Hasil Persija vs Persipura, Menang Hadapi Persija, Mutiara Hitam Buka Asa Keluar Dari Zona Degradasi

0
26

Debatbola.com – Pekan ke-19 Liga 1 Indonesia mempertemukan pertarungan antara Persija kontra Persipura. Kedua tim ini tengah bersaing dengan tujuan berbeda. Persija tengah berjuang di papan atas sementara sang lawan, Persipura berusaha keluar dari zona degradasi.

Pemain Masuk Starting Eleven

Persija di pertandingan ini tampil dengan hampir semua pemain intinya. Mereka minus nama-nama seperti Yann Motta dan Rezaldi Hehanussa di posisi pertahanan. Kemudian duo Dwiki Arya dan Rohit Chand pada sektor lini sentral. Terakhir Osvaldo Haay juga tidak masuk dalam daftar pemain inti.

Angelo Alessio, juru taktik Macan Kemayoran menurunkan Ikhwan Ciptady dan Novri Setiawan di posisi bertahan. Selanjutnya di lini tengah, pelatih asal Italia itu memasang duet Adrianus Purnomo dan pemain terbaru tim, Makan Konate. Untuk menggantikan Osvaldo Haay, Alfriyanto Nico dimainkan.

Sementara Persipura di sisi seberang tidak diperkuat oleh beberapa pemain andalannya. Ricky Kayame yang menderita cedera tidak dimasukkan dalam daftar pemain yang dibawa. Kemudian Todd Ferre juga harus absen lantaran masih menjalani sanksi.

Sebagai gantinya, Gunansar Mandowen dimainkan untuk menemai Yevgen Bokhashvili dan Ferinando Pahabol di lini depan. Kemudian bek veteran tim, Ricardo Salampessy juga hanya menghangatkan bangku cadangan sepanjang laga. Sang pelatih memberikan kesempatan kepada duet Brian Fatari serta Donny Monim sebagai starter.

Mutiara Hitam di bawah asuhan Alfredo Vera pada pertandingan menghadapi Persija menurunkan pemain anyarnya, Ramiro Fergonzi. Penyerang asal Argentina itu diturunkan sejak menit pertama menempati posisi gelandang serang.

Babak Pertama, Persipura Ciptakan Dua Gol

Memerlukan poin untuk dapat keluar dari zona degradasi, Persipura berusaha keras memenangkan pertandingan ini. Terutama performa tim yang berangsur-angsur meningkat setelah pergantian tangan pelatih terjadi.

Sejak menit ke-12 skuat asal Papua itu sudah mengirimkan sinyal ancaman ke pertahanan sang lawan. Berawal dari corner kick, Muhammad Tahir hampir saja membobol gawang Persija untuk pertama kalinya.

Sayang usahanya masih bisa dimentahkan oleh sang kiper, Andritany. Tak berhenti sampai disitu karena bola hasil tepisan sang kiper menjadi bola liar. Gunansar Mandowen yang menguasai bola mencoba melepaskan tembakan namun melebar.

Gol yang pelecut semangat Mutiara Hitam akhirnya tercipta di menit ke-25 oleh Ferinando Pahabol. Winger yang ditunjuk sebagai kapten tersebut menyerang langsung dari luar kotak penalti memanfaatkan skema serangan balik.

Takuya Matsunaga, sang gelandang yang merebut bola dari kaki Dwiki Arya lantas membuat umpan terobosan ke arah Ferinando Pahabol. Setelah meliuk-liuk dan memindahkan bola ke kaki terkuatnya, Ferinando Pahabol berhasil menjaringkan bola ke pojok kiri gawang Andritany.

Sang kiper yang mendapatkan tendangan keras itu tidak mampu bergerak dan harus memungut bola dari dalam gawangnya. Sehingga kedudukan sementara kedua tim menjadi 0-1 untuk anak asuh Alfredo Vera.

Beberapa detik sebelum babak normal usai, Persipura kembali menambah keunggulan kali ini lewat kaki Yevgen Bokhashvili. Striker asal Ukraina itu memanfaatkan dengan sempurna assist dari Ramiro Fergonzi. Babak awal berakhir dengan skor 0-2.

Babak Kedua, Persija Kurangi Defisit Gol

Tertinggal di babak pertama, Persija berupaya keras untuk dapat mencetak gol. Makan Konate, pemain debutan Macan Kemayoran berhasil mencatatkan namanya di buku skor lewat golnya di menit-menit perpanjangan waktu.

Gol berawal dari umpan Maman Abdurahman yang menjadi algojo tendangan bebas. Kemudian bola diarahkan ke mulut gawang dan terjadi kemelut. Makan Konate berada di posisi terbaik dengan ruang tembak terbuka lebar, sehingga bisa mencetak gol dan membuat skor berganti 1-2 hingga laga usai.

Mengakhiri laga dengan kemenangan, Persipura sementara berhasil keluar dari area degradasi dan melompat naik ke posisi 15. Namun mereka belum boleh berpuas diri karena Barito Putera di posisi ke-16 belum memainkan laganya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here