Hasil Republik Ceko vs Swiss, Dua Kali Kesalahan Buat Swiss Tumbang

0
33

Debatbola.com – Pertandingan antara Republik Ceko vs Swiss telah berlangsung bertempat di Eden Aréna dalam turnamen Liga Negara UEFA. Laga antara keduanya merupakan bagian dari grup B dan dimulai pada Jumat (3/6) pukul 01.45 WIB.

Statistik Pertandingan
Menurut statistik pertandingan, Swiss yang berstatus sebagai tuan rumah mampu menunjukkan permainan menyerangnya. Tim berjuluk La Nati tersebut berhasil menciptakan 15 kali serangan menuju pertahanan Republik Ceko.

Dari jumlah serangan tersebut terdapat tujuh tendangan yang diarahkan tepat ke gawang Tomas Vaclik. Sementara Republik Ceko membalas dengan membukukan delapan serangan ke pertahanan Swiss. Total tiga tembakan on target dilesatkan tepat ke gawang Yann Sommer.

Segi penguasaan bola juga bisa didominasi oleh Swiss. La Nati melakukan penguasaan bola lewat persentase 63 %. Berbanding penguasaan bola yang berhasil diciptakan oleh skuat The Locomotive dalam persentase 37 %.

Babak Pertama, Skor Imbang
Bertanding di markas sendiri membuat Republik Ceko begitu diunggulkan untuk meraih kemenangan. Namun pasukan Swiss tidak menyerahkan begitu saja kemenangan kepada sang tuan rumah dan memilih menampilkan permainan menyerang.

Peluang perdana didapatkan oleh skuat La Nati pada menit ke-10 lewat serangan balik. Bola jatuh ke kaki Breel Embolo dimana sang striker memanfaatkan kecepatannya langsung masuk ke dalam area penalti.

Namun eksekusinya gagal membuahkan gol karena alur bola hasil sepakannya bisa diantisipasi dengan mudah oleh Tomas Vaclik. Bola pun berhasil diselamatkan sang penjaga gawang tanpa membuat gawangnya terbobol.

Gol tercipta menit ke-11 bagi skuat tuan rumah. Republik Ceko dapat unggul berkat sodoran striker mereka, Jan Kuchta. Sang striker mendapatkan peluang yang seperti jatuh dari langit. Tepat di depan gawang, sang striker sukses mengonversinya menjadi gol.

Sebelumnya terjadi kesalahan di barisan pertahanan milik Swiss. Bola lemparan ke dalam tuan rumah yang tidak berbahaya seharusnya bisa diclear para bek. Namun dua bek gagal melakukan sundulan yang mengakibatkan bola bisa lolos ke hadapan Jan Kuchta.

Unggul satu gol tidak membuat Republik Ceko mengendorkan serangannya. Peluang didapatkan anak asuh Jaroslav Šilhavý pada menit ke-27 lewat tembakan Adam Hložek akan tetapi Yann Sommer dapat menepis bola.

The Locomotive terus menggempur pertahanan tamunya dan kali ini serangan dilesatkan oleh Jakub Jankto. Sang winger melepaskan tendangan dari dalam area penalti tetapi masih melebar dari target serangan.

Swiss menutup pertarungan babak awal dengan mencetak satu gol penyeimbang kedudukan di menit ke-44. Serangan dimulai oleh umpan Noah Okafor dari sisi kiri yang diintercept namun tidak sempurna Michal Sadílek.

Noah Okafor pun merebut bola liar yang teronggok di area penalti dan bergerak mencari ruang tembak. Satu lesatan tembakan dikerahkannya ketika sudah begitu dekat dengan gawang berujung gol yang membuat skor menjadi 1-1.

Babak Kedua, Republik Ceko Kembali Unggul
Baik kedua tim tidak menyurutkan semangat bertandingnya di babak kedua, terlebih bagi pasukan Republik Ceko. Menit ke-55 mereka mendapatkan peluang melalui tendangan jarak jauh Vladimír Coufal. Namun usahanya membentur tiang gawang Yann Sommer.

Gol berhasil tercipta bagi keunggulan The Locomotive pada menit ke-58. Kesalahan dari pemain bertahan Swiss menjadi petaka kembali. Gol diawali oleh crossing Jakub Jankto dari sisi kanan tepat ke tiang dekat.

Djibril Sow yang berusaha memblokade ruang tembak Jakub Jankto ternyata merubah arah bola hingga berbelok ke dalam gawangnya sendiri. Yann Sommer tidak berekspektasi bahwa bola akan masuk ke dalam gawangnya sendiri dan hanya berdiri menonton.

Sampai berakhirnya pertandingan, serangan terus dilancarkan kedua tim. Namun tidak ada satupun peluang yang berhasil menjadi gol sehingga pertarungan Liga Negara UEFA matchday pertama ini dimenangkan oleh Republik Ceko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here