Hasil Persikabo 1973 vs Persebaya Surabaya, Gustavo Henrique Barbosa Freire Jadi Pembeda

0
17

Debatbola.com – BRI Liga 1 memulai perjalanannya di musim 2022 dengan memainkan pertandingan pembuka antara Persikabo 1973 vs Persebaya Surabaya. Keduanya telah melaksanakan pertarungan menggunakan Stadion Pakansari, Bogor pada Senin (25/7).

Sebelum Pertandingan

Persebaya Surabaya yang memiliki kedalaman skuat lebih baik dibandingkan Persikabo 1973 diunggulkan pada pertandingan ini. Di atas kertas skuat milik tim berjuluk Bajul Ijo tersebut lebih tangguh.

Meskipun sebenarnya Persebaya Surabaya telah ditinggalkan oleh beberapa pemain kuncinya di musim lalu. Pemain-pemain yang meninggalkan tim adalah Taisei Marukawa yang memilih hengkang ke PSIS Semarang.

Masih mengenai PSIS Semarang, klub berjuluk Laskar Mahesa Jenar itu juga merekrut sang bek, Alie Sesay. Kemudian ada dua gelandang tim nasional Indonesia, Ricky Kambuaya yang pindah ke Persib Bandung serta Rachmat Irianto yang juga diangkut oleh Maung Bandung.

Belum lagi nama eks playmaker tim asal Brasil, Bruno Moreira Soares yang hengkang ke klub Super League 2 Yunani, Niki Volou. Ditinggalkan pemain-pemain tersebut membuat permainan Bajul Ijo dipastikan tidak sebaik musim lalu.

Di sisi lain Persikabo 1973 yang berstatus sebagai tuan rumah juga ditinggalkan pemain kuncinya. Ciro Alves memilih pindah ke Persib Bandung. Dilanjutkan Firza Andika yang hijrah ke klub ibukota, Persija Jakarta.

Satu lagi pemain asing tim berjuluk Laskar Padjajaran ini yang hengkang adalah Veniamin Shumeyko. Eks bek tengah tersebut memilih pindah ke tanah kelahirannya, Kirgistan dan bermain untuk klub kasta teratas, Alga Bishkek.

Statistik Pertandingan

Menurut statistik pertandingan antara kedua tim, Persebaya Surabaya yang punya level lebih baik tampil menyerang. Klub kebanggaan masyarakat Surabaya tersebut berhasil tampil lebih agresif dan efisien dalam menyerang.

Persebaya Surabaya tercatat melakukan 13 serangan ke wilayah pertahanan Persikabo 1973. Dari jumlah tersebut terdapat lima tembakan akurat yang mengarah tepat ke gawang Mochammad Dicky Indrayana.

Sementara Persikabo 1973 juga turut menyerang. Pasukan Laskar Padjajaran tercatat melepaskan enam serangan ke pertahanan Bajul Ijo. Namun para pemainnya berhasil mengonversi hanya satu tendangan on target ke gawang Satria Tama Hardianto.

Beralih ke penguasaan bola, Persikabo 1973 berbalik tampil lebih menguasai. Laskar Padjajaran berhasil menguasai bola lewat persentase 52 %. Angka tersebut berbanding 48 % penguasaan bola milik Persebaya Surabaya.

Babak Pertama, Nihil Gol

Peluang pertama pada pertandingan ini didapatkan oleh Persebaya Surabaya pada menit ke-15. Winger kiri berkebangsaan Jepang, Sho Yamamoto melesatkan satu tembakan keras dari luar area penalti yang diarahkan ke gawang.

Akan tetapi aksi eks pemain FK Iskra Danilovgrad tersebut belum mampu menjebol gawang yang dijaga Mochammad Dicky Indrayana. Lantaran sepakannya masih mengarah ke sisi luar gawang Persikabo 1973.

Pasukan Bajul Ijo kembali menebarkan ancaman ke gawang musuh tepat di menit ke-25. Muhammad Hidayat mengawali proses terjadinya peluang dengan tusukannya dari sektor kanan area pertahanan Laskar Padjajaran.

Dirinya mengakhiri pergerakannya dengan mengirimkan crossing mendatar tepat ke mulut gawang. Sílvio Rodrigues Pereira Júnior menjadi pemain yang ditujunya dan segera melesatkan tembakan. Namun masih bisa digagalkan Mochammad Dicky Indrayana. Babak awal berakhir dengan skor 0-0.

Babak Kedua, Persikabo 1973 Menangkan Laga

Persikabo 1973 yang terus digempur oleh lini penyerangan Persebaya Surabaya akhirnya sukses membalikkan keadaan. Menit ke-53 gol terjadi bagi tuan rumah lewat eksekusi tendangan 12 pas Gustavo Henrique Barbosa Freire.

Winger berusia 26 tahun asal Brasil tersebut sukses mendaratkan bola ke dalam gawang Satria Tama Hardianto. Sebelumnya terjadi pelanggaran terhadap Dimas Drajad yang dilakukan Dandi Maulana. Skor 1-0 terus bertahan sampai pertarungan selesai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here