Hasil Liga Champions Tadi Malam: Gol Salah Bawa Liverpool Juarai Grup B

0
25

Debatbola.com – Liverpool akhirnya berhasil menumbangkan Porto dengan skor akhir 2:0 pada laga kelima di grup B lanjutan Liga Champions musim 2021/2022 pada hari Kamis (25/11) dini hari tadi WIB, bertempat di Stadion Anfield.

Babak Pertama, Laga Berakhir Imbang

Bermain di kandang sendiri, Liverpool ternyata dikejutkan dengan agresivitas dari tim tamu, Porto. Sejak peluit tanda laga dimulai berbunyi, Sergio Conceicao langsung memerintahkan pasukannya untuk tancap gas.

Serangan demi serangan langsung coba diberikan ke arah lini bertahan Liverpool. Bahkan di 10 menit awal laga berjalan, Porto sudah mendapatkan dua peluang dari para pemain sayap mereka. Namun belum ada gol yang bisa mereka ciptakan.

Salah satu peluang paling berbahaya yang berhasil didapat Porto adalah di menit ke-10 ketika Luis Diaz mampu melepas operan kepada Otavio. Sayangnya bola masih melebar jauh dari sasaran. Setelah mendapatkan tekanan Liverpool mulai memberanikan diri melakukan serangan balik.

Kepanikan akhirnya terjadi di depan mulut gawang Porto. Chancel Mbemba sempat berinisiatif melakukan back-pass kepada sang penjaga gawang, Diogo Costa. Tetapi bola malah mengarah kepada Sadio Mane. Beruntung tendangan pemain asal Senegal ini hanya bergulir pelan dan mampu diamankan.

Memasuki menit ke-37 Liverpool sebenarnya berhasil mencetak gol melalui kaki Sadio Mane. Tetapi VAR menganulir gol tersebut setelah sang pemain dinyatakan lebih dulu masuk perangkap offside sebelum gol tercipta.

Setelah kejadian ini Liverpool akhirnya berhasil memegang kendali permainan dan membuat Porto terkurung setengah lapangan. Kendati demikian, hingga menit turun minum tiba, kedua kubu masih menemui kebuntuan dan babak pertama berakhir dengan skor kacamata.

Babak Kedua, Liverpool Pastikan Kemenangan

Memasuki babak kedua, Jurgen Klopp nampak merubah permainan timnya. Dia ingin timnya bermain lebih lepas agar bisa mendapatkan banyak peluang untuk mencetak gol. Ternyata apa yang diinginkan sang pelatih berhasil dipenuhi para pemain The Reds.

Pada menit ke-52 Liverpool berhasil mengubah skor menjadi 1:0 melalui gol dari Thiago Alcantara. Playmaker asal Spanyol ini sempat melepaskan tembakan voli dengan keras ke arah gawang Diogo Costa usai memanfaatkan pantulan bola.

Setelah tertinggal satu gol, skuad The Dragon -julukan Porto- kian gencar melepaskan serangan. Peluang sempat didapat oleh Otavio yang berhasil melepaskan umpan terobosan kepada Diaz yang kemudian melepaskan tembakan ke arah sudut sempit di sebelah kiri gawang. Namun tendangannya terlalu lemah dan Alisson Becker berhasil memeluk bola dengan mudah.

Memasuki menit ke-70, Porto semakin terpuruk setelah tuan rumah berhasil mencetak gol keduanya di laga dini hari tadi. Kali ini umpan satu dua yang dilakukan Jordan Henderson dan Mohamed Salah berhasil membuahkan hasil.

Salah berhasil memaksimalkan umpan tersebut dan kemudian mencatatkan namanya di papan skor. Dari waktu yang tersisa, Porto ternyata gagal menyamakan kedudukan setelah Liverpool merapatkan barisan bertahannya. Akhirnya laga berakhir dengan skor 2:0 via bursa inter303.

Melalui kemenangan dari laga dini hari tadi, Liverpool berhasil memperpanjang rekor tidak terkalahkan di fase grup ini. Sebagai hasilnya, Liverpool sudah pasti lolos dan melaju ke babak 16 besar Liga Champions setelah sebagai juara Grup B dengan koleksi 15 poin. Sedangkan Porto menduduki tempat kedua dengan hanya mengantongi lima poin.

Pada pekan selanjutnya, Porto masih akan dihadapkan pada laga sulit kontra Atletico Madrid untuk memperebutkan tiket lolos kedua dari Grup A ini. Sedangkan Liverpool akan menjadi batu sandungan untuk AC Milan yang masih berjuang untuk mendapatkan tiket ke babak selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here