Hasil PSM Makassar vs Kedah, Juku Eja Tinggal Menunggu Lawan Di Partai Final!

0

Debatbola.com – PSM Makassar mampu tampilkan permainan apik kala bersua dengan Kedah di partai semi final Piala AFC 2022/23 pada Selasa, 9 Agustus 2022. Pertarungan tersebut digelar di Stadion I Wayan Dipta, markas Bali United dengan kemenangan dramatis 2-1 untuk Juku Eja.

Juru taktik PSM Makassar, Bernardo Tavares, sebelumnya punya misi untuk siap menorehkan kemenangan untuk PSM Makassar. Hasil positif tersebut sekaligus menjadi kado untuk Indonesia yang sedikit lagi akan dirgahayu ke-77 pada 17 Agustus 2022. Lantas bagaimana perjalanan PSM Makassar dalam membungkam Kedah?

Ampuhnya Dukungan Seluruh Suporter Indonesia

Supaya misi kemenangan tercapai, Bernardo Tavares sebelumnya telah meminta dukungan dan doa kepada seluruh rakyat Indonesia agar timnya bisa lanjut ke babak final Piala AFC 2022 zona ASEAN.

Bulan Agustus yang merupakan bulan kemerdekaan Indonesia, menurut sang pelatih akan bagus jika semua penonton bersatu untuk mendukung PSM Makassar. Sebelum laga dimulai, dirinya juga berharap semuanya bisa memberi dukungan kepada PSM Makassar. Dukungan masyarakat Indonesia terbukti ampuh, melihat skor akhir untuk kemenangan PSM Makassar.

PSM Makassar sekaligus sukses menggendong nama Indonesia ke kancah internasional. Dengan kemenangan 2-1 atas Kedah jelas punya pengaruh besar terhadap posisi Indonesia di ranking FIFA.

Jalannya Pertandingan

Kedah menerima skema ofensif yang dikirimkan PSM Makassar dengan strategi serangan balik. Namun PSM Makassar punya Yuran Fernandes yang selalu sigap memotong alur bola dari permainan Mahmoud Al-Mardi cs.

PSM Makassar sempat curi peluang di menit sembilan. Tendangan Wiljan Pluim masih melebar hingga ke pojok kanan atas gawang Kedah. Hingga menit 13, PSM Makassar masih mendominasi jalannya laga. Kenzo Nambu sempat mengancam gawang Kedah lagi, tapi lesakkannya masih terlalu jauh.

Juku Eja terus memberi ancaman untuk Kedah di babak pertama. Everton Nascimento, Wiljan Pluim, hingga Yakob Sayuri adalah aktor penting dibalik mendominasinya permainan PSM Makassar.

Gol PSM Makassar baru tercipta dari aksi Yakob Sayuri. PSM mencetak gol melalui pemain asal Yapen tersebut pada menit ke-31. Mendapat umpan tarik dari Rizky Eka, Yakob selesaikan dengan sontekan keras ke gawang Kedah. Hingga paruh pertama usai, PSM Makassar ungguli Kedah 1-0.

Juku Eja lantas memperlebar keunggulan lewat sundulan Yuran Fernandes di babak kedua. Menit 54 amunisi andalan PSM Makassar, Yuran Fernandes manfaatkan sepakan pojok kiriman Arfan. Gol ini membuat skuat Juku Eja semakin diatas angin.

Kedah baru mampu mereduksi ketertinggalan di menit 86 melalui pemain pengganti, Fayadh Zulkifli. Tendangan keras pemberian Zulkifli terlalu keras untuk ditepis kiper PSM Makassar, Reza. Hasil akhir 2-1 menangi PSM Makassar atas Kedah.

Statistik Pertandingan

Dua tembok pertahanan PSM Makassar harus menerima ganjaran kartu merah oleh sang pengadil lapangan. Kartu merah pertama dikeluarkan untuk Yuran di menit ke-62 disusul Agung Mannan juga harus dihadiahi kartu merah pada menit 98.

Secara statistik pertandingan, PSM Makassar pantas disebut sebagai klub pemenang dalam laga ini. Juku Eja mampu lepaskan 20 tembakan ke gawang Kedah.

Hanya saja, dari 20 tembakan tersebut dan banyaknya momen serangan dari Wiljan Pluim cs, hanya 6 tembakan yang tepat sasaran. Bahkan cuma dua yang mampu hasilkan gol.

Dengan hasil sempurna tersebut, PSM Makassar mengamankan tempat di final Piala AFC 2022 zona ASEAN. Namun, skuad Bernardo Tavares masih menunggu lawan antara Viettel vs Kuala Lumpur City yang baru akan berperang besok. 

Pertandingan selanjutnya, PSM Makassar akan kembali lakoni Liga 1 pada Senin, 15 Agustus 2022 melawan RANS Nusantara. Sementara Kedah juga akan kembali berlaga di Liga Super Malaysia menghadapi Sabah pada Rabu, 17 Agustus 2022.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version