Hasil Polandia vs Swedia, Polandia Lolos ke Piala Dunia

0
47

Debatbola.com – Pertandingan playoff Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa tersaji di pertengahan pekan ini mempertemukan antara Polandia vs Swedia. Kedua tim tersebut bertanding menggunakan Silesian Stadium sebagai venue.

Menurut data statistik kedua tim dalam bermain, Swedia yang bertanding sebagai tim tamu lebih unggul secara agresivitas. Tim berjuluk Blagult tersebut sanggup melepaskan 12 serangan ke pertahanan tim tamu.

Dari jumlah 12 serangan tersebut, mereka hanya sanggup melepaskan total 6 serangan tepat sasaran ke gawang yang dikawal Wojciech Szczęsny. Sementara Polandia hanya sanggup membalas 10 percobaan serangan. Akan tetapi mereka mampu unggul secara efektivitas serangan dengan melepaskan 8 serangan.

Swedia juga sanggup unggul dalam penguasaan bola dimana Blagult sanggup menguasai bola dalam persentase 62 %. Jumlah tersebut berbanding cukup jauh dari Polandia yang hanya sanggup menorehkan 38 % penguasaan bola.

Babak Pertama, Nihil Gol

Bertanding di hadapan pendukungnya sendiri membuat pasukan Polandia dapat bermain lebih percaya diri. Mereka melepaskan serangan pertama pada menit ke-10 lewat kerja sama antara Matty Cash yang mengirimkan umpan.

Bek sayap yang kini bermain untuk Aston Villa tersebut melepaskan umpan silang tepat ke tiang jauh. Di sana striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski menyambarnya dengan sundulan namun masih melebar.

Menit ke-13 giliran Swedia yang membalas serangan sang tuan rumah. Dalam serangan balik, tim tamu melakukan percobaan peruntungan lewat tendangan langsung Alexander Isak dari luar area penalti. Sayang tembakannya mampu diatasi Wojciech Szczęsny.

Beberapa detik kemudian lahir kembali peluang bagi anak asuh Janne Andersson. Kali ini serangan dikomandoi Alexander Isak yang memberikan umpan terobosan kepada Robin Quaison. Kembali tendangannya masih bisa dibaca dengan sempurna oleh Wojciech Szczęsny.

Seakan belum berhenti, Swedia mendapatkan peluang terbaiknya pada menit ke-19. Serangan balik masih menjadi andalan negara Skandinavia tersebut. Alexander Isak juga menjadi komandan serangan dengan melepaskan umpan mendatar ke sisi kiri.

Sang striker yang mendapatkan pengawalan ketat dari para pemain bertahan tuan rumah tidak bermain egois. Dirinya memberikan umpan kepada Emil Forsberg dan sang winger membawa masuk bola ke area penalti. Tendangan keras dilepaskannya namun lagi-lagi bisa diatasi sang kiper.

Polandia gantian melepaskan serangan pada menit ke-27 memanfaatkan serangan balik. Sebastian Szymański, sang winger memperoleh umpan dari area pertahanannya dan menggiring bola menggunakan kecepatannya.

Winger yang bermain untuk Dynamo Kiev itu memberikan umpan silang kepada Robert Lewandowski. Namun penjagaan dari satu pemain bertahan Swedia membuatnya gagal melepaskan tembakan. Kemudian bola dioperkan dan berakhir di kaki Matty Cash yang juga gagal mengirimkan umpan silang.

Babak Kedua, Polandia Menangkan Laga

Mengakhiri babak kedua dengan skor kacamata membuat kedua pasukan ngotot tampil menyerang di babak selanjutnya. Polandia mendapatkan kesempatan besar untuk unggul duluan di menit ke-48 dari titik 12 pas.

Sebelumnya Grzegorz Krychowiak dijatuhkan oleh Jesper Karlström di area penalti Swedia, sehingga wasit pun langsung memberikan hukuman kepada sang tamu. Robert Lewandowski yang ditunjuk sebagai eksekutor sanggup menunaikan tugasnya dengan sempurna.

Unggul satu gol belum membuat Polandia berpuas diri, mereka justru mampu menciptakan satu gol lagi melalui kaki Piotr Zieliński. Gelandang Napoli tersebut memanfaatkan kurang cermatnya pemain bertahan Swedia dalam mengontrol bola.

Kesalahan itu terjadi di area pertahanan sang musuh sehingga terjadilah serangan balik. Piotr Zieliński sendirian menggiring bola melaju ke area penalti dan melepaskan tembakan keras ke balik gawang Robin Olsen. Berkat dua gol tersebut, Polandia mampu lolos ke putaran akhir Piala Dunia bulan Desember mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here