Hasil Sassuolo vs AC Milan, AC Milan Raih Gelar Scudetto Setelah 10 Tahun Berpuasa

0
45

Debatbola.com – Penentuan gelar juara Serie A harus menunggu hingga giornata terakhir. AC Milan sebagai tim yang berpeluang paling besar harus mengakhiri musimnya dengan menghadapi Sassuolo. Keduanya bertanding menggunakan Stadion Mapei sebagai venue pada Minggu (22/5) mulai pukul 23.00 WIB.

Statistik Pertandingan
Berdasarkan statistik pertandingan antara kedua tim, AC Milan benar-benar menampilkan permainan menyerangnya. Kubu berjuluk I Rossoneri tersebut melancarkan total 18 serangan menuju pertahanan tim tuan rumah.

Para pemain AC Milan sukses mengarahkan 12 tembakan akurat yang mengarah tepat ke gawang Andrea Consigli dan Giacomo Satalino. Sementara Sassuolo membalas dengan 15 serangan ke pertahanan tim tamu.

Mereka berhasil melancarkan tiga tendangan tepat sasaran menuju gawang Mike Maignan. Kemudian dari segi penguasaan bola, Sassuolo berbalik mendominasi tipis saja lewat persentase 54 %. Berbanding 46 % milik AC Milan.

Babak Pertama, AC Milan Bungkam Tuan Rumah
Menjadi laga pamungkas penentuan gelar juara Serie A, AC Milan hanya membutuhkan kemenangan agar bisa menyegel Scudetto. Maka permainan menyerang guna melahirkan banyak gol pun ditampilkan pasukan Stefano Pioli tersebut.

Peluang perdana hadir pada menit ke-7 melalui sepakan tidak langsung free kick Alexis Saelemaekers. Penyerang sayap berkebangsaan Belgia itu mengirimkan bola tepat ke mulut gawang. Di sana Olivier Giroud menyambar bola dengan kepalanya.

Namun sundulan striker asal Prancis tersebut gagal menjadi gol karena berhasil ditepis oleh Andrea Consigli. Bola hasil tepisannya langsung dibuang saja oleh bek sayap tuan rumah, Giorgos Kyriakopoulos agar tidak terjadi hal berbahaya.

Di menit ke-17 gol akhirnya tercipta bagi pasukan AC Milan. Diawali oleh pergerakan Rafael Leao dari sisi kiri. Penyerang sayap berpaspor Portugal itu mampu melewati hadangan Kaan Ayhan. Masuk di dalam area penalti, dirinya melepaskan umpan mendatar.

Olivier Giroud menjadi targetnya, lalu sang striker mengonversi umpan tersebut menjadi tendangan keras yang mengarah ke gawang. Tendangannya melewati celah kaki Gianmarco Ferrari dan Andrea Consigli sebelum menjadi gol.

Kemudian menit ke-32, Olivier Giroud menambah keunggulan I Rossoneri menjadi 0-2. Skema tercipta gol sama seperti yang terjadi di gol sebelumnya. Rafael Leao mampu menerobos pertahanan sisi kanan Sassuolo.

Lantas mengirimkan bola ke sisi tengah dan dihantam saja oleh eks striker Arsenal dan Chelsea tersebut menjadi gol. Sebelumnya Gianmarco Ferrari membuat kesalahan dan tidak bisa mempertahankan bola yang bisa dengan mudah direbut oleh penyerang sayap asal Portugal.

Keunggulan tim tamu semakin bertambah pada menit ke-36. Rafael Leao kembali melepaskan umpan kunci kepada kompatriotnya guna melahirkan gol. Kali ini dirinya mengirimkan assist kepada Franck Kessie. Babak awal pun ditutup dengan keunggulan 0-3 bagi AC Milan.

Babak Kedua, AC Milan Pertahankan Kemenangan
AC Milan di babak selanjutnya terus menampilkan permainan menyerangnya. Di menit ke-78, Zlatan Ibrahimovic sudah menggetarkan gawang Sassuolo yang kini dijaga oleh Giacomo Satalino. Rafael Leao lagi-lagi menjadi penyokong terjadinya gol.

Sayangnya posisi penyerang sayap bernomor punggung 17 tersebut sudah terjebak offside. Sehingga sundulan keras Zlatan Ibrahimovic yang merobek gawang I Neroverdi tidak disahkan oleh wasit yang bertugas.

Sassuolo di menit ke-86 membalas serangan melalui tendangan keras Hamed Traore. Gelandang berkebangsaan Pantai Gading itu sebelumnya menerima umpan pendek dari kaki Grégoire Defrel. Sayangnya Mike Maignan mampu menangkis bola.

Hingga berakhirnya laga antara keduanya, AC Milan tetap mempertahankan kemenangannya 0-3. Maka mereka pun berhak diberikan gelar Scudetto setelah mengumpulkan 86 poin dengan selisih dua poin atas Inter Milan di posisi kedua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here