Hasil Thailand vs Indonesia, Gol Weerathep Pomphan Bawa Thailand U23 ke Final

0
51

Debatbola.com – Pesta olahraga Asia Tenggara atau biasa disebut sebagai SEA Games cabang olahraga sepak bola telah memasuki babak semifinal. Salah satu laga mempertandingkan laga antara Thailand U23 vs Indonesia U23.

Babak Pertama, Indonesia U23 Gagal Maksimalkan Peluang
Peluang perdana didapatkan oleh timnas Indonesia U23 melalui sepakan bola mati free kick di menit ke-2. Gelandang Persib Bandung, Marc Klok menjadi eksekutor pada kesempatan tersebut. Tendangan dilesatkannya ke sisi kanan gawang Kawin Thamsatchanan.

Namun sepakan gelandang naturalisasi dari Belanda itu masih meleset dari target serangan dan hanya mengarah ke sisi luar gawang. Skuat Garuda terus berusaha menyerang hingga mendapatkan peluang selanjutnya.

Thailand U23 membalas pada menit ke-13 dengan membuat satu peluang. Diawali oleh pergerakan Airfan Doloh yang melepaskan umpan pendek kepada Ekanit Panya. Kemudian gelandang serang bernomor punggung 7 itu melepaskan crossing ke tiang jauh.

Sayangnya tidak ada satupun penyerangnya yang berhasil meraih bola tersebut. Lantaran kiper musuhnya, Ernando Ari sudah membaca arah bola dan sigap menangkap sehingga tidak terjadi resiko berbahaya.

Egy Maulana Vikri kembali membuat ancaman di sisi kiri pertahanan Tim Gajah Perang di menit ke-24. Winger FK Senica tersebut mampu melewati hadangan Chayapipat Supunpasuch yang mencoba mengawalnya. Lantas dirinya pun mengirimkan crossing.

Namun sama dengan peluang sebelumnya, tidak ada satupun penyerangnya yang sukses menggapai bola. Sebab laju bola langsung dipotong begitu saja oleh Nakin Wisetchat yang bertahan di area penaltinya sendiri.

Beberapa detik kemudian gantian Thailand U23 yang menebarkan ancaman berbahaya. Chayapipat Supunpasuch memberikan passing pendek kepada gelandang keturunan Inggris, Ben Davis. Sepakan jarak jauh pun dilakukannya namun masih melayang dari target.

Di menit-menit perpanjangan waktu babak awal Marc Klok membuat satu tendangan on target. Peluang dimulai dari sepakan corner kick keras yang langsung mengarah ke gawang Kawin Thamsatchanan. Namun kiper berusia 32 tahun tersebut mampu meninju bola.

Babak Kedua, Masih Belum Ada Pemenang
Bermain kembali di babak selanjutnya, kedua tim masih tetap dalam permainan menyerangnya. Peluang perdana didapatkan oleh Thailand U23 diawali umpan chip Chayapipat Supunpasuch kepada Korawich Tasa.

Penyerang Muangthong United tersebut langsung melepaskan umpan mendatar ke mulut gawang musuh. Di sana ada Ekanit Panya yang sukses menggapai bola tetapi bisa diganggu oleh gelandang Persib Bandung, Rachmat Irianto.

Menit ke-77 Indonesia U23 menyerang melalui sisi kiri setelah Ricky Kambuaya memberikan terobosan kepada Saddil Ramdani. Dengan kecepatannya winger Sabah FC itu mengejar bola dan langsung melepaskan crossing. Akan tetapi bola berhasil dibuang Weerathep Pomphan.

Berselang beberapa detik kemudian Skuat Garuda kembali mencetak satu peluang. Kali ini melalui corner kick Syahrian Abimanyu yang mengarah ke kepala Marc Klok. Sundulan sang gelandang menukik tajam ke sudut kanan target namun bisa diselamatkan kiper Thailand U23.

Serangan balik menjadi andalan pasukan Shin Tae-yong diinisiasi oleh umpan panjang Saddil Ramdani kepada Egy Maulana Vikri di menit ke-86. Sang winger mampu membawa bola hingga masuk area penalti namun gagal mengeksekusi peluang secara sempurna.

Babak Perpanjangan Waktu, Thailand U23 ke Final
Hingga waktu normal berakhir skor masih kacamata. Wasit pun memanjangkan laga memasuki babak perpanjangan waktu. Di sinilah petaka terjadi bagi Indonesia U23. Menit ke-94 Thailand U23 sukses menjebol gawang Ernando Ari.

Patrik Gustavsson, penyerang keturunan Swedia mampu menerobos pertahanan Skuat Garuda hingga masuk ke dalam area penalti. Namun terkurung pemain bertahan Indonesia membuatnya memilih melepaskan umpan kepada Ben Davis.

Weerathep Pomphan menerima terusan umpan dari Ben Davis dan langsung menghempaskan bola yang tidak bisa dibendung oleh Ernando Ari. Berkat gol tersebut Thailand U23 bisa merebut tiket ke final dan menghadapi Vietnam U23.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here