Hasil Persipura vs Borneo FC, Mutiara Hitam Raih Poin, Bangkitkan Asa Lolos Dari Jurang Maut

0
73

Debatbola.com – Pertandingan pekan ke-28 Liga Indonesia tersaji di Stadion Dipta mempertemukan pertarungan antara Persipura Jayapura vs Borneo FC. Keduanya melangsungkan pertandingannya pada Senin (28/2) pukul 18.15 WIB.

Kondisi Sebelum Pertandingan

Persipura Jayapura membutuhkan banyak poin untuk menghindar dari zona degradasi. Dimana mereka masih menempati posisi ke-16 klasemen Liga Indonesia terpaut empat poin dengan Barito Putera di atasnya.

Mereka juga tengah dalam tiga kekalahan beruntun dimana didapatkan kala bertanding menghadapi Persib Bandung, Persebaya Surabaya dan Arema FC. Akibatnya posisinya terus terjerumus dan berpotensi besar turun level di musim depan.

Sementara pasukan Borneo FC juga dalam tiga laga tanpa kemenangan namun performa mereka sejauh ini lebih baik. Pasukan berjuluk Pesut Etam ini hanya mampu meraih dua hasil seri melawan PSIS Semarang dan Bhayangkara FC.

Kemudian satu laga sisanya mengalami kekalahan atas PSS Sleman. Akan tetapi mereka masih bisa menduduki peringkat ke-6 klasemen lantaran Persija Jakarta di bawahnya juga mengalami hasil kurang memuaskan. Keduanya pada laga ini sama-sama bertekad untuk memperoleh poin penuh.

Babak Pertama, Borneo FC Unggul

Peluang pertama di pertandingan ini tercipta pada menit ke-12 bagi skuat Persipura Jayapura. Mutiara Hitam menyerang lewat sisi sebelah kiri melalui kaki Ramai Rumakiek. Sayang sepakan winger timnas Indonesia tersebut masih melebar dari gawang Gianluca Claudio Pandeynuwu.

Borneo FC bangkit dan menyerang pada menit ke-20 ke pertahanan sang lawan. Diawali dari Leo Guntara di sayap kiri diakhiri dengan melepaskan umpan kepada Jonathan Bustos di area tengah dalam zona penalti.

Gelandang berkebangsaan Argentina tersebut membawa bola dan melepaskan sepakan keras ke gawang. Tendangannya masih bisa ditepis oleh Fitrul Rustapa, kiper Mutiara Hitam. Sayangnya bola bergerak liar kemudian dikuasai oleh Wawan Febrianto yang langsung dilesatkan menjadi gol.

Tertinggal satu gol, wahana888 meyakini bahwa Persipura Jayapura segera mencoba bangkit. Serangan lahir di menit ke-35 melalui pergerakan Yustinus Pae dari sisi kanan. Sang bek sayap memberikan umpan pendek kepada Gunansar Mandowen. Namun sepakan sang pemain masih di luar target.

Tiga menit berselang, Pesut Etam kembali mendapatkan peluang untuk mencetak gol. Jonathan Bustos hampir menjebol gawang sang lawan. Andai saja Fitrul Rustapa tidak membaca arah bola dengan sempurna.

Lima menit sebelum babak pertama berakhir, Persipura Jayapura melakukan satu serangan. Elisa Basna menerobos masuk pertahanan Borneo FC dari sisi kiri kemudian melesatkan tendangan keras dari dalam area penalti. Sayang baginya tendangannya mampu dimentahkan Gianluca Claudio Pandeynuwu.

Babak Kedua, Persipura Jayapura Comeback

Persipura Jayapura yang membutuhkan poin mengubah taktik serangan selama rehat. Mereka ingin keluar dari zona terlarang, untuk menghindari degradasi. Terbukti mereka lebih bermain menyerang di babak selanjutnya ini.

Sepuluh menit menjelang pertandingan waktu normal berakhir, klub asal Papua tersebut begitu menggebu-gebu. Peluang didapatkan oleh Ramiro Fergonzi di menit ke-81 namun tendangan yang dilesatkannya dari dalam area penalti gagal menemui gol.

Gol yang ditunggu pun lahir pada menit ke-87 diawali dari servis bola mati oleh Yohanes Pahabol. Bola yang dieksekusinya masuk ke dalam zona penalti dan ditanduk oleh Brian Fatari. Bola menusuk masuk ke dalam gawang Borneo FC.

Gianluca Claudio Pandeynuwu, yang bertugas sebagai penjaga gawang tidak mampu membaca arah bola. Kiper asal Tomohon tersebut pun harus memungut si kulit bundar dari dalam sarang untuk pertama kalinya. Skor seri 1-1.

Namun semangat juang Persipura Jayapura belum luntur terbukti pada menit ke-89 mereka berhasil menambah gol. Serangan dari sisi kiri oleh Yohanes Pahabol sukses dimanfaatkan oleh Ricky Cawor menjadi gol kemenangan untuk timnya, 2-1.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here