Hasil Mainz vs RB Leipzig, Mainz Ke Peringkat 5

0
208

Debatbola.com – Pekan pertama Bundesliga Jerman musim 2020/2021 telah resmi bergulir. Runner up musim lalu, RB Leipzig melakoni pekan pertamanya dengan bertandang ke markas Mainz 05. Pada pertandingan yang dimainkan di MEWA Arena itu, tuan rumah berhasil memetik kemenangan.

Klub yang berhasil dibeli oleh perusahaan minuman energi asal Austria ini kembali mengulangi catatan musim lalu. Dimana RB Leipzig pada musim lalu mengalami kekalahan saat melakoni laga yang dimainkan di MEWA Arena. Kala itu mereka harus pulang dengan skor akhir 3-2.

Mainz 05 Langsung Memimpin

Bermain di hadapan para supporter sendiri, Mainz 05 langsung mengancam di menit ke-5. Umpan lambung dari Martin, bek sayap kiri tim berhasil mengarah tepat ke sang striker, Jae-sung Lee. Sayang sundulannya hanya mengenai tiang gawang.

Tak berhenti sampai di situ, bola yang memantul karena mengenai tiang gawang masih bisa dikuasai oleh Jonathan Burkardt. Namun sang penyerang tidak mampu melesatkan bola tepat sasaran dan hanya melebar.

Menit ke-13 seisi stadion pun bersorak menyambut gol yang berhasil diciptakan oleh tim kesayangannya. Sebab bek tengah sekaligus kapten tim, Moussa Niakhate sukses memanfaatkan kemelut di depan gawang RB Leipzig. Dalam skema tendangan bebas yang dilakukan Mainz 05, sebenarnya RB Leipzig sudah mendapatkan bola.

Namun clearance yang tidak sempurna dari Nordi Mukiele malah mengarah tepat ke arah Moussa Niakhate yang berdiri bebas tak terkawal. Dirinya yang berada di mulut gawang leluasa melesatkan bola masuk ke dalam gawang Peter Gulacsi. Keunggulan pun tercipta bagi tuan rumah, 1-0.

Tim tamu yang berjuluk Die Bullen itu berbalik mengancam pada menit ke-29. Lewat serangan balik cepat dari sisi kiri, Christopher Nkunku dengan kecepatannya berhasil menembus pertahanan Die Nullfünfer.

Sayang sekali ketika masuk ke dalam kotak penalti musuhnya, winger asal Prancis tersebut berhasil dihentikan oleh Niklas Tauer. Sang gelandang bertahan melakukan tekel bersih di dalam kotak penaltinya sendiri. Selepas peluang tersebut, tidak ada lagi peluang lain ataupun gol yang tercipta hingga istirahat.

Pertahanan Mainz 05 Jadi Sorotan

Turun di babak kedua, RB Leipzig yang tertinggal hanya satu gol saja terus-terusan melakukan ancaman ke gawang tuan rumah. Tentunya tim yang diasuh oleh Jesse Marsch itu tidak ingin pulang dengan tangan kosong.

Pada menit ke-76, Nordi Mukiele mendapatkan peluang untuk menyeimbangkan skor. Angelino, bek kiri tim sukses melakukan umpan silang yang dipantulkan kepada Andre Silva. Penyerang asal Portugal itu melanjutkan bola kepada bek kanan asal Prancis itu.

Nordi Mukiele yang tak terkawal dengan baik oleh barisan pertahanan Die Nullfünfer pun melakukan ancang-ancang tendangan. Beruntung Mainz 05 mempunyai bek tangguh, Alexander Hack yang sukses menghalau bola dengan sempurna.

Pertahanan tim tuan rumah memang patut diberikan apresiasi pada laga ini. Sebab gempuran-gempuran dari lini serang Die Bullen semuanya dapat diredam oleh mereka. Berdasarkan statistik, skuat asuhan Jesse Marsch itu melakukan 13 tendangan namun hanya 2 saja yang mencapai targetnya.

Mainz 05 Ke Posisi 5

Berkat hasil tersebut, Mainz 05 berhak menempati peringkat ke-5 klasemen sementara Bundesliga. Tim yang dijuluki Die Nullfünfer kini bersaing dengan tim-tim dari papan atas. Sementara RB Leipzig harus puas berada di papan bawah tepatnya peringkat ke-14.

Die Nullfünfer akan melanjutkan pertandingan pekan kedua Bundesliga dengan bertandang ke markas tim promosi Bochum. Sedangkan RB Leipzig akan menjamu pemuncak klasemen Bundesliga saat ini, Vfb Stuttgart.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here