Hasil Turki vs Lithuania, Tuan Rumah Raih Poin Sempurna

0
30

Debatbola.com – Turki baru saja merampungkan pertandingan keempatnya di Liga Negara UEFA fase grup dengan menjamu Lithuania. Pertandingan yang terjadi pada tanggal 15 Juni 2022 tepatnya Rabu kemarin berakhir dengan kemenangan untuk tuan rumah. Turki berhasil menaklukkan tamunya dan menjadikan skor 2-0 sebagai hasil akhir pertandingan.

Melakoni laga di Goztepe Gursel Aksel Stadi, Turki mendominasi jalannya pertandingan dengan statistik yang cukup timpang. Berkat tambahan 3 poin tersebut, Turki berhasil menjaga jarak aman dengan tim lainnya yang berada di League C grup 1. Sementara Lithuania berpotensi terdegradasi di League D.

Jalannya Pertandingan
Bermain di kandang, Turki langsung menggempur pertahanan Lithuania sejak pertandingan baru dimulai. Bahkan di menit awal Turki mendapat dua kali tendangan bebas karena dilanggar oleh pemain Lithuania.

Namun di menit ke-3, Kiper Turki diharuskan melakukan penyelamatan dari serangan balik Lithuania yang dipimpin Justas Lasickas.

Serangan dadakan Lithuania tersebut kemudian langsung dibalas oleh Turki hanya satu menit berselang melalui Salih Ozcan. Sayang sekali serangan dari sisi kiri itu masih bisa di blok oleh penjaga gawang Lithuania. Gagal mencetak angka, Turki terus melakukan serangan yang juga sering kali berhasil digagalkan pemain bertahan dari tim tamunya.

Berkali-kali gagal membobol gawang Lithuania, akhirnya di menit ke-37 usaha Turki untuk mencetak angka terwujud. Dimulai dari bola hasil tendangan pojok, Cengiz Under mengirim umpan silang pada Kaan Ayhan yang berada di tengah kotak 16. Bola tersebut kemudian disundul ke sudut kiri bawah dan menjadikan skor 1-0 penutup babak pertama.

Serangan dari Turki tidak mengendor sedikitpun di babak kedua dan memaksa Kiper Lithuania berkali-kali melakukan penyelamatan. Menit ke-47, tembakan jarak dekat Hakan Calhanoglu gagal menjadi gol karena terlalu ke kanan. Zeki Celik juga berhasil melesatkan tembakannya yang sayang sekali masih bisa ditahan kiper Lithuania.

Tepat di menit ke-53, Vilius Armanavicius melakukan pelanggaran yang cukup parah di kotak penalti. Turki kemudian mendapat hadiah tendangan penalti yang dipercayakan pada Hakan Calhanoglu yang berhasil menyarangkan golnya di menit ke-54. Berkat gol penalti tersebut, skor kini berubah menjadi 2-0.

Turki terus berusaha menambah jumlah golnya di sisa waktu babak kedua yang masih bisa digagalkan oleh pemain bertahan Lithuania. Sementara itu, Lithuania yang tertekan gagal mengejar Turki dengan satu gol pun. Akhirnya skor 2-0 tercatat sebagai skor akhir dari pertandingan itu.

Statistik Pertandingan
Dalam laga tersebut, statistik yang dicatatkan cukup timpang dengan Turki menguasai sebesar 75% dari penguasaan bola. Turki juga mendominasi dalam segi peluang dengan 37 peluang tercipta selama pertandingan dan 12 diantaranya tepat sasaran. Sayang sekali diantara banyaknya peluang yang tercipta Turki hanya mampu mencatatkan dua gol saja.

Lithuania sendiri hanya mampu menguasai 25% dari penguasaan bola selama pertandingan berlangsung. Peluang yang diciptakan Lithuania juga hanya 7 peluang saja dengan hanya sekali yang mengarah ke gawang. Dari semua peluang tersebut, Lithuania tidak mampu mencatatkan satu gol pun.

Posisi Saat Ini
Turki lagi-lagi meraih hasil positif di pertandingan fase grup Liga Negara UEFA musim ini. Berkat tambahan 3 poin itu, Turki mendapat poin sempurna yang mengokohkan posisinya di puncak. Hingga pertandingan keempat ini, Turki masih belum terkalahkan dan bahkan tidak mendapat hasil seri sekali pun.

Dengan 12 poin yang telah dimiliki, Turki kini berjarak 5 angka dengan Luksemburg yang tepat berada di bawahnya. Kini tinggal dua pertandingan lagi yang harus dihadapi oleh Turki pada kompetisi ini. Jika kembali meraih hasil positif di dua pertandingan yang tersisa, maka Turki berkesempatan promosi ke League B di musim depan.

Sementara Lithuania sendiri masih tertahan di dasar klasemen dengan catatan 0 poin. Hingga kini Lithuania memang belum berhasil menang di satu pertandingan pun dan bahkan juga gagal meraih hasil imbang.

Dengan hanya tersisa dua pertandingan saja, Lithuania harus berusaha keras untuk mengangkat posisinya di klasemen grup 1 League C.

Saat ini, Lithuania berjarak 4 poin dengan kepulauan Faroe dan 7 poin dengan Luksemburg. Dengan jarak poin tersebut, Lithuania akan kesulitan untuk menyusul terlebih jika kedua negara itu kembali berhasil menambah poin. Jika situasi tersebut terus berlanjut, bukan tidak mungkin Lithuania akan terdegradasi ke League D di musim depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here