Hasil Thailand vs Indonesia, Meski Tampil Lebih Baik Dari Leg Pertama, Indonesia Harus Akui Keunggulan Thailand

0
47
Hasil Thailand vs Indonesia, Meski Tampil Lebih Baik Dari Leg Pertama, Indonesia Harus Akui Keunggulan Thailand

Debatbola.com – Final leg kedua AFF Championship berlangsung di National Stadium, Singapura pada Sabtu (1/1) pukul 19.30 WIB tadi. Laga tersebut mempertemukan kedua finalis yaitu Indonesia melawan Thailand. Secara agregat Thailand memimpin dengan empat gol berkat kemenangan 4-0 di leg perdana.

Indonesia, juara grup B berhasil menembus semifinal setelah mengalahkan runner up grup A yaitu sang tuan rumah, Singapura dengan agregat 5-3. Sedangkan Thailand sukses menantang Indonesia setelah menggugurkan runner up grup B, Vietnam dengan agregat 2-0.

Babak Pertama, Ricky Kambuaya Buka Skor

Timnas Indonesia yang tertinggal empat gol berusaha keras untuk memperkecil ketertinggalan di leg kedua ini. Terbukti skuat Garuda sejak detik pertama memutuskan untuk bermain menyerang pertahanan The War Elephants.

Sementara Thailand yang sudah unggul terlebih dahulu dari hasil leg pertama terlihat lebih bertahan. Menit ke-6 pergerakan Witan Sulaeman di jantung pertahanan Thailand begitu membahayakan. Winger kelahiran Palu itu mendapatkan bola terobosan dari lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Hingga sang pemain harus dilanggar oleh pemain bertahan musuh, Kritsada Kaman di dalam area penaltinya sendiri. Namun wasit yang bertugas tidak menggubris pelanggaran tersebut dan memberi sinyal agar tendangan gawang dilakukan.

Usaha timnas Indonesia pun berbuah hasil di menit ke-8 berkat aksi dari Ricky Kambuaya. Pemain Persebaya Surabaya tersebut memanfaatkan dengan sempurna Witan Sulaeman dari dalam area penalti. Sebelumnya tim menyerang dengan menggunakan skema serangan balik cepat dari sisi kiri berkat usaha Ramai Rumakiek.

Winger Persipura Jayapura itu menerobos dengan kecepatan tinggi pertahanan sisi kanan The War Elephants. Thanawat Suengchitthawon yang mencoba membayangi bisa diatasinya dan mengakhiri pergerakan dengan umpan ke Witan Sulaeman. Agregat pun mengecil menjadi 1-4.

Babak Kedua, Thailand Juara AFF Championship Keenam Kalinya

Melihat sang musuh berhasil menjaringkan satu gol di babak pertama, Thailand memulai babak kedua ini dengan misi menyerang. Benar saja menit ke-54 striker mereka, Adisak Kraisorn sukses membuat gawang Nadeo Argawinata terkoyak.

Gol berawal dari gagalnya pertahanan Garuda merebut bola dari kaki Chanatip Songkrasin. Bola pun bisa dikuasai oleh pemain The War Elephants dan memulai kembali serangan dari sisi kiri melalui Bordin Phala.

Winger bernomor punggung 11 yang kini bermain untuk Port FC itu lantas melepaskan tendangan langsung. Namun masih bisa digagalkan Nadeo Argawinata. Sayangnya bola menjadi blunder dan dimanfaatkan oleh Adisak Kraisorn menjadi gol penyeimbang di leg kedua.

Tak berhenti sampai di situ, Thailand tetap melakukan serangan dan dua menit berselang gol kembali tercipta bagi tim tersebut. Kembali berawal dari serangan oleh Bordin Phala gol dapat tercipta. Sama seperti gol pertama, sang winger memulai penyerangan dari sisi kiri.

Umpan silang yang dilepaskannya bisa digagalkan oleh Nadeo Argawinata dan lagi menjadi blunder, dikarenakan salah kontrol kapten Indonesia, Asnawi Mangkualam. Sarach Yooyen yang melihat kesalahan tersebut langsung memberi pelajaran kepada pemain bertahan Garuda dengan mengubah skor menjadi 1-6.

Indonesia akhirnya bisa membuat skor di laga itu menjadi, 2-6 lewat kreasi counter attack yang dibangun Irfan Jaya. Kemudian bola diteruskan kepada Witan Sulaeman yang memberikan terobosan bagi Egy Maulana Vikri. Dimana sang pemain berada di area tak terkawal pemain bertahan musuh.

Pemain FK Senica itu dengan kecepatan tinggi dan keakuratan tendangannya berhasil menjaringkan bola ke gawang Siwarak Tedsungnoen. Sayangnya gol tersebut menjadi gol terakhir di laga final leg kedua ini. Alhasil Thailand pun menjadi pemenang turnamen AFF Championship 2020 lewat skor agregat 2-6.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here