas. Jesper Karlsson ditujukan bola oleh crossing Pantelis Chatzidiakos dari sisi sebelah kanan jalur penyerangan timnya.

Namun winger bernomor punggung 11 tersebut gagal menyambar bola ketika berada di dalam area penalti. Saat bola memantul juga dirinya gagal melepaskan tendangan hingga diselamatkan oleh Jeroen Houwen.

Menit ke-44 De Kaasboeren melancarkan serangan terakhirnya. Switch play dilakukan dari sisi kiri ke sisi kanan oleh Jordy Clasie. Dimana sang gelandang menempatkan bola ke sisi kanan tepat kepada Jesper Karlsson.

Winger berkebangsaan Swedia tersebut sukses menguasai bola dan melewati hadangan Million Manhoef. Namun tembakannya gagal menjadi gol setelah hanya membentur tiang. Babak awal pun ditutup lewat skor 1-0 bagi tuan rumah.

Babak Kedua, Vitesse Pertahankan Kemenangan
Bermain di babak kedua, AZ Alkmaar berhasil mencetak satu peluang tepat di menit ke-58. Peluang hadir lewat tembakan dari jarak jauh Tijjani Reijnders. Sayangnya bola bisa ditepis oleh kiper musuh, Jeroen Houwen.

Skor berhasil diseimbangkan oleh AZ Alkmaar di menit ke-59 berkat tendangan Jordy Clasie. Dimana sang gelandang memanfaatkan blunder pemain bertahan Vitesse, Riechedly Bazoer hasil dari corner kick timnya. Skor menjadi 1-1 dan bertahan setidaknya 27 menit.

Lantaran pada menit ke-86 Vitesse berhasil mengembalikan keunggulan timnya menjadi 2-1. Loïs Openda yang menerima umpan pendek dari Million Manhoef berhasil menyarangkan bola ke gawang musuh.

Bola bersarang tepat di sudut kanan gawang Peter Vindahl Jensen lewat tembakan dari luar area penalti. Keunggulan tim berjuluk Vitas tersebut bertahan hingga pertandingan leg pertama berakhir dan membuat mereka unggul agregat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here