Hasil Swiss vs Portugal, Dendam Dibayar Lunas Oleh Tuan Rumah

0
27

Debatbola.com – Swiss baru saja menyelesaikan pertandingan keempatnya di Liga Negara UEFA fase grup dengan menjamu Portugal. Pertandingan yang terlaksana pada tanggal 13 Juni 2022 tersebut berhasil dimenangkan oleh Swiss. Sang tuan rumah melibas Portugal dengan skor kemenangan 1-0 yang tercatat di akhir laga.

Melakoni laga di Stade de Geneve Stadium, Swiss berhasil membayar lunas kekalahannya di pertemuan sebelumnya. Catatan statistik Portugal sebenarnya cukup bagus dengan banyak peluang yang berhasil diciptakan. Namun karena beberapa faktor, peluang tersebut gagal dimanfaatkan dan membuat sang tuan rumah meraih kemenangan.

Jalannya Pertandingan
Bermain di kandang, Swiss langsung memberikan kejutan tak terduga ke Portugal melalui gol cepatnya. Gol pertama tersebut dicetak Swiss di menit pertama oleh Haris Seferovic yang memperoleh umpan dari Silvan Widmer. Portugal yang masih belum siap harus kebobolan dan ketinggalan dengan skor 1-0.

Gol kejutan yang dicetak membuat kepercayaan diri Swiss meningkat pada pertandingan kali ini. Bahkan beberapa kali Swiss terlihat mengancam dan hampir saja mendapat hadiah tendangan penalti di menit ke-13. Namun tekanan Swiss tersebut hanya mampu bertahan di pertengahan babak pertama saja.

Berhasil lepas dari kekangan Swiss, Portugal kemudian menyusun serangan balasan untuk mengejar angka tuan rumah. Berkali-kali kesempatan diperoleh oleh Portugal namun belum bisa membongkar pertahanan Swiss. Hingga wasit meniup peluit tanda istirahat, Portugal asih gagal mencetak gol.

Serangan Portugal terus meningkat ketika sudah memasuki babak kedua dengan beberapa kali menggebrak pertahanan Swiss. Dominasi Portugal terus berlanjut dengan peluang yang terus saja diperoleh. Namun hingga 10 menit menjelang akhir pertandingan, serangan Portugal terus saja berhasil dimentahkan oleh Swiss.

Pertandingan berjalan sangat ketat di 10 menit terakhir dengan Portugal terus saja mendominasi. Namun Swiss berhasil bermain dengan efektif dan merapatkan pertahanannya dari gempuran Portugal. Karena terus gagal menuntaskan serangannya, skor 1-0 dengan kemenangan Swiss tidak mampu dirubah oleh Portugal

Statistik Pertandingan
Dalam catatan statistik di pertandingan kali ini, Swiss hanya mampu menguasai bola sebesar 42% saja. Bahkan Swiss juga hanya mampu menciptakan 5 peluang dengan hanya 2 tendangan yang mengarah ke gawang. Namun dari minimnya peluang itu Swiss berhasil mencetak satu gol.

Sebaliknya, Portugal mampu menguasai bola sebesar 58% selama pertandingan berlangsung. Bahkan Portugal juga mencatatkan 20 peluang dengan total 8 tendangan yang berhasil mengarah ke gawang Swiss. Sayang sekali dari banyaknya peluang itu tidak ada yang tercatat sebagai gol sehingga sang tuan rumah keluar sebagai pemenang.

Penyebab Kekalahan Portugal
Pertandingan di pekan ke-4 Liga Negara UEFA ini, Portugal gagal meraih kemenangan kedua atas Swiss. Padahal sebelumnya Portugal sempat membantai Swiss dengan skor 4-0 di pekan ke-2. Gol kejutan dari Swiss menghantarkan Timnas tersebut meraih kemenangan atas Portugal.

Menurut Fernando Santos selaku pelatih Portugal, kekalahan tersebut disebabkan gagalnya Tim merespon serangan cepat dari Swiss. Serangan cepat tersebut menjadi penentu pertandingan yang mengakibatkan tim membutuhkan waktu lama untuk bangkit. Meskipun mampu tampil apik sepanjang laga nyatanya penyerangan Portugal asih kurang efisien.

Portugal sebenarnya mampu menciptakan 20 peluang dan mendominasi jalannya pertandingan di babak kedua. Swiss sendiri hanya sekali saja mampu melesakkan shot on target pasca gol pertamanya. Namun Swiss mampu menahan serangan bertubi-tubi dari Portugal dan mempertahankan keunggulannya hingga akhir pertandingan.

Penyebab lain dari kekalahan yang diperoleh Portugal yaitu absennya Cristiano Ronaldo pada laga tersebut. Ronaldo memang diistirahatkan oleh Fernando Santos bersama dua pemain lain. Namun keputusan tersebut cukup fatal karena Portugal untuk pertama kalinya sejak Juni 2021 lalu tak mampu mencetak gol di pertandingannya.

Kekalahan atas Swiss memutuskan rekor tak terkalahkan Portugal di 5 laga terbaru dan kekalahan pertama di Liga Negara UEFA di musim ini. hasil tersebut membuat Portugal harus rela tergeser ke posisi 2 dengan 7 poin. Posisi pertama diambil alih Spanyol yang berhasil mengalahkan Republik Ceko.

Sementara itu, kemenangan atas Portugal menjadi kemenangan pertama Swiss di Liga Negara UEFA musim ini. Kemenangan kali ini sekaligus membalaskan dendam Swiss yang di pertandingan keduanya dibantai oleh Portugal. Namun tambahan poin tersebut masih belum mampu mengangkat Swiss dari dasar klasemen grup 2.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here