Hasil Persib Bandung vs PSS Sleman, PSS Sleman Unggul Adu Penalti

0
44

Debatbola.com – Piala Presiden memasuki babak perempat final dan telah memainkan salah satu laganya. Pertandingan tersebut mempertemukan antara Persib Bandung vs PSS Sleman. Kedua tim bertanding menggunakan Stadion Si Jalak Harupat sebagai arena pada Jumat (1/7).

Sebelum Pertandingan

Persib Bandung berhasil lolos fase grup setelah menjuarai grup C. Tim berjuluk Maung Bandung tersebut mampu merebut tujuh poin dari hasil tiga kali bermain. Dua kemenangan dan satu hasil seri menjadi hasil yang diraihnya.

Dua kemenangan itu didapatkan saat berlaga menghadapi Bhayangkara FC dan Persebaya Surabaya. Sementara satu hasil seri diraih ketika Persib Bandung harus bertanding berhadapan dengan juara bertahan Liga 1, Bali United.

Sementara PSS Sleman berhasil tembus ke babak perempat final setelah menjadi juara dua grup A. Pasukan berjuluk Laskar Elang Jawa tersebut sukses menutup fase grup dengan perolehan tujuh angka yang didapatkannya.

Berbeda dengan Persib Bandung, dua kemenangan, satu hasil seri dan saut kekalahan menjadi langkah yang membawanya menuju babak gugur. Lantaran di grup A tergabung lima klub atau satu klub lebih banyak dari grup tempat Maung Bandung.

Dua kemenangan direbut saat melawan Dewa United dan Persita Tangerang menjadi hasil bagi Laskar Elang Jawa. Kemudian hasil seri diraih ketika melawan Persis Solo. Kekalahan atas PSIS Semarang menjadi hasil terburuk bagi PSS Sleman.

Babak Pertama, Nihil Gol

Peluang perdana didapatkan PSS Sleman pada menit ke-8. Peluang didapatkan melalui sepakan jarak jauh Muhammad Rifky Suryawan dari luar area penalti. Sang gelandang mencoba memanfaatkan ruang tembak yang terbuka lebar.

Dimana para pemain bertahan PSS Sleman berusaha mundur ke area penaltinya sendiri untuk mengawal ketat para striker musuh. Akan tetapi tendangan yang dilepaskan oleh Muhammad Rifky Suryawan masih bisa dibendung Fitrul Dwi Rustapa.

Bola sempat terlepas dari tangan mantan penjaga gawang Persipura Jayapura tersebut dan nyaris dikuasai oleh Boaz Solossa. Namun bola kemudian gagal dikuasai oleh striker yang juga alumni Persipura Jayapura itu.

Kedua tim terus melanjutkan serangan demi serangan namun tidak ada satupun yang begitu berbahaya sehingga mengancam gawang lawannya masing-masing. Pertandingan babak awal pun ditutup dengan hasil kacamata, 0-0.

Babak Kedua, Skor Seri

Bertanding kembali di babak kedua, permainan attacking kembali diterapkan oleh kedua tim untuk dapat menciptakan gol. Sebab jika tidak bermain menyerang, maka akan kesulitan menembus babak perempat final yang hanya sekali laga ini.

Gol didapatkan pada menit ke-52 oleh PSS Sleman. Sontak gol tersebut mengejutkan suporter Persib Bandung yang memadati Stadion Si Jalak Harupat. Gol diinisiasi oleh crossing melambung yang diciptakan Wahyu Sukarta dari wilayah half space kiri penyerangan timnya.

Crossing tersebut mengarah tepat ke mulut gawang dan disambut oleh striker veteran, Boaz Solossa. Usia yang mencapai 36 tahun tidak membuatnya sulit menanduk bola tersebut dan menghasilkan gol. Tandukannya mendarat di sudut kanan gawang Fitrul Dwi Rustapa.

Persib Bandung menutup pertandingan babak kedua dengan gol tendangan 12 pas. Sebelumnya Syaiful Ramadhan, bek PSS Sleman melakukan pelanggaran keras di dalam area penaltinya dan dihukum kartu merah oleh wasit.

Marc Klok, gelandang timnas Indonesia yang bermain untuk Maung Bandung pun diutus sebagai algojo tendangan 12 pas. Dirinya sukses mengerahkan tendangan keras yang tidak dapat diantisipasi oleh Muhammad Ridwan.

Adu Penalti

Setelah gol Marc Klok, pertandingan tetap berjalan imbang. Wasit pun melanjutkan pertandingan perempat final ini ke adu tendangan penalti antara kedua tim. Total empat kali tendangan terjadi pada kesempatan ini.

Empat penendang PSS Sleman mampu mengerjakan tugasnya dengan sempurna. Sementara dua dari empat penendang Persib Bandung gagal menciptakan gol. Maka Laskar Elang Jawa pun berhak menempatkan kedua kakinya di babak semifinal Piala Presiden.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here