Hasil Mallorca vs Barcelona, Sundulan Luuk de Jong dan Save Ter Stegen Bawa Barcelona Ke Posisi Lima

0
34

Debatbola.com – Jornada ke-19 Liga Spanyol berlangsung setelah masa liburan usai. Pertandingan ini merupakan yang pertama di paruh kedua musim 2021/2022. Pertandingan antara Mallorca menghadapi Barcelona pun telah tersaji di Stadion Iberostar.

Laga antara kedua tim tersebut telah berakhir dengan keunggulan tipis Barcelona lewat skor 0-1. Satu-satunya gol dilesatkan oleh penyerang berkebangsaan Belanda yang baru bergabung di awal musim, Luuk De Jong.

Pemain Yang Diturunkan

Mallorca bermain dengan seluruh pemain terbaiknya dibawah arahan pelatih Luis Garcia. Tim hanya minus bek sayap kanan tim, Brian Olivan yang duduk dibangku cadangan sepanjang pertandingan berlangsung.

Sedangkan Fer Nino dan Jordi Mboula yang biasanya bermain sebagai pemain inti diputuskan untuk memulai pertandingan dari bangku cadangan. Keduanya masing-masing menggantikan Angel Rodriguez dan Antonio Sanchez.

Barcelona mengawali pertandingan di tahun 2022 ini dengan bertambah kepincangannya. Setelah diterpa tidak konsistennya permainan El Barca, tim kembali diterpa badai susulan yakni cedera dan paparan Covid-19.

Total 17 pemain tim asal Catalan ini harus menepi akibat kedua masalah tersebut. Sehingga Xavi Hernandez memutuskan untuk menggunakan 9 pemain akademi La Masia yang kini bermain di tim junior Barcelona.

Babak Pertama, Luuk De Jong Bawa Barcelona Unggul

Menit ke-8 Barcelona hampir saja mencetak gol di awal-awal pertandingan berkat usaha dari Gerard Pique. Sayangnya kreasi tendangan bebas langsung dari sang bek veteran masih bergeser beberapa senti dari target.

Di menit ke-29, peluang kembali datang untuk tim tamu, Barcelona. Luuk De Jong mendapatkan umpan terobosan dari Ferran Jutgla. Sayangnya eksekusi pemain pinjaman dari Sevilla tersebut hanya membentur tiang gawang Manolo Reina.

Luuk De Jong kembali mendapatkan kesempatan emas untuk membuat timnya unggul. Crossing Oscar Mingueza meluncur tepat ke arah sang striker. Kemudian dengan melakukan tendangan sepeda terbalik, sang striker mencoba peruntungannya.

Namun kembali sepakan striker berusia 31 tahun tersebut membentur tiang atas dari gawang Mallorca. Kesialan sang striker akhirnya dapat usai setelah usahanya membuat keunggulan bagi Barcelona. Gol tersebut terjadi di menit ke-44.

Header dari Luuk De Jong berhasil menggetarkan jaring gawang Manolo Reina dan membuat skor menjadi 0-1. Berkat tinggi badannya yang mencapai 188 cm tidak menyulitkannya untuk meraih bola. Oscar Mingueza kali ini menjadi assist dari gol tersebut.

Babak Kedua, Save Ter Stegen Memastikan Kemenangan Barcelona

Barcelona yang sudah unggul 0-1 tetap memutuskan untuk menyerang di babak selanjutnya. Total dua serangan dilancarkan skuat Catalan tersebut. Yang pertama adalah lewat aksi sundulan Gerard Pique memanfaatkan umpan silang Ilias Akhomach.

Winger Barcelona B tersebut melancarkan serangannya dari sisi kiri dengan tujuan crossing di mulut gawang. Umpan dari Ilias Akhomach pun meluncur deras dan mengarah tepat ke Gerard Pique. Namun sundulan sang bek masih bisa ditahan pemain bertahan Mallorca.

Luuk De Jong mendapatkan peluang untuk dapat menambah pundi-pundi golnya. Namun peluang pada menit ke-59 dari umpan Ronald Araujo itu bisa digagalkan lewat aksi Martin Valjent. Sehingga sang striker tidak dapat membuat tendangan menuju gawang timnya.

Mendekati menit-menit akhir Mallorca berupaya untuk menggagalkan kemenangan sang lawan. Namun serangan di menit ke-90+2 oleh Jaume Costa yang berpeluang 99 % gol berhasil digagalkan Ter Stegen, sehingga menyegel perolehan tiga poin untuk timnya.

Berkat hasil ini Barcelona dapat bergerak di papan klasemen dan menghuni posisi kelima atau zona Liga Europa. Mereka berhak menggeser Rayo Vallecano yang mengalami kekalahan di markas Atletico Madrid. Sementara Mallorca tetap bertahan di posisi ke-15.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here