Hasil PSS Sleman vs Borneo FC, Borneo FC Raih Agregat Dua Gol

0
28

Debatbola.com – Piala Presiden telah memasuki babak semifinal leg pertama yang melibatkan empat tim. Salah satu laga dimainkan oleh pertandingan antara PSS Sleman vs Borneo FC yang bermain menggunakan Stadion Maguwoharjo pada Kamis (7/7).

Sebelum Pertandingan

PSS Sleman berhasil masuk ke babak semifinal setelah mengandaskan Persib Bandung di partai perempat final. Tim berjuluk Laskar Elang Jawa ini harus melewati rangkaian adu penalti di Stadion SI Jalak Harupat. Lantaran waktu normal, skor 1-1 tidak bisa berubah.

Setelah menghabiskan total delapan tendangan dengan empat dari masing-masing tim, PSS Sleman keluar sebagai pemenang. Laskar Mahesa Jenar mampu menciptakan empat gol sementara Persib Bandung hanya memasukkan dua gol saja.

Sebaliknya, Borneo FC sukses menjegal langkah PSM Makassar di babak perempat final yang dilaksanakan di Stadion Segiri. Skuat berjuluk Pesut Etam ini tidak harus melewati rangkaian adu penalti seperti sang lawan.

Pertandingan waktu normal sudah cukup bagi pasukan Pesut Etam untuk dapat menjegal langkah PSM Makassar. Borneo FC berhasil mengalahkan satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di AFC Cup itu dengan skor 2-1.

Statistik Pertandingan

Menurut statistik pertandingan antara kedua tim ini, PSS Sleman yang berstatus sebagai tuan rumah mampu mendominasi jalannya laga. Laskar Elang Jawa juga sukses menampilkan permainan menyerangnya yang agresif.

PSS Sleman berhasil menciptakan 17 kali tendangan ke arah gawang sang lawan. Dari jumlah tersebut terdapat hanya empat tembakan yang tepat mengarah gawang yang dikawal oleh kiper lawan, Angga Saputro.

Sementara Borneo FC hanya membalas dengan melepaskan sebelas tendangan ke arah gawang sang tuan rumah. Tetapi mereka mampu tampil lebih efektif dalam melakukan serangan. Lima tendangan on target berhasil diarahkan ke gawang Muhammad Ridwan.

Dari segi penguasaan bola kembali bisa didominasi oleh PSS Sleman. Laskar Elang Jawa mampu menguasai bola lewat persentase 69 %. Jumlah tersebut berbanding 31 % penguasaan bola yang diciptakan Borneo FC.

Babak Pertama, Dua Gol Tercipta

Gol pembuka pada laga ini dilahirkan pada menit ke-19 lewat pressing ketat yang dilakukan oleh pasukan Pesut Etam. Gelandang tuan rumah, Manda Cingi yang mendapatkan bola hasil tendangan gawang sang kiper masih berada di dalam area pertahanannya sendiri.

Gelandang kelahiran Bandar Lampung itu berada di dalam lingkar luar kotak penalti timnya sendiri. Dirinya memutuskan menahan bola sendiri dan mencoba melewati Kei Hirose dan Matheus Pato yang mencoba menekannya.

Namun sayang, Matheus Pato yang memiliki langkah lebih panjang dan antisipasi tinggi berhasil melakukan tembakan. Pressing yang sebelumnya dilakukan oleh Kei Hirose membuat Manda Cingi kehilangan penguasaan bola.

Tendangan dari striker asal Brasil tersebut mampu mengarah dengan kecepatan tinggi ke arah gawang. Dimana kecepatan tinggi tersebut tidak bisa dibaca dengan baik oleh Muhammad Ridwan. Sehingga bola bisa mengoyak gawangnya.

Tidak sampai di situ, keunggulan bagi Pesut Etam kembali bertambah pada menit ke-45+4. Gol diawali kerjasama apik antara Stefano Lilipaly dan Matheus Pato. Umpan satu dua dengan variasi back heel dipertontonkan keduanya.

Striker berusia 27 tahun tersebut yang tinggal berhadapan dengan gawang tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Tendangan keras yang membuat bola terangkat dilesatkannya tanpa bisa diselamatkan Muhammad Ridwan. Babak awal pun berakhir dengan skor 0-2 bagi Borneo FC.

Babak Kedua, Skor Tetap Bertahan

Di babak selanjutnya, Borneo FC yang sudah unggul dua gol menyurutkan semangat menyerangnya. Sementara PSS Sleman terus berusaha melakukan penyerangan ke pertahanan sang tamu untuk dapat menciptakan gol.

Akan tetapi hingga laga usai, tidak ada satupun gol yang berhasil diciptakan pasukan Laskar Elang Jawa. Sehingga pertandingan leg pertama ini berakhir bagi keunggulan Pesut Etam dan leg kedua akan digelar di kandang wakil Kalimantan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here