Hasil Southampton vs West Ham, The Saints Gasak The Hammers

0
71

Debatbola.com – Pertandingan putaran kelima Piala FA berlangsung antara Southampton vs West Ham dimana dipertandingkan di Stadion St Mary’s. Kedua tim melangsungkan pertarungan pada Kamis (3/3) pukul 02.30 WIB.

Menurut catatan statistik antara kedua pasukan yang bertanding, nampak bahwa kedua tim hampir berimbang secara permainan. Kubu tuan rumah, Southampton bermain lebih agresif dengan menyerang 12 kali.

Dari hasil tersebut terdapat 4 serangan yang berhasil tepat sasaran ke gawang Alphonse Areola. Sementara skuat West Ham membalasnya dengan mengukir 11 kali percobaan ke pertahanan tuan rumah dengan 4 diantaranya sukses on target.

Kemudian dari segi penguasaan bola, West Ham berhasil mendominasi jalannya permainan walaupun tipis saja. The Saints unggul dengan persentase 55 % berbanding penguasaan bola 45 % milik sang tuan rumah.

Babak Pertama, Southampton Unggul

Bermain di kandang sendiri membuat pasukan Southampton lebih percaya diri dalam melakukan tekanan. Peluang pertama didapatkan skuat tuan rumah diawali dari kesalahan Alphonse Areola. Kiper keturunan Filipina itu terlalu lama menahan bola, sehingga mampu dikejar oleh satu penyerang The Saints, Adam Armstrong. 

Bola sebenarnya berhasil dijauhkan namun membentur kaki sang striker. Bola kemudian berbelok menuju kaki Moussa Djenepo. Sayang gawang yang telah terbuka gagal dimanfaatkan oleh pemain asal Mali tersebut.

Beberapa detik kemudian, tendangan Moussa Djenepo belum keluar dari area pertandingan. Kemudian direbut oleh Pablo Fornals yang lantas memberikan umpan terobosan ke garis terdepan menuju Jarrod Bowen.

Bola dengan kecepatan tinggi diraih oleh pemain bernomor punggung 20 tersebut, hingga masuk ke dalam kotak penalti. Namun beruntung bagi tuan rumah ada bek tengah, Jack Stephens yang membayangi penyerang musuh tersebut sehingga tidak bisa melepaskan tembakan.

The Hammers kembali mengancam pertahanan Southampton melalui serangan dari sisi kiri. Bola selanjutnya dialirkan hingga dikuasai oleh Tomáš Souček. Sayang sekali tendangannya masih melebar dari sarang Willy Caballero.

Seakan tak kenal lelah pasukan West Ham kembali menebar ancaman. Jarrod Bowen memperoleh bola di dalam area penalti setelah menerima umpan silang dari Michail Antonio dari sisi kiri. Tetapi sundulannya meleset.

Pada menit ke-31 akhirnya Romain Perraud mampu membuat spektator yang memadati Stadion St Mary’s bersorak menyambut gol pembuka. Tembakan bek sayap asal Prancis tersebut membuka skor di pertandingan ini.

Sebelumnya para pemain Southampton memainkan bola-bola pendek untuk memecah konsentrasi lawan. Pemain bertahan West Ham pun memundurkan garis pertahanan hingga di dalam area penalti. Tercipta gap yang luas dan dimanfaatkan oleh Romain Perraud untuk menciptakan tendangan jarak jauh.

Babak Kedua, Southampton Pertahankan Kemenangan

Kembali bertanding di babak kedua, Southampton dan West Ham tetap memainkan strategi yang sama dengan babak sebelumnya. Skuat The Saints masih terus mengincar gol guna memastikan langkah ke babak berikutnya.

West Ham berhasil membuat skor menjadi seri pada menit ke-60 melalui sundulan dari Michail Antonio. Striker asal Jamaika tersebut memanfaatkan dengan sangat baik kemelut yang terjadi di depan gawang Willy Caballero.

Southampton tidak mengendorkan serangan, justru mereka terus menyerang berusaha mendapatkan keunggulannya kembali. Hasil tersebut berbuah manis setelah wasit menunjuk titik putih akibat pelanggaran di dalam area penalti West Ham.

James Ward-Prowse yang diutus menjadi penendang 12 pas tuan rumah menjalankan tugasnya dengan sempurna. Pemain bernomor punggung 8 tersebut mengecoh Alphonse Areola dengan membuat sang kiper bergerak ke arah yang salah. Skor menjadi 2-1.

Menit-menit akhir perpanjangan waktu, Southampton kembali membuat gol. Kali ini melalui kaki Armando Broja. Penyerang berusia 20 tahun tersebut mengutak-atik pertahanan West Ham yang mencoba membayanginya. Kemudian setelah mendapatkan ruang tembak, dirinya pun melepaskan tembakan yang berujung gol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here