Hasil Shakhtar Donetsk vs KRC Genk Liga Champions, Tuan Rumah Lolos

0
118

Debatbola.com – Ronde ketiga babak kualifikasi Liga Champions leg kedua telah selesai dimainkan. Pertandingan antara Shakhtar Donetsk melawan KRC Genk berhasil dimenangkan tuan rumah dengan skor 2-1. Jika ditotal maka kedua tim telah mencapai agregat 4-2.

Babak Pertama Tuan Rumah Unggul

Bertanding di markas sendiri dengan membawa kemenangan tandang, membuat Shakhtar Donetsk bisa bermain lebih luwes. Dengan begitu mereka pun tidak terkena beban psikologis dan dapat dengan sempurna mengeksekusi strategi dari pelatih tim.

Tuan rumah unggul pada menit ke-27, penyerang tengah tim, Lassina Traore membuka kran gol. Penyerang asal Burkina Faso itu mengonversi gol hasil taktik serangan balik timnya. Peluang berakhir pada umpan pendek Tete bagi sang striker yang tepat berdiri tak terkawal di depan gawang musuhnya.

KRC Genk bukannya tanpa peluang, mereka menyerang dan hampir membuat gol pada menit ke-32. Bryan Heynen, kapten tim berhasil mendapatkan zona tembak yang luas. Dirinya pun membuat tendangan jarak jauh, namun Anatoliy Trubin yang turun sebagai kiper tuan rumah masih terlalu tangguh. Kedudukan pun tetap 1-0 untuk keunggulan Shakhtar Donetsk.

Babak Kedua, Kedua Tim Sama-Sama Mencetak Gol

Unggul lewat gol dari sang striker Lassina Traore, tidak membuat Shakhtar Donetsk berpuas hati. Pelatih tim, Roberto De Zerbi tetap menerapkan permainan menyerang kepada para pemainnya agar bisa kembali mendapatkan gol.

Sementara tim tamu dari Belgia itu juga tidak mau mengalah, mereka lebih tampil dominan sejak babak kedua dimulai. Mereka mendapatkan peluang demi peluang emas namun sayang eksekusi di lapangan sangat tidak sempurna.

Namun justru KRC Genk yang mendapatkan peluang emas di menit ke-54. Peluang berawal dari pergerakan Bryan Heynen dari sisi kiri pertahanan tuan rumah. Kemudian, sang kapten mengirimkan umpan silang ke mulut gawang musuh.

Theo Bogonda yang berhasil meraih umpan tersebut gagal mengonversi peluang menjadi gol. Tendangan winger asal Belgia itu justru melambung ke atas mistar gawang dari kiper tuan rumah, Anatoliy Trubin.

Menit ke-63, tim tamu yang berjuluk Blauw-Wit itu mampu mendapatkan peluang emas lainnya. Kali ini lewat skema tendangan pojok yang diambil oleh Mike Tresor. Sang gelandang pun melepaskan tendangan dengan mengarahkannya kepada pemain tertinggi, Paul Onuachu.

Striker bertinggi badan 2, 1 meter itu sukses menjangkau bola dengan badan tingginya. Sayangnya bola hanya menyentuh tiang gawang dari Shakhtar Donetsk. Mereka gagal lagi mengonversi peluang menjadi gol.

Keasyikan menyerang justru membuat KRC Genk kebobolan untuk yang kedua kalinya. Gelandang tengah asal Brasil, Marcos Antonio membuat seisi stadion bergemuruh berkat golnya di menit ke-76. Dirinya memanfaatkan kemelut di depan gawang musuhnya.

Empat menit berselang, kembali skuat arahan Roberto De Zerbi mampu mendapatkan peluang emas. Lewat pergerakan winger tim, Tete dari sisi kanan, dirinya sanggup memperdayai dua pemain bertahan KRC Genk sekaligus. Sayang eksekusi bolanya dapat dimentahkan Maarten Vendevoordt.

Blauw-Wit akhirnya bisa memperkecil jarak ketertinggalan lewat gol dari Cyriel Desserrs tepat di menit ke-90. Mike Tresor yang bergerak dari sisi kiri jalur penyerangan timnya sukses mengirimkan umpan silang. Yang juga berhasil dikonversi menjadi gol oleh sang striker.

Shakhtar Donetsk Tembus Ke Babak Playoff

Berkat dua gol dari masing-masing Lassina Traore dan Marcos Antonio membuat Shakhtar Donetsk keluar sebagai pemenang. Mereka pun berhak mendapatkan tiket untuk lolos ke babak playoff Liga Champions.

Sukses menjungkalkan KRC Genk, bursa inter303 menjadwalkan Shakhtar Donetsk akan berjumpa dengan tim Ligue 1, AS Monaco. Kedua tim akan saling berhadapan dalam babak playoff. 12 tim akan saling bertarung memperebutkan 6 tiket lolos ke Liga Champions.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here