Hasil Madura United vs Persebaya, Derby Suramadu Yang Penuh Drama

0
68

Debatbola.com – Madura United baru saja menyelesaikan pertandingan melawan Persebaya pada tanggal 28 Februari 2022 atau tepatnya Senin kemarin. Pertandingan kedua klub yang dilaksanakan di Stadion Ngurah Rai tersebut berlangsung sengit. Laga bertajuk Derby Suramadu itu berhasil dimenangkan oleh Persebaya Surabaya dengan catatan skor 2-1 pada lanjutan Liga 1 Indonesia.

Kemenangan atas Madura United semakin memperpanjang rekor kemenangan Persebaya atas klub tersebut. Persebaya kini berhasil menggeser posisi Bhayangkara FC di klasemen sementara dengan membayangi Persib Bandung. Sementara Madura United masih tertahan di posisi 13 karena gagal mendapat tambahan poin.

Jalannya Pertandingan

Persebaya Surabaya tidak butuh waktu lama untuk menunjukkan keunggulannya atas Madura United di laga tersebut. Hanya dalam waktu 2 menit setelah laga dimulai, Persebaya bisa membobol gawang milik Madura United. Bruno Moreira berhasil memanfaatkan bola sapuan gagal pemain Madura United dan kemudian melesakkan bolanya ke gawang milik Hong Jeong-nam.

Melihat lawannya unggul duluan, Madura United langsung menyusun serangan balasan melalui serangan cepat ke pertahanan Persebaya. Namun hingga menit ke-20, Madura United belum bisa mencetak gol balasan. Menit ke-28, Madura United baru mendapat kesempatan untuk bisa mengimbangi skor lawan.

Fadila Akbar melakukan pergerakan menusuk kotak penalti milik Persebaya, yang kemudian membuat Ernando Ari melakukan clearance bola untuk penyelamatan. Sayang sekali kemudian wasit menunjuk titik putih dan menganggap hal tersebut sebagai pelanggaran dan berakhir penalti. Karena tak mampu menghadang bola penalti yang dilesakkan oleh Beto Goncalves, akhirnya kedudukan menjadi satu sama.

Babak kedua, Persebaya semakin meningkatkan serangannya pada Madura United. Kesempatan pertama didapatkan pada menit ke-52 oleh Arsenio Valpoort namun masih gagal. Aliran bola kedepan Persebaya mulai lancar saat Aji Santoso mengganti Arsenio dengan Samsul Arif. Setidaknya, 6 tembakan berhasil dilesatkan Persebaya di babak ke-2.

Perjuangan Persebaya akhirnya terbayarkan saat pertandingan mendapatkan perpanjangan waktu. Alie Sesay yang merupakan bek asing Persebaya menjadi pahlawan atas kemenangan Persebaya Surabaya atas Madura United. Tepatnya pada menit 90+3, Alie Sesay menyarangkan golnya ke gawang Hong Jeong-Nam dan membuat Persebaya memakukan skor 2-1 di laga Derby Suramadu itu.

Penuh Drama

Laga antara Madura United kontra Persebaya membawa banyak drama karena tingginya tensi pertandingan. Bahkan berkali-kali terjadi perselisihan antara pemain maupun pelatih dengan wasit Agus Fauzan yang bertugas kali ini. Bahkan pelatih Persebaya, Aji Santoso berkali-kali terlibat bentrok dengan Wasit Agus.

Drama pertama terjadi saat Ernando Ari berusaha melakukan clearance bola dari serangan Fadila Akbar. Wasit Agus menunjuk garis putih dan menganggap apa yang dilakukan oleh Kiper Persebaya tersebut sebagai pelanggaran dan menghadiahkan tendangan penalti. Sempat terjadi protes dari para pemain Persebaya namun tidak berhasil mengubah keputusan wasit.

Tingginya tensi pertandingan membuat jatuhnya korban cedera di babak kedua laga tersebut. Kapten Persebaya Surabaya Rachmat Irianto berbenturan di udara dengan Novan Setya yang merupakan winger Madura United. Posisi jatuh yang kurang tepat dari Novan Setya membuat winger tersebut harus dibawa keluar lapangan karena cedera.

Lagi-lagi wasit Agus kembali menuai kontroversi dan saat ini Samsul Arif menjadi korbannya. Pemain berusia 37 tahun tersebut ditekel dalam kotak penalti dan seharusnya merupakan pelanggaran yang berujung tendangan penalti. Namun rupanya wasit Agus menganggap insiden tersebut bukan pelanggaran sehingga menuai kekecewaan dari para pemain Persebaya.

Tidak cukup sampai disitu, wahana888 melihat lagi-lagi drama terjadi di menit-menit akhir pertandingan. Kali ini Ricky Kambuaya yang dijatuhkan oleh Kiper Hong Jeong-Nam menggunakan kaki di kotak penalti dan lagi-lagi dianggap bukan pelanggaran oleh Wasit Agus. Kondisi tersebut tentu saja membuat Aji Santoso selaku pelatih Persebaya geram dengan kelakuan Wasit Agus tersebut.

Seandainya dua penalti tersebut tidak digagalkan, bukan tidak mungkin Persebaya mencetak lebih banyak gol lagi di laga tersebut. Beruntung Alie Sesay berhasil mencetak gol krusial di injury time sehingga Persebaya tetap mengukuhkan diri sebagai pemenang. Berkat kemenangan tersebut, asa Persebaya untuk bisa meraih juara di musim ini menjadi terbuka lebar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here