Hasil Southampton vs Liverpool, Liverpool Jaga Asa Juarai Liga Inggris

0
43

Debatbola.com – Penutupan Liga Inggris matchday ke-37 berlangsung antara Southampton vs Liverpool. Kedua tim bermain menggunakan Stadion St Mary’s, markas Southampton sebagai arena pertandingan. Laga dimulai pada Rabu (18/5) pukul 01.45 WIB.

Statistik Pertandingan
Menurut statistik pertandingan, Liverpool yang berstatus sebagai tim tamu mampu tampil lebih menyerang. Pasukan berjuluk The Reds tersebut berhasil mengerahkan 24 serangan menuju pertahanan tim tuan rumah.

Dari jumlah tersebut terdapat lima tembakan akurat yang mengarah tepat ke gawang Alex McCarthy. Sementara Southampton membalas dengan melesatkan empat serangan menuju pertahanan tim tamu. Mereka melepaskan dua tendangan on target ke gawang Alisson Becker.

Penguasaan bola juga didominasi oleh Liverpool. The Reds mampu membukukan persentase penguasaan bola 72 %. Berbanding persentase penguasaan bola 28 % yang diciptakan oleh kubu berjuluk The Saints.

Babak Pertama, Skor Sama Kuat
Meskipun bermain di markas lawan, Liverpool tetap membidik kemenangan. Hasil imbang yang diterima Manchester City di laga sebelumnya membuat potensi menjuarai Liga Inggris semakin terbuka lebar. Jika menang, selisih poin akan terkikis menjadi satu poin saja.

Peluang pertama didapatkan oleh pasukan Ralph Hasenhüttl di menit ke-10. Serangan dimulai dari sisi sebelah kanan melalui umpan lambung Kyle Walker-Peters. Sang bek sayap mengerahkan umpannya kepada Armando Broja.

Striker berusia 20 tahun ini mampu melewati hadangan Joel Matip. Kemudian masuk ke dalam area penalti dan langsung menghantamkan bola ke arah gawang. Sayang tembakannya bisa ditahan oleh Alisson Becker.

Tiga menit kemudian gol tercipta bagi skuat Southampton. Nathan Tella menginisiasi serangan dengan meneruskan umpan dari Lyanco. Eks gelandang Arsenal itu memberikan umpan terobosan ke garis terdepan tepat menuju Nathan Redmond.

Menggunakan kecepatannya, Nathan Redmond membawa bola menerobos pertahanan sebelah kanan Liverpool. Dirinya melakukan teknik cut inside dan melepaskan tendangan berujung gol ke sudut kiri gawang Alisson Becker. Skor menjadi 1-0 bagi skuat tuan rumah.

Menit ke-18 kubu The Reds berhasil menggetarkan gawang dari Alex McCarthy. Melalui tendangan bebas tidak langsung, Konstantinos Tsimikas. Bek sayap berpaspor Yunani itu memberikan bola ke mulut gawang. Bola disambar oleh Roberto Firmino tetapi dirinya telah berada di posisi offside.

Takumi Minamino akhirnya membuat skor kedua tim menjadi seimbang pada menit ke-27. Umpan Joe Gomez membuka jalan terciptanya gol. Diogo Jota yang ditujukan bola meneruskannya kepada winger asal jepang tersebut.

Setelah dua kali drible, Takumi Minamino langsung melepaskan sepakan dari sudut sempit di sisi kiri gawang dari Southampton. Namun kerasnya tembakan sang winger membuat Alex McCarthy kesulitan membaca arah bola. Skor 1-1 menutup babak awal.

Babak Kedua, Liverpool Cetak Gol Kemenangan
Kemenangan yang wajib diraih oleh Liverpool membuat Jurgen Klopp memutar otaknya untuk mengganti strategi agar lebih menyerang. Kerja keras tim tamu akhirnya berbuah hasil manis pada laga ini.

Peluang terbuka didapatkan oleh Diogo Jota pada menit ke-49. Eks winger Wolves itu menerima umpan Konstantinos Tsimikas dari sisi kiri. Tepat berada di mulut gawang, sang winger nyaris membuat timnya unggul, namun sepakannya melebar.

Gol kemenangan Liverpool akhirnya tiba pada menit ke-67 melalui sepakan corner kick. Konstantinos Tsimikas yang ditugaskan sebagai algojo melesatkan umpan ke tiang dekat. Mohamed Elyounoussi berhasil membuang bola tetapi tidak mengarah ke tempat aman.

Bola justru mampu disambar oleh Joel Matip yang dengan keras dan terukur mengarahkannya ke dalam sarang Alex McCarthy. Berkat gol tersebut Liverpool mampu membalikkan keunggulan menjadi 1-2 dan bertahan hingga laga usai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here