Hasil Napoli vs Barcelona, El Barca Melangkah ke Babak Selanjutnya

0
53

Debatbola.com – Babak intermediate stage Liga Europa tersaji di pertengahan pekan ini mempertemukan antara Napoli kontra Barcelona. Keduanya bertanding di Stadion Diego Armando Maradona sebagai arena pertandingan.

Dari catatan penampilan pertandingan leg kedua tersebut, terlihat bahwa Barcelona secara total menguasai jalannya pertandingan. Mereka mampu mencatatkan total 16 kali serangan ke gawang sang lawan. Dari jumlah tersebut terdapat 6 serangan yang tepat sasaran.

Klub perwakilan Spanyol itu juga menguasai jalannya permainan dimana mampu membukukan persentase penguasaan bola mencapai 56 %. Dibandingkan 44 % milik tuan rumah yang dihasilkan sepanjang laga.

Napoli bermain lebih condong bertahan, Media wahana888 mencatatkan permainan mereka hanya melesatkan 7 kali serangan ke pertahanan El Barca. Pasukan asuhan Luciano Spalletti tersebut juga hanya mampu melepaskan 3 serangan on target ke gawang Ter Stegen.

Babak Pertama, Barcelona Unggul Cepat

Bermain di leg kedua, dimana leg pertama hanya berakhir 1-1 membuat kedua tim masih mempunyai peluang untuk dapat lolos. Barcelona sendiri yang kecewa tersingkir dari Liga Champions memutuskan bermain menyerang.

Pola permainan itu menghasilkan gol pada menit ke-8 dimana gol sukses dicetak oleh Jordi Alba melalui skema serangan balik. Serangan tersebut dikomandoi oleh Adama Traore yang memanfaatkan kecepatannya membawa bola ke pertahanan lawan.

Ketatnya kawalan dari pertahanan Il Partenopei membuat eks winger Wolves tersebut menyerahkan bola ke sisi kanan dimana Jordi Alba berada. Dengan ketenangan dalam melakukan finishing, bek sayap berusia 33 tahun tersebut mampu menciptakan keunggulan 1-2 secara agregat.

Lima menit berselang, tim kebanggaan masyarakat Catalan tersebut kembali menggandakan keunggulannya. Frenkie De Jong menjadi aktor serangan dengan gol dari tendangan jarak jauh yang dilepaskannya.

Tendangan roket dari gelandang berkebangsaan Belanda tersebut meluncur tepat ke pojok kiri gawang dari Alex Meret. El Barca menciptakan agregat 1-3 dan skor tersebut bertahan setidaknya sekitar sepuluh menit.

Sebab di menit ke-23, Napoli mendapatkan kesempatan emas untuk menciptakan gol dari titik putih, setelah Victor Osimhen dilanggar oleh Ter Stegen di area penalti milik tim tamu. Wasit yang bertugas pun langsung menunjuk titik putih.

Sang pelatih menunjuk kapten tim, Lorenzo Insigne sebagai penendang tendangan penalti itu. Winger berkebangsaan Italia itu pun sukses besar menjebol gawang Ter Stegen membuat agregat berubah menjadi 2-3.

Sebelum waktu rehat dimulai, Barcelona kembali mempertebal keunggulannya menjadi 2-4, berkat gol yang diciptakan oleh Gerard Pique. Bek tengah veteran itu menjebloskan bola dengan mudah dari dalam area penalti Il Partenopei.

Gerard Pique memanfaatkan dengan sangat baik kesalahan yang dilakukan oleh para pemain bertahan tim tuan rumah. Bola pantulan dari crossing Jordi Alba mampu dikuasainya. Tiga pemain bertahan berusaha membayangi tetapi tidak sanggup mematahkan tendangannya.

Babak Kedua, Barcelona Pastikan Kemenangan

Babak kedua, masing-masing tim tetap dalam permainan yang sama dengan babak sebelumnya. Adama Traore mendapatkan kans terbaik untuk menciptakan gol pada menit ke-54. Pergerakannya dari sisi kanan mampu menembus pertahanan Napoli.

Memasuki area penalti, Adama Traore tidak lantas melesatkan umpan silang. Dirinya justru menembak dengan mengincar tiang terjauh sarang dari Alex Meret. Peluang tersebut nyaris menjadi gol andaikata sang kiper tidak membaca arah bola dengan baik.

Gol kemudian tercipta bagi Barcelona pada menit ke-59. Kembali pergerakan dimulai dari Adama Traore di sisi sayap kanan. Namun bukan mengincar tiang jauh, dirinya melepaskan umpan silang mendatar. Pierre Emerick Aubameyang meraih bola dan langsung melepaskannya menjadi gol.

Napoli berhasil memperkecil kedudukan di menit-menit akhir melalui kaki Matteo Politano. Pemain tersebut memanfaatkan kesalahan yang dilakukan Nico Gonzalez sehingga mampu menjebol gawang Ter Stegen untuk kali kedua. Namun Barcelona tetap bisa mempertahankan keunggulan sehingga berhak melangkah ke fase selanjutnya Liga Europa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here