Hasil Pertandingan Final Joan Gamper, Barca Gasak Juventus

0
119

Debatbola.com – Setelah press conference perpisahan Lionel Messi diadakan, malam harinya Barcelona sudah harus bertanding dalam ajang trofi Joan Gamper. Mereka harus melawan kampiun Coppa Italia musim lalu, Juventus.

Anak asuh Ronald Koeman berhadapan dengan Juventus di ajang turnamen pra musim, Trophy Joan Gamper. Dimana turnamen ini setiap tahunnya selalu diadakan oleh Barcelona sebagai persiapan menghadapi musim baru La Liga.

Walaupun trofi pra musim, kedua tim turun dengan pemain terbaiknya. Juventus menurunkan mega bintangnya, Cristiano Ronaldo dan Matthijs De Ligt. Sementara Barcelona juga menurunkan Memphis Depay dan Antoine Griezmann di lini depan. Barcelona harus bertarung di Estadi Johan Cruyff, markas tim junior tim sebab stadion Camp Nou saat ini tengah direnovasi.

Ronald Koeman yang baru ditinggalkan Lionel Messi, harus segera mencari taktik baru untuk bisa menutupi kepergian mega bintang asal Argentina itu. Sementara, pelatih baru rasa lama Juventus, Massimiliano Allegri juga tengah meramu strategi baru setelah musim terburuk klubnya di musim lalu.

Memphis Depay Buat Barcelona Memimpin

Tampil di depan pendukung sendiri, Barcelona langsung tancap gas. Tak tanggung-tanggung klub yang berjuluk El Barca tersebut langsung unggul di menit ke-3 oleh pemain yang baru didatangkan dari Olympique Lyon, Memphis Depay.

Penyerang asal Belanda itu mencetak gol melalui skema serangan balik dengan pola umpan pendek. Kerjasama apik antara Martin Braithwaite dan Yusuf Demir diselesaikan gelandang serang asal Austria tersebut dengan umpan lambung.

Alhasil pertahanan Bianconeri yang belum siap bertahan kocar-kacir dibuat barisan penyerangan El Barca. Memphis Depay yang tinggal berhadapan dengan kiper yang saat itu bertugas, Wojciech Szczęsny sukses memperdayai kiper timnas Polandia itu. Kedudukan pun menjadi 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Sejak gol tercipta kedua tim terus-terusan melakukan ancaman-ancaman berbahaya. Barcelona sendiri telah melahirkan dua gol lagi sepanjang babak pertama namun dianulir wasit sebab sudah terperangkap offside terlebih dahulu.

Cristiano Ronaldo akhirnya membuat peluang emas di penghujung babak pertama. Mega bintang asal Portugal tersebut mengancam lewat tendangan bebas jarak jauh. Dengan tendangan roket, dirinya membuat peluang namun sukses dijinakkan kiper El Barca, Neto. Hingga babak pertama usai, tak ada lagi gol yang tercipta.

Barcelona Semakin Unggul

Turun bermain pada babak kedua, Barcelona semakin digdaya karena pada babak ini tim tersebut semakin unggul. Menit ke-57, Martin Braithwaite membawa timnya unggul menjadi 2-0 setelah sundulannya masuk ke gawang Juventus.

Penyerang asal Denmark itu memanfaatkan sepak pojok yang diambil oleh penyerang Belanda, Memphis Depay. Martin Braithwaite yang membebaskan diri dari kawalan sukses meraih bola dan membuat gol.

Menit-menit penghujung babak kedua, Barcelona kembali menambah keunggulan berkat gol dari gelandang mudanya, Riqui Puig. Gelandang berusia 21 tahun tersebut melakukan tendangan langsung dari luar kotak penalti tepat ke arah pojok gawang Bianconeri.

Berkat gol tersebut, Barcelona mengunci kemenangan menjadi 3-0 dan berhasil membuat kemenangan pertama tanpa Lionel Messi. Ronald Koeman pun sukses dengan strateginya dan diharapkan mampu manjur saat diterapkan di La Liga dan Liga Champions nantinya.

Dengan hasil akhir di bursa inter303 itu, El Barca juga berhasil meraih trofi pra musim, Trophy Joan Gamper setelah laga usai. Kapten tim kini, Sergio Busquets berwenang untuk mengangkat trofi secara simbolik. Sementara kiper tim, Neto menjadi pemain terbaik sepanjang laga.

El Barca akan memulai langkahnya di La Liga pada Senin (16/8) mendatang melawan Real Sociedad. Sementara Juventus melakoni partai pembuka melawan Atalanta pada Minggu (15/8) sebagai tuan rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here