Hasil Persita vs Persipura, Walaupun Menang Persipura Jayapura Harus Bermain di Liga 2 Musim Depan

0
39

Debatbola.com – Pertandingan pamungkas Liga 1 Indonesia telah berlangsung pada pertengahan pekan ini. Salah satu partai mempertemukan laga antara Persita Tangerang vs Persipura Jayapura. Keduanya bertanding menggunakan Stadion Kompyang Sujana pada Kamis (31/3) pukul 15.30 WIB.

Sebelum Pertandingan

Persipura Jayapura bersama PSS Sleman dan Barito Putera terancam untuk degradasi sebelum melakoni pertandingan ke-34 ini. Namun tim asal Papua ini merupakan tim yang paling besar potensinya untuk turun kasta.

Awal hingga pertengahan musim mereka lakoni sangat buruk hingga mereka harus mendekam di zona degradasi. Namun mendekati akhir musim, semangat bertanding mereka kembali dan kini harus menunggu hingga laga terakhir agar menentukan siapa yang berhak degradasi.

Sementara Persita Tangerang menikmati musim yang biasa-biasa saja. Dimana mereka bisa bertahan di Liga 1 Indonesia dan menghuni peringkat ke-12. Pertandingan melawan Persipura Jayapura ini pun tidak berarti apa-apa lagi untuk skuat Pendekar Cisadane.

Babak Pertama, Persipura Jayapura Unggul

Bertanding di posisi terjepit barulah Persipura Jayapura bisa mengeluarkan kekuatan yang sebenarnya. Terseok-seok di awal musim membuat mereka harus menderita dan berdarah-darah bahkan hingga pertandingan terakhir Liga 1 Indonesia.

Peluang pertama didapatkan oleh Mutiara Hitam pada menit ke-20. Serangan dilesatkan oleh Ramiro Fergonzi yang menembak langsung dari dalam area penalti. Pemain asal Argentina tersebut memperoleh umpan terobosan dari Takuya Matsunaga. Namun tendangannya masih meleset dari target.

Menit ke-20 akhirnya Persipura Jayapura mampu menciptakan skor. Serangan dimulai oleh crossing dari Elisa Basna dari sisi kiri yang melepaskan umpan menuju Yohanes Pahabol di tiang jauh. Winger bernomor punggung 17 tersebut mengontrol bola terlebih dahulu.

Dengan sekali gerakan, sang winger mampu melewati Dedi Gusmawan yang membayanginya. Walaupun berada dalam sudut sempit, winger kelahiran Kabupaten Yahukimo tersebut sanggup menuntaskan peluang dengan tendangan berujung gol.

Menit ke-25 giliran Persita Tangerang yang mendapatkan peluang untuk menciptakan gol. Peluang hadir bagi Pendekar Cisadane berawal dari umpan lambung ke garis depan yang dipatahkan Dede Sulaiman. Namun tepisannya malah bergerak liar dan dapat dikuasai satu penyerang lawan.

Ahmad Nur Hardianto, striker Persita Tangerang memperoleh bola dan melepaskan tembakan keras dari luar area penalti. Sayangnya tembakan pemain bernomor punggung 9 tersebut melayang jauh dari tiang gawang.

Ramiro Fergonzi mendapatkan kesempatan menambah keunggulan bagi timnya pada menit ke-29. Gelandang kelahiran Buenos Aires tersebut memanfaatkan umpan pendek dari Yohanes Pahabol yang bergerak dari sisi kiri.

Dengan tendangan kerasnya, bola sempat terkena badan satu pemain bertahan Persita Tangerang sebelum mengarah ke gawang. Namun tendangan tersebut belum dapat menggetarkan gawang Rendy Oscario Sroyer karena meleset.

Persipura Jayapura sanggup menggandakan keunggulan menjadi 0-2 lewat tendangan keras yang dilepaskan Yevhen Bokhashvili. Penyerang asal Ukraina tersebut mendapatkan bola dari Yohanes Pahabol.

Dimana sang winger mampu membaca adanya miskomunikasi antara para pemain bertahan Persita Tangerang. Sehingga bola dilepaskannya langsung kepada sang striker dan dapat berakhir sebagai gol kedua.

Babak Kedua, Persipura Jayapura Tambah Gol

Menghasilkan keunggulan dua gol di babak sebelumnya belum membuat pasukan Persipura Jayapura berpuas diri. Mereka justru terus berusaha mati-matian mencetak gol agar bisa bertahan di Liga Indonesia.

Persipura Jayapura harus menunggu hingga menit ke-80 untuk bisa menciptakan skor ketiganya di laga ini. Gunansar Mandowen yang menyerang dari sisi kiri lihai melihat posisi Ramiro Fergonzi dan langsung memberikan bola kepadanya.

Berada di dalam area penalti tidak membuat sang gelandang sulit untuk melepaskan tendangan. Gol berhasil diciptakannya setelah melewati penjagaan Dedi Gusmawan. Dengan gol ini usai sudah pertandingan melawan Persita Tangerang. Namun sedihnya, Mutiara Hitam harus turun kasta dan bermain di Liga 2 karena tim-tim penentu lainnya yakni PSS Sleman dan Barito Putera mampu memperoleh poin. 

Sebenarnya poin perolehan Persipura dan Barito Putera sama-sama 36. Namun yang menentukan kemudian adalah head to head, dan Persipura dinyatakan kalah. Hal itu dikarenakan dua kali mereka tidak berhasil menang saat menghadapi Laskar Antasari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here