Hasil Ukraina VS Irlandia, Tim Tamu Gagal Ke Puncak

0
28

Debatbola.com – Ukraina baru saja menyelesaikan pertandingan di Liga Negara UEFA fase grup dengan Irlandia yang menjadi lawannya. Pertandingan yang terlaksana pada tanggal 15 Juni 2022 tepatnya Rabu kemarin itu berakhir dengan tanpa kemenangan untuk masing-masing tim. Laga kali ini, hasil imbang dengan skor 1-1 yang tercatat sebagai hasil akhir.

Pertandingan yang berlokasi di Stadion LKS itu merupakan laga ketiga untuk Ukraina sekaligus laga keempat untuk Irlandia. Keduanya bertanding untuk merebut posisi di puncak klasemen grup 1 di League B. Karena harus berbagi poin, Irlandia gagal menggeser Ukraina dari puncak klasemen.

Jalannya Pertandingan
Melakoni laga kandang di Polandia, Ukraina berhasil menguasai jalannya pertandingan sejak awal laga. Menit ke-11, kiper Irlandia harus melakukan dua penyelamatan sekaligus dari Ruslan Malinovskyi dan Vitaly Mykolenko. Beruntung serangan beruntun itu masih bisa dihentikan oleh Kiper Irlandia.

Irlandia baru memiliki kesempatan untuk balas menyerang di menit ke-17 berkat Troy Parrott. Umpan silang dari Jason Knight disundul oleh striker berusia 20 tahun itu ke arah gawang dari sisi kiri. Sayang sekali sundulan tersebut justru terlalu ke kanan dan gagal masuk ke gawang Ukraina.

Ditengah tekanan dari Ukraina, Irlandia justru berhasil mencetak angka terlebih dulu di pertandingan itu. Gol pertama Irlandia dicetak oleh Nathan Collins yang merupakan bek tengah Burnley tepat di menit ke-30. Nathan Collins menembakkan bola yang dibawanya dari tengah kotak 16 dan meluncur ke kiri bawah gawang Ukraina.

Gagal membalas gol Irlandia di babak pertama, Ukraina kemudian meningkatkan serangannya di babak kedua. Artem Dovbyk kemudian berhasil membobol gawang Irlandia hanya dua menit setelah babak kedua dimulai dan menjadikan skor menjadi seimbang. Mendapat assist dari Andri Yarmolenko, Dovbyk menembakkan bolanya dengan kaki kiri ke sisi kiri bawah gawang Irlandia.

Pasca gol penyeimbang tersebut, baik Ukraina maupun Irlandia terus mencoba untuk mencetak angka tambahan. Namun hingga akhir pertandingan, serangan Ukraina dan Irlandia tidak ada yang menembus gawang. Akhirnya wasit mengakhiri pertandingan dan mencatat skor 1-1 sebagai skor akhir laga.

Statistik Pertandingan
Berdasarkan catatan statistik selama pertandingan, Ukraina tampil mendominasi dengan 62% penguasaan bola selama pertandingan. Ukraina juga mampu menciptakan 9 peluang dengan 3 diantaranya berhasil mengarah ke gawang Irlandia. Namun dari semua peluang itu hanya satu gol saja yang tercatat di pertandingan kemarin.

Irlandia sendiri hanya mampu menguasai bola sebesar 38% selama pertandingan berlangsung. Dari minimnya penguasaan bola tersebut, Irlandia berhasil menciptakan 8 peluang dengan 3 diantaranya berhasil mengarah ke gawang Ukraina. Sama halnya dengan tuah rumah, Irlandia juga mencatatkan satu gol saja.

Posisi Saat Ini
Gagal menang atas Irlandia di pertandingan kandang membuat Ukraina hanya mampu meraih satu poin saja. Beruntung posisi Ukraina di puncak klasemen masih belum berubah dengan tetap menduduki puncak klasemen. Kini Ukraina mengumpulkan 7 poin dari 3 laga yang diikuti serta telah mencetak 5 gol.

Oleksandr Petrakov selaku pelatih Timnas Ukraina mengaku kecewa dengan hasil imbang itu. Pertandingan kali ini menjadi kegagalan pertama Ukraina meraih 3 poin di Liga Negara UEFA tahun 2022 ini setelah sebelumnya selalu menang. Ukraina akhirnya kebobolan untuk pertama kalinya dan si pencetak gol merupakan seorang bek tengah.

Berbanding terbalik dengan pelatih Ukraina, Pelatih Irlandia justru memberikan apresiasi atas perjuangan timnya. Menurut Stephen Kenny, timnya sudah bekerja dengan sangat baik meskipun hasilnya masih kurang memuaskan. Namun di pertandingan selanjutnya, pelatih tersebut ingin timnya meraih hasil yang lebih baik lagi.

Stephen Kenny juga memberikan pujian pada Nathan Collins yang menjadi satu-satunya pencetak gol di pihak Irlandia. Pemain Burnley tersebut memiliki pengambilan keputusan yang bagus meskipun posisinya sebagai bek tengah. Masih berusia 21 tahun, Nathan Collins memiliki potensi yang besar untuk berkembang nantinya.

Dengan hasil imbang yang diperoleh Irlandia kini hanya memiliki 4 poin dari 4 pertandingan dan menempati posisi 3. Kini Irlandia berjarak 3 poin dengan Ukraina serta 2 poin dengan Skotlandia. Dengan tersisa dua pertandingan lagi, Irlandia optimis bisa meraih hasil yang lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here