Hasil Portugal vs Republik Ceko, Portugal Raih Angka Penuh

0
19

Debatbola.com – Pertandingan matchday ketiga menjadi agenda Liga Negara UEFA. Salah satu laga yang dimainkan adalah pertandingan antara Portugal vs Republik Ceko. Keduanya bertanding menggunakan Stadion José Alvalade pada Jumat (10/6) pukul 01.45 WIB.

Statistik Pertandingan
Berdasarkan statistik pertandingan yang telah berlangsung, Portugal yang berstatus sebagai tuan rumah mampu tampil lebih menyerang. Tim berjuluk Selecao Das Quinas tersebut sukses melakukan penyerangan ke pertahanan Republik Ceko sebanyak sebelas kali.

Dari jumlah tersebut terdapat lima tembakan akurat yang dilancarkan tepat ke gawang Jindřich Staněk. Sementara Republik Ceko membalas dengan mengerahkan sembilan serangan menuju pertahanan Portugal. Dua tendangan on target berhasil diarahkan ke gawang Diogo Costa. Kemudian segi penguasaan bola masih didominasi oleh Portugal.

Selecao Das Quinas mendominasi jalannya laga setelah menguasai bola lewat persentase 64 %. Berbanding penguasaan bola dengan persentase 36 % milik Republik Ceko.

Babak Pertama, Portugal Unggul Dua Gol
Peluang perdana didapatkan pertama kali bagi pasukan Portugal di menit ke-15 lewat eksekusi tendangan bebas dari sisi kiri. Raphael Guerreiro menjadi eksekutor yang mengirimkan umpan panjang ke tiang jauh.

William Carvalho berhasil meraih bola dan melakukan tembakan kemudian, tetapi usahanya masih bisa ditahan oleh para pemain bertahan Republik Ceko. Usahanya tersebut hanya menghasilkan tendangan pojok bagi timnya.

Republik Ceko membalas menyerang pada menit ke-31. Serangan dimulai oleh pergerakan Milan Havel di sisi kiri, dimana dirinya berhasil melewati penjagaan Pepe. Gelandang Viktoria Plzen tersebut meneruskan bola kepada Jan Kuchta.

Segera striker bernomor punggung 10 tersebut melepaskan tembakan dari dalam area penalti sang lawan. Akan tetapi tendangannya belum berbuah gol lantaran berhasil diantisipasi oleh sang kiper, Diogo Carlos. Gol akhirnya tercipta di menit ke-33 berkat aksi dari sisi kanan.

Kerjasama dilakukan oleh Bernardo Silva yang melakukan sentuhan satu-dua bersama Joao Cancelo. Bola bisa lolos ke dalam area penalti di bawah penguasaan bek Manchester City tersebut.

Tiga pemain bertahan berhasil dikecoh oleh Bernardo Silva yang membuat Joao Cancelo bisa masuk ke dalam area penalti. Di dalam area penalti, dirinya langsung mengirimkan tendangan keras ke arah gawang. Bola berhasil bersarang di sudut kanan gawang dari Jindřich Staněk.

Lima menit kemudian gol kembali tercipta bagi skuat Selecao Das Quinas. Rúben Neves menjadi perancang serangan dengan umpannya ke sisi kanan kepada Bernardo Silva. Gelandang Manchester City tersebut meneruskannya kepada Goncalo Guedes.

Winger Valencia itu melepaskan lesatan langsung di dalam area penalti. Bola berhasil bersarang di sudut kanan gawang yang tidak bisa ditepis oleh Jindřich Staněk. Berkat golnya, keunggulan tuan rumah bertahan hingga babak awal usai.

Babak Kedua, Portugal Pertahankan Kemenangan
Bertanding kembali di babak kedua, Portugal menolak mengendorkan serangannya. Unggul dua gol belum membuat pasukan asuhan Fernando Santos tersebut berpuas diri. Begitu juga dengan sang lawan yang berjuluk The Locomotive.

Peluang didapatkan Republik Ceko pada menit ke-60 lewat situasi counter attack dipimpin oleh Adam Hlozek. Striker Sparta Praha tersebut memanfaatkan kecepatannya menembus pertahanan. Tercipta keunggulan pemain timnya, tiga lawan dua pemain bertahan lawan.

Sebelum memasuki area penalti, Adam Hlozek memberikan bola ke sisi kanan kepada Václav Jurečka. Tendangan langsung dikerahkan oleh winger bernomor punggung 11 tersebut namun masih meleset tipis dari target serangan.

Portugal membalas di menit ke-66 melalui crossing mendatar oleh Diogo Jota yang tepat mendarat di mulut gawang. Tetapi Gonçalo Guedes yang ditujukan bola gagal mengeksekusi bola. Akhirnya hingga laga berakhir, keunggulan tetap bertahan bagi tuan rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here