Hasil PSM Makassar vs Persija Jakarta, Kecewa Dengan Kinerja Wasit, Tim Ibu Kota Gagal Temukan Arti Kemenangan

0
25

Debatbola.com – Pada pekan ketiga, PSM Makassar akan menjamu Persija Jakarta di Liga Indonesia 2022/23. Laga yang berlangsung di Stadion BJ Habibie, Parepare pada Jumat, 5 Agustus 2022 berjalan sengit. Kedua kubu punya misi untuk rampas angka sempurna pada laga ini.

Laga tersebut berakhir imbang 1-1 lewat aksi Kenzo Nambu di menit 75 untuk keunggulan PSM. Sebelum disamakan Hanno Behrens untuk tim ibu kota di menit 78. Lantas bagaimana jalannya laga tersebut? Simak ulasan di bawah ini!

Babak Pertama Saling Menekan, Namun Belum Ciptakan Gol

PSM Makassar yang bermain di rumah sendiri tidak bisa mengembangkan pola permainan di 10 menit pertama laga. Lain hal dengan Macan Kemayoran yang cenderung mendominasi pertandingan.

Meski begitu PSM Makassar mampu antarkan ancaman ke gawang Macan Kemayoran. Tepatnya di menit ke delapan, Wiljan Pluim hampir merobek jala gawang Persija Jakarta melalui sepakan kuat dari luar kotak. Berkah bagi tim tamu, bola tersebut masih dalam jangkauan Andritany Ardhiyasa.

Pada pertengahan laga, Persija Jakarta gantian untuk memberi tekanan. Striker asing mereka, Abdulla Yusuf melesakkan sepakan kaki kiri terarah namun bola masih menjauh dari gawang. Hingga jeda babak, skor masih tertahan 0-0.

Tukar Gol Dalam Waktu Tiga Menit 

Gol penantian suporter PSM Makassar akhirnya datang pada menit ke-75. Kenzo Nambu menorehkan namanya di papan skor usai mampu manfaatkan bola pemberian Wiljan Pluim.

Macan Kemayoran hanya butuh waktu singkat untuk samakan kedudukan. Usai gol Kenzo hanya berumur tiga menit, striker fenomenal milik Persija Jakarta, Hanno Behrens berubah menjadi aktor utama. Pemain asal Jerman tersebut samakan kedudukan menjadi 1-1 dengan memanfaatkan umpan dari Syahrian Abimanyu.

Hingga 15 menit menuju selesainya laga, kedua kubu saling adu serangan namun tak ada gol lagi yang muncul. Skor 1-1 menjadi hasil akhir laga kali ini.

Thomas Doll Kecewa Atas Kinerja Wasit Tambahan

Pada laga semalam, wasit di belakang gawang tercium aroma merugikan bagi Persija dalam keputusannya jelang bubaran laga. Persija seharusnya bisa mendapat tendangan pojok usai tendangan Behrens keluar lapangan akibat membentur bek PSM Makassar, Yuran Fernandes.

Persija yang tengah bersiap eksekusi tendangan pojok, justru batal akibat wasit tambahan justru memutuskan tendangan gawang untuk PSM Makassar. Wasit utama, Iwan Sukoco selaku pemimpin laga kemudian turut memberi tendangan gawang untuk PSM Makassar setelah berbincang dengan wasit tambahan.

Padahal, dalam tayangan ulang, terpantau jelas bola memantul keluar usai membentur Yuran Fernandes. Keputusan tersebut yang membuat Thomas Doll geram kala timnya sedang mencari gol kemenangan saat kondisi imbang 1-1.

Thomas Doll juga menganggap Persija Jakarta adalah korban kesalahan wasit. Menurutnya, keputusan paling fatal adalah tak memberi tendangan pojok jelang berakhirnya laga.

Pada penghujung laga, Persija Jakarta sedang membangun momentum ciamik untuk meraih gol kemenangan mereka. Behrens serta Ginanjar Ramadhani bergantian tebar ancaman ke gawang PSM Makassar melalui peluang berharga yang mereka buat.

Menurut Doll, tidak ada yang diuntungkan dalam keputusan wasit kali ini. Dirinya mengaku telah berbicara dengan pelatih lawan usai laga berakhir, dan pihak lawan juga tak senang dengan performa wasit kali ini.

Statistik Pertandingan

Persija Jakarta mampu kuasai jalannya pertandingan dengan 55% berbanding 45%. Namun anak asuh Thomas Doll lebih sedikit ancam gawang lawan dengan hanya tiga kali tendangan mengarah ke gawang.

Dengan hasil ini PSM Makassar semakin nyaman membusungkan dada di puncak klasemen sementara Liga Indonesia 2022/23. Sementara Persija Jakarta masih bercokol di posisi lima.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here