Hasil Laos U19 vs Thailand U19, Laos U19 Singkirkan Thailand U19

0
29

Debatbola.com – Kompetisi Piala AFF U19 sekarang telah memasuki babak semifinal dengan dimainkannya babak semifinal tanpa leg. Salah satu laga semifinal mempertandingkan antara Laos U19 vs Thailand U19 yang bermain di Stadion Patriot Candrabhaga pada Rabu (13/7).

Sebelum Pertandingan

Laos U19 sukses menembus babak grup setelah menjadi memuncaki grup A Piala AFF U19. Tim berjuluk The National Team tersebut mengakhiri permainannya di fase grup dengan perolehan poin sempurna, 12 poin.

The National Team unggul atas Malaysia U19 di peringkat kedua dengan selisih lima angka. Empat pertandingan berhasil disapu bersih oleh Laos U19 dengan seluruhnya meraih kemenangan. Timor Leste U19, Kamboja U19 dan Singapura U19 dan Malaysia U19 semuanya sukses ditaklukkannya.

Mereka juga menjadi tim dengan pertahanan terkuat di grup B dengan hanya kebobolan 2 gol saja. Sedangkan di seluruh turnamen sang lawan, Thailand U19 menjadi yang terbaik dengan hanya kebobolan satu gol saja.

Sementara Thailand U19 sendiri berhasil mendaratkan kedua kakinya di partai semifinal lantaran menjadi runner up grup A. The War Elephants hanya berjarak tiga selisih gol dari sang pemuncak klasemen, Vietnam U19.

Dengan Indonesia U19 di peringkat ketiga, keduanya juga bernilai poin yang sama. Tetapi pasukan The War Elephants lebih diunggulkan lantaran mereka memiliki keunggulan dari segi head to head dari sang tuan rumah.

Hal tersebut sesuai dengan regulasi AFF yang kini sedang diprotes oleh pihak Indonesia U19 yang dirugikan. Padahal kubu Merah Putih telah unggul jauh dari catatan selisih gol atas Thailand U19 dengan catatan sembilan gol.

The War Elephants berhasil mencatatkan tiga kemenangan dan dua hasil seri. Tiga kemenangannya diraih atas Myanmar U19, Brunei Darussalam U19 dan Filipina U19. Sedangkan hasil seri diterima ketika menghadapi Vietnam U19 dan Indonesia U19.

Dengan hasil tersebut mereka pun dapat lolos ke babak semifinal dan harus bertemu dengan juara grup B, Laos U19. Sedangkan di partai lainnya mempertemukan juara grup A, Vietnam U19 yang menghadapi Malaysia U19.

Babak Pertama, Laos U19 Unggul Satu Gol

Kesempatan mencetak gol pertama didapatkan pasukan Thailand U19 di menit ke-5. Serangan dari sisi kiri dipimpin oleh Phanthamit Praphanth. Sang gelandang sayap kiri tersebut mengeksekusi sendiri peluang yang ada.

Dengan kaki kiri, tembakan diarahkannya tepat di dalam area penalti. Akan tetapi tendangannya mudah ditebak oleh Phounin Xavyasone dengan bola ditepis oleh sang penjaga gawang sehingga tidak membuat resiko lebih besar.

Akan tetapi bola hasil tepisannya gagal mendarat ke kaki pemainnya sendiri. Thanawut Phochai melepaskan bola kembali kepada Phanthamit Praphanth yang meneruskannya kepada Nattakit Butsing yang mengakhiri peluang.

Tendangan on target dilepaskan sang striker namun bisa kembali ditepis oleh Phounin Xavyasone. Kali ini bola tidak lagi menjadi blunder, lantaran tepisan sang penjaga gawang mengarahkan bola keluar dari lapangan.

Laos U19 akhirnya menciptakan gol di menit ke-8 diawali oleh sepakan penjuru. Bola berhasil diangkat tepat ke mulut gawang dan disambar oleh Peeter Phantavong. Striker bagi The National Team tersebut berhasil menyarangkan bola dengan tembakan telak dari jarak sangat dekat.

Berkat golnya tersebut, Laos U19 bisa memimpin lebih dulu dari sang lawan , Thailand U19 dengan skor 1-0. Laga kembali dilanjutkan akan tetapi sampai berakhirnya babak awal disertai penambahan waktu, tidak ada gol yang terjadi.

Babak Kedua, Laos U19 Cetak Gol Lagi

Bertanding kembali di babak selanjutnya, Laos U19 tidak menyurutkan semangat bertandingnya. Mereka tetap dalam permainan menyerangnya agar bisa menutup babak semifinal ini dengan kemenangan.

Hasil manis diraih pada menit ke-85 setelah bola berhasil disarangkan oleh Damoth Thongkhamsavant dari sisi kiri pertahanan Thailand U19 yang terbuka lebar. Dengan 2 gol tersebut, tiket final Piala AFF U19 menjadi milik Laos U19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here