Hasil Skor Akhir Liga Spanyol: Gol Perdana Coutinho Pastikan Kemenangan 3-1 Barcelona Atas Valencia

0
68

Debatbola.com – Berlaga di kandang sendiri pada hari Senin (18/10) dini hari WIB, Barcelona berhasil mendapatkan poin sempurna setelah menumbangkan Valencia dengan skor akhir 3:1 di laga pekan kesembilan lanjutan dari La Liga musim 2021/2022 ini.

Babak Pertama Barcelona Unggul Dua Gol

Menjadi tuan rumah di pekan kesembilan kali ini, Barcelona sudah tampil menggigit sejak menit awal laga dimulai. Tim asuhan Ronald Koeman ini berambisi untuk memperbaiki hasil laga sebelumnya dengan memetik kemenangan di laga ini. Valencia yang datang sebagai tim tamu dipaksa untuk bermain bertahan di menit-menit awal.

Sibuk melakukan serangan ternyata malah membuat skuad Blaugrana lengah mengawal lini bertahan mereka. Lima menit laga berlangsung Valencia berhasil membuat barisan bertahan tuan rumah ketar-ketir dengan serangan yang dihadirkan. Beruntung Barcelona mampu membuang bola dan menghasilkan sepakan pojok untuk Valencia.

Akan tetapi sepakan pojok ini ternyata menjadi malapetaka untuk tuan rumah. Skema tendangan sudut ini ternyata membuahkan hasil manis. Walaupun berhasil membuang bola dari sepakan pojok, namun bolanya mendarat tepat di kaki Jose Gaya. Melakukan sepakan keras dari luar kotak penalti, Gaya mengarahkan bola dan menghujam deras masuk ke gawang ter Stegen. Gol 0:1 untuk keunggulan Valencia.

Tertinggal satu gol dari lawan, skuad Blaugrana seakan kebakaran jenggot dan menaikkan tempo permainan mereka. Akhirnya penantian tuan rumah terbayar setelah menit ke-13 Ansu Fati berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1:1 sama. Gol penyeimbang ini tercipta dari kerja sama ciamik antara Ansu Fati dan juga Memphis Depay.

Belum puas dengan hanya mencetak satu gol, Barcelona kembali melancarkan serangan ke arah barisan bertahan Valencia. Pada menit ke-39, Valencia mendapatkan hukuman penalti setelah Jose Gaya melanggar Ansu Fati di dalam kotak penalti. Memphis Depay sebagai eksekutor berhasil menunaikan tugasnya dan mencetak gol kedua untuk Barcelona. Gol dari penalti ini akhirnya merubah skor menjadi 2:1 dan sekaligus menutup laga babak pertama.

Babak Kedua, Barcelona Tambah Satu Gol

Memasuki babak kedua, Barcelona yang unggul langsung tampil menekan dengan berharap untuk menambah gol. Pada menit ke-48, Ansu Fati hampir saja mencetak brace melalui kaki kirinya. Sayangnya tembakan tersebut mampu dimentahkan oleh kiper Valencia yang dini hari tadi dijaga oleh Jasper Cillessen dan hanya berbuah sepakan pojok.

Empat menit kemudian giliran Valencia yang mendapatkan peluang melalui aksi Carlos Soler. Sayangnya tembakan dari luar kotak penalti tersebut hanya membentur gawang dan gagal menjadi gol. Pada menit ke-56 tim tamu kembali mendapatkan peluang emas untuk menyamakan kedudukan.

Rapatnya barisan bertahan Barcelona kembali memaksa Valencia melontarkan tembakan jarak jauh dari luar kotak penalti. Tembakan kaki kanan Goncalo Guedes sempat mengarah ke gawang Barcelona. Namun ter Stegen berhasil menepis bola dengan tangan kirinya dan gagal menjadi gol.

Memasuki menit ke-84, Barcelona berhasil mencetak gol ketiganya melalui aksi dari Philippe Coutinho. Pemain asal Brasil ini masuk pada menit ke-59 untuk menggantikan Ansu Fati. Saat gol ketiga terjadi, Coutinho tengah berada bebas tanpa kawalan di dalam kotak penalti. Kemudian Sergino Dest yang mengetahui posisinya langsung mengirim umpan matang ke arahnya.

Dengan kaki kanannya bola ditendang ke arah gawang dan menjadi gol. Gol ini terasa istimewa karena selain menjadi gol penutup Barcelona di laga ini, juga menjadi gol pertama bagi Coutinho di musim 2021/2022 ini. Setelah gagal mengejar ketertinggalan, Valencia harus rela mengakhiri laga dengan kekalahan 3:1 dari Barcelona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here