Hasil Swedia vs Serbia, Luka Jovic Bawa Serbia Raih Poin Penuh

0
26

Debatbola.com – Pertandingan matchday ketiga menjadi agenda Liga Negara UEFA. Salah satu laga yang dimainkan adalah pertandingan antara Swedia vs Serbia. Keduanya bertanding menggunakan Friends Arena pada Jumat (10/6) pukul 01.45 WIB.

Statistik Pertandingan
Berdasarkan statistik pertandingan yang telah berlangsung, Swedia yang berstatus sebagai tuan rumah mampu tampil lebih agresif. Tim berjuluk Blagult tersebut sukses melakukan penyerangan ke pertahanan Serbia sebanyak sebelas kali.

Dari jumlah tersebut terdapat hanya satu tembakan akurat yang dilancarkan tepat ke gawang Marko Dmitrović. Sementara Serbia membalas dengan mengerahkan sembilan serangan menuju pertahanan Swedia.

Tetapi tim berjuluk Orlovi itu sanggup tampil lebih agresif. Mereka berhasil melancarkan empat tendangan ke gawang Robin Olsen. Kemudian segi penguasaan bola juga didominasi oleh Serbia lewat persentase 56 %. Berbanding penguasaan bola berpersentase 34 % milik Swedia.

Babak Pertama, Serbia Ciptakan Skor
Berstatus sebagai tim tamu, Serbia mampu lepas dari tekanan yang dilakukan para pemain Swedia. Pressing ketat sudah mulai dilakukan anak asuh Janne Andersson sejak awal laga. Menit ke-3 ketatnya tekanan hampir berbuah petaka bagi tim tamu.

Nikola Milenković yang menguasai bola ditekan oleh para penyerang tuan rumah kehabisan hingga kehabisan opsi untuk mengoper. Strahinja Pavlović menjadi tujuannya mengoper, juga sedang ditekan yang langsung melepaskan operan panjang ke arah gawangnya sendiri.

Beruntung bola berhasil diselamatkan oleh sang kiper. Sang kiper juga kesulitan dalam melakukan operan yang membuat bola justru keluar dari lapangan. Laga pun harus dilanjutkan dengan corner kick bagi tuan rumah.

Peluang terbuka didapatkan Swedia di menit ke-19 melalui crossing dari sisi kanan oleh Mattias Svanberg. Gelandang milik Bologna tersebut melepaskan umpan tepat ke mulut gawang dimana Viktor Claesson berdiri.

Viktor Claesson berdiri tanpa pengawalan dari pemain bertahan tim tamu karena Nikola Milenković yang mengawalnya telah jatuh terpeleset. Sayangnya sang winger tidak dapat memanfaatkan situasi tersebut dan bola hasil tembakannya justru keluar dari lapangan pertandingan.

Terus ditekan oleh Swedia, Serbia justru sukses menjaringkan bola pada menit-menit perpanjangan waktu babak awal. Gol diawali oleh skema corner kick Dušan Tadić yang dilepaskan masuk ke dalam area penalti.

Strahinja Pavlović mengonversi umpan tersebut menjadi sundulan pendek kepada Luka Jović yang berada di dekatnya. Tanpa mengontrol bola terlebih dahulu, striker Real Madrid tersebut sukses menghantamkan bola masuk ke dalam gawang.

Pemain bertahan Blagult yang mengawalnya tidak berhasil menunaikan tugasnya dengan sempurna. Sebab Luka Jović dapat keluar dari penjagaan dan langsung menghujamkan bola menjadi gol. Berkat gol tersebut, babak awal berakhir dengan keunggulan tim tamu.

Babak Kedua, Serbia Pertahankan Kemenangan
Bertanding kembali di babak selanjutnya, Swedia terus berusaha melakukan penyerangan ke pertahanan sang lawan. Begitu juga dengan Serbia yang telah unggul ingin terus menyerang guna menjamin kemenangannya.

Peluang emas didapatkan oleh Swedia pada menit ke-61 lewat tembakan bebas beberapa senti saja dari tepi area penalti sisi tengah. Namun eksekusi yang dilakukan Mattias Svanberg gagal meluncur tepat ke arah gawang.

Menit ke-74 kesempatan didapatkan kembali oleh pasukan Blagult. Kristoffer Olsson menembus lini penyerangan sebelah kanan tim tamu. Kemudian dirinya meneruskan bola kepada Ludwig Augustinsson yang menunggu di dalam area penalti.

Namun bek sayap bernomor punggung 6 tersebut gagal mengalamatkan bola yang ditendangnya ke dalam gawang. Bola justru melambung dari atas target serangan yakni gawang milik Marko Dmitrović sehingga hanya menghasilkan tendangan gawang.

Sampai berakhirnya pertandingan ketiga Liga Negara UEFA ini, masing-masing pasukan tidak bisa menghasilkan gol lagi. Berkat hasil tersebut, Serbia pun berhak mendapatkan poin penuh setelah membekuk Swedia, 1-0.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here