Hasil Tampines Rovers vs PSM Makassar, Sukses Raih Kemenangan, PSM Makassar ke Puncak Klasemen

0
33

Debatbola.com – Piala AFC memainkan pertandingan matchday kedua pada edisi 2022. Salah satu laga yang dimainkan mempertemukan antara Tampines Rovers vs PSM Makassar. Keduanya bermain menggunakan Stadion Kuala Lumpur pada Senin (27/6).

Statistik Pertandingan

Menurut statistik kedua tim dalam bertanding, PSM Makassar mampu tampil menyerang. Klub berjuluk Juku Eja tersebut sukses menekan permainan dari Tampines Rovers dan menguasai jalannya pertandingan.

PSM Makassar mampu menciptakan 27 kali serangan ke pertahanan sang wakil Singapura. Dari jumlah serangan tersebut terdapat total delapan tembakan on target yang mengarah ke gawang Syazwan Buhari.

Tampines Rovers membalas dengan mengerahkan enam serangan ke pertahanan Juku Eja. Namun hanya dua tembakan saja yang berhasil on target ke sasaran serangannya yakni gawang Muhammad Reza Arya Pratama.

Segi penguasaan bola kembali berhasil dikuasai oleh perwakilan Indonesia, PSM Makassar. Juku Eja berhasil membukukan 52 % penguasaan bola. Hasil tersebut berbanding 38 % penguasaan bola yang diciptakan wakil Singapura berjuluk The Stags.

Babak Pertama, Tampines Rovers Unggul Duluan

Peluang perdana pada pertandingan ini didapatkan oleh PSM Makassar pada menit ke-7. Wiljan Pluim memulai penyerangan dengan pergerakannya dari sebelah kanan jantung pertahanan lawannya, Tampines Rovers.

Namun gelandang asal Belanda itu tidak mampu menembus lebih dalam lagi dan membuat bola bergerak liar ke arah Bryan Cesar Ramadhan. Gelandang bernomor punggung 8 tersebut langsung mengirimkan tendangan on target namun masih melayang dari target.

Gol dihasilkan Tampines Rovers pada menit ke-29 diawali oleh Kyoga Nakamura yang bergerak dan menyerahkan bola kepada Yasir Hanapi. Umpan dicoba dilepaskannya ke dalam area penalti namun bisa dipotong pemain bertahan Juku Eja.

Bola kemudian bergerak liar kepada Zehrudin Mehmedović. Gelandang serang asal Serbia tersebut segera melepaskan tembakan jarak jauh. Bola mengarah kencang dan tepat ke sudut kanan Muhammad Reza Arya Pratama.

PSM Makassar kembali memperoleh kesempatan emas untuk dapat menciptakan gol. Menit ke-42, Wiljan Pluim melesatkan satu tembakan keras ke arah gawang tetapi mampu diantisipasi oleh Syazwan Buhari.

Babak Kedua, PSM Makassar Balikkan Keadaan

Bertanding kembali di babak selanjutnya, PSM Makassar berusaha keras menggempur pertahanan Tampines Rovers. Sebelumnya klub perwakilan Singapura tersebut harus bermain dengan sepuluh pemain lantaran satu pemainnya terkena kartu merah.

Dua menit babak kedua dimulai, Juku Eja sukses menciptakan gol penyeimbang. Gol diawali oleh Rasyid Bakri yang berhasil merebut bola dari kaki Zehrudin Mehmedović. Bola kemudian diteruskan kepada Wiljan Pluim.

Gelandang bernomor punggung 80 tersebut memberikan bola kepada Muhammad Rizky Eka Pratama yang sudah berada di dalam area penalti. Tendangan segera dilakukan dan berujung gol membuat skor menjadi 1-1.

PSM Makassar belum puas dengan satu gol itu, karena di menit ke-79 gol kembali tercipta Gol dimulai oleh Muhammad Rizky Eka Pratama yang bergerak dari sisi kiri dan melepaskan crossing untuk menyudahi pergerakannya.

Everton Nascimento de Mendonça yang ditujunya mampu mengonversi umpan dari sang gelandang sayap menjadi gol. Tendangan striker asal Brasil tersebut mampu mengarah tepat ke sudut kiri gawang Syazwan Buhari. Golnya mampu membuat keadaan berbalik menjadi keunggulan Juku Eja.

Keunggulan PSM Makassar kian bertambah pada menit ke-90+4 melalui tendangan 12 pas. Everton Nascimento de Mendonça yang diutus sebagai eksekutor mampu menghasilkan gol. Tendangan dengan kaki kanannya mampu mengelabuhi kiper Tampines Rovers.

Skor 1-3 terus bertahan hingga pertandingan matchday kedua Piala AFC resmi diakhiri wasit dengan tiupan peluit panjang. Dengan begitu, PSM Makassar pun berhak untuk angka penuh dan menempati puncak grup H.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here