Hasil Laga Mesir VS Maroko, Tumbangkan Maroko 2-1, Salah Bawa Timnas Mesir ke Semifinal Piala Afrika

0
86

Debatbola.com – Mesir akhirnya berhasil lolos ke Semifinal Piala Afrika 2021 setelah mengalahkan Maroko di babak perempat final dengan skor tipis 2:1. Laga ini sudah berlangsung Minggu (30/1/2022) malam kemarin di Stadion Omnisport Ahmadou Ahidjo.

Babak Pertama, Maroko Unggul Satu Gol

Bermain di kandang sendiri, Timnas Mesir terlihat tampil kurang meyakinkan. Bahkan Mohamed salah dan kolega sempat kesulitan untuk bisa menguasai bola. Kesebelasan ini juga kerap sekali salah dalam memberikan umpan dan akhirnya menjadi keuntungan untuk Timnas Maroko. Laga babak pertama baru memasuki menit ketujuh, gawang El Pharaoh –julukan Timnas Mesir –  sudah kebobolan lebih dulu.

Maroko mampu mencetak gol pertamanya melalui tendangan penalti. Awal mula kejadian ini ketika Achraf Hakimi yang tengah membawa bola dijatuhkan oleh pemain bertahan Mesir di dalam kotak terlarang. Akhirnya hakim pertandingan menjatuhkan hukuman penalti untuk kubu tuan rumah. Sofiane Boufal yang menjadi eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dan membuat timnya unggul 0:1.

Setelah kebobolan satu gol Mesir langsung melakukan respon cepat. Mereka kemudian membangun serangan lebih intens dan membuat laga berjalan semakin sengit. Sedangkan Maroko yang semakin percaya diri juga semakin bersemangat dalam membangun serangan untuk menggandakan keunggulan. Alhasil jual beli serangan antara kedua kubu membuat jalannya laga semakin menarik.

Memasuki separuh laga di babak pertama, Mesir yang sudah mulai panas berhasil menguasai bola. Beberapa peluang hadir dari aksi striker Liverpool, Mohamed Salah. Akan tetapi penjaga gawang Maroko, Yassine Bounou tampil gemilang di bawah mistar gawang. Sampai laga paruh pertama selesai, pasukan Singa Atlas –julukan Maroko- berhasil mempertahankan keunggulannya.

Babak Kedua, Mesir Samakan Kedudukan

Memainkan laga di babak kedua, Mesir langsung tancap gas untuk bisa menyamakan kedudukan. Permainan tempo cepat coba diperagakan pasukan Carlos Queiroz dengan mengandalkan Mohamed Salah sebagai ujung tombak serangan. 

Empat menit awal di babak kedua, Trezeguet hampir saja menyamakan kedudukan andai tendangannya masuk ke dalam gawang. Akan tetapi pada kenyataannya tendangan pemain bernomor punggung tujuh ini hanya melipir di samping gawang.

Setelah terus melakukan tekanan ke benteng pertahanan Maroko, Mesir akhirnya berhasil membuat laga kembali menjadi imbang di menit ke-53. Tendangan kaki Mohamed Salah berhasil menjebol gawang Yassine Bounou dan membuat skort berubah menjadi 1:1. 

Tidak ingin berlama-lama, Maroko langsung melepas serangan berbahaya di menit ke-64 untuk membalas kebobolan. Sundulan dari Nayef Aguerd hampir saja menjadi gol setelah menyambut bola dari tendangan bebas. Namun bola masih melayang di atas gawang.

Selama sepuluh menit menjelang laga berakhir Maroko berbalik menguasai bola dan menekan Mesir. Akan tetapi sampai peluit panjang berbunyi posisi skor masih bertahan di angka 1:1. Hasil ini akhirnya memaksa kedua kubu untuk melanjutkan duel ke babak tambahan.

Babak Tambahan, Mesir Kunci Kemenangan

Duel selama 90 menit ternyata belum bisa menunjukkan siapa yang lebih kuat antara Timnas Mesir ataupun Timnas Maroko. Kini tenaga kedua kesebelasan terpaksa diperas di babak tambahan waktu. Maroko sempat mendominasi di babak pertama. Akan tetapi penyelesaian akhir yang kurang maksimal membuat tim tamu kehilangan peluang. Hal ini kemudian mampu dimanfaatkan oleh Mesir.

Ketika laga menunjukkan menit ke-104, Trezeguet yang masuk dari bangku cadangan di babak kedua berhasil mencetak gol. Eks punggawa Aston Villa ini berhasil menyarangkan bola ke gawang Maroko usai menerima umpan silang dari Salah. Skor kemudian berubah menjadi 2:1. 

Sejak gol ini tercipta, Mesir kemudian bermain aman dengan merapatkan benteng bertahan mereka. Alhasil sampai laga benar-benar selesai, Mesir mampu mempertahankan keunggulan dan menang atas Maroko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here