Hasil Persija VS Barito Putera, Pasukan Muda Macan Kemayoran Dibantai Laskar Antasari

0
25

Debatbola.com – Persija akhirnya menyelesaikan satu pertandingan di fase grup Piala Presiden tahun ini dengan melawan Barito Putera. Sayang sekali di pertandingan yang berlangsung pada tanggal 18 Juni 2022 kemarin itu Persija gagal meraih kemenangan. Dengan skor 2-0, Barito Putera taklukkan Persija.

Barito Putera yang melakoni laga keduanya di Stadion Segiri berhasil mendominasi pertandingan. Terlebih Thomas Doll benar-benar menurunkan pemain muda di pertandingan itu seperti perkataan sang pelatih sebelum pertandingan. Dengan hasil tersebut, Barito Putera kini berhasil memuncaki klasemen sementara grup B.

Jalannya Pertandingan
Barito Putera mampu mendominasi jalannya pertandingan sejak laga baru dimulai dengan penguasaan bola sebesar 65%. Namun Laskar Antasari berkali-kali gagal menembus pertahanan Persija dan bahkan kesulitan melepaskan tembakan ke arah gawang. Hal tersebut dikarenakan agresifnya para pemain muda Persija dalam melakukan pertahanan.

Sepanjang babak pertama, Barito Putera berhasil menciptakan banyak peluang yang selalu digagalkan pertahanan Persija. Di menit ke-37, kesempatan Persija sendiri baru bisa diperoleh melalui tendangan bebas yang dieksekusi Barnabas. Sayang sekali peluang tersebut gagal dimanfaatkan dengan baik dan membuat babak pertama berakhir tanpa angka.

Barito Putera kembali berinisiatif menyerang pertama kali di babak kedua untuk menekan pertahanan Persija. Rafael Silva berhasil membuat peluang melalui sundulan di dua menit awal babak kedua setelah mendapat umpan dari Rizky Pora. Namun Adre Arido Giovani langsung sigap menepis bola yang ingin menerobos gawangnya itu.

Penyerangan Barito Putera terus datang bertubi-tubi dan memaksa Adre Arido Giovani beberapa kali melakukan penyelamatan. Sementara itu, permainan Persija justru gagal berkembang. Akhirnya Persija memilih menyegarkan lini depannya dengan mengganti Rafli Mursalim dengan Dwiki Arya.

Satu menit pasca pergantian pemain, Persija justru kebobolan oleh gol Ryota Noma. Pemain asal Jepang tersebut mendapat umpan dari Rizky Pora dan lolos dari jebakan offside yang dibuat Persija. Tembakan mendatar Ryota Noma berhasil melewati sela kaki Adre Arido dan mengubah skor menjadi 1-0.

Menjelang berakhirnya pertandingan, Barito Putera berhasil merubah skor menjadi 2-0 berkat Rafael Silva. Dengan mudah Rafael Silva menembakkan bola yang diterimanya dengan kaki kiri dan menembus gawang Persija. Skor 2-0 tersebut kemudian menjadi skor akhir karena Persija gagal menyusul ketertinggalan di sisa waktu pertandingan.

Skuad Muda Persija Ditumbangkan Barito Putera
Sesuai dengan perkataan Thomas Doll, Persija menurunkan para pemain mudanya serta 3 pemain trial untuk melawan Barito Putera. Hal tersebut dilakukan agar pemain muda yang belum memiliki pengalaman mendapat jam terbang yang lebih banyak. Namun, pilihan yang diambil Thomas Doll tentu saja memiliki resiko yang sangat besar.

Skuad muda Persija berhasil dilumat oleh Barito Putera yang saat itu dipastikan turun dengan skuad terbaiknya. Hasil tersebut sebenarnya cukup melenceng dari harapan Persija sebelum pertandingan. Pasalnya Persija tetap ingin hasil yang terbaik meskipun yang diturunkan skuad yang masih kurang pengalaman.

Menurut Ferdiansyah selaku asisten pelatih, para pemain Persija sudah bermain sesuai dengan arahan Thomas Doll selama latihan. Hal itulah yang membuat Thomas Doll cukup puas meskipun harus mendapat kekalahan. Namun, tim pelatih memiliki beberapa catatan untuk para pemain yang turun di pertandingan kali ini.

Ferdiansyah juga mengakui faktor kekalahan para pemain Persija dikarenakan kesulitan untuk bisa bermain di 90 menit secara penuh. Karena hal itulah, para pemain akan menerima latihan untuk bisa meningkatkan fisiknya. Selain itu, Ferdiansyah berharap jika selama turnamen pramusim ini, para skuad mudanya bisa menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Posisi Saat ini
Berhasil mengalahkan Persija, Barito Putera kini mengoleksi 4 poin dari dua pertandingan. Berkat hasil tersebut, Barito Putera berhak menduduki puncak klasemen sementara di grup B untuk saat ini. Barito Putera berhasil menggeser Borneo FC yang memiliki satu poin akan tetapi baru melakukan satu pertandingan.

Sementara untuk Persija, hasil tersebut membawa dampak yang cukup buruk di klasemen sementara. Gagal mendapat poin di pertandingan perdana membuat Persija terperosok ke dasar klasemen. Dengan 3 pertandingan tersisa, Persija harus memperbaiki catatan poinnya jika ingin lolos ke babak berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here