Hasil Laga Jepang VS China, Tampil Impresif, Jepang Tumbangkan China Dengan Skor 2-0

0

Debatbola.com – Timnas Jepang akhirnya berhasil kembali memetik tiga poin sempurna setelah mampu mengalahkan China dengan skor 2:0 di Stadion Saitama dalam laga putaran ketujuh Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (27/1/2022) malam kemarin WIB.

Babak Pertama, Jepang Unggul Satu Gol

Bermain di kandang sendiri, Jepang mampu tampil impresif dan menguasai jalannya bola. Hal ini kemudian memaksa China hanya bermain setengah lapangan dan selalu berada di bawah tekanan. Bahkan solidnya permainan Jepang membuat tim tamu kewalahan untuk melakukan serangan.

Tekanan yang selalu dilancarkan tim asuhan Hajime Moriyasu akhirnya memaksa benteng bertahan China melakukan kesalahan. Bek dari Timnas China, Zheng Zheng tidak sengaja melakukan handball. Akhirnya hakim pertandingan menunjuk titik putih dan memberikan hadiah penalti untuk tuan rumah. Yuya Osako yang mengambil eksekusi tendangan penalti berhasil menyarangkan bola dan membuat kedudukan menjadi 1:0.

Tidak puas hanya dengan satu gol, para pemain Jepang kemudian semakin semangat dalam membangun serangan. Beruntung China memiliki penjaga gawang yang tangguh. Jan Yunling mampu tampil gemilang di laga ini dan beberapa kali melakukan penyelamatan krusial. 

Hal ini tentu saja membuat lini tengah dari pasukan Samurai Biru –julukan Jepang- kewalahan dalam mencetak gol. Sampai menit turun minum tiba, skor masih tidak berubah.

Babak Kedua, Jepang Pastikan Kemenangan

Memasuki babak kedua, Jepang nampak semakin percaya diri. Hal ini terbukti ketika mereka mulai membangun serangan bahkan ketika babak kedua baru saja dimulai. China yang masih bermain setengah lapangan akhirnya gagal mengembangkan strategi bermain mereka. Bahkan di menit ke-62, Jepang berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2:0.

Aktor dibalik gol kedua tuan rumah adalah Junya Ito. Gol berawal dari umpan silang dari Yuta Nakayama yang kemudian ditanduk oleh Junya Ito dan menjadi gol kedua untuk Jepang. Gol ini kemudian membuat tuan rumah semakin percaya diri. Bahkan kali ini Jepang terlihat mulai bermain lepas seperti tanpa beban.

Karena masih tertinggal dua gol, China sempat beberapa kali mencoba membangun serangan, akan tetapi permainan mereka nampak kurang efektif. Alhasil setiap peluang yang sudah mereka dapatkan hanya terbuang sebelum mendekati gawang. Hal ini terus berlanjut hingga peluit panjang berbunyi tanda laga usai. Karena gagal mengikis ketertinggalan, China harus mengakui kekalahan 2:0 dan menyerahkan kemenangan untuk Jepang.

Situasi Klasemen Terbaru

Kemenangan ini sangat penting untuk Jepang. Sebab mereka mampu mengunci tiket ke Piala Dunia 2022 mendatang. Suntikan tiga poin di laga ini juga membuat Jepang bertahan di peringkat kedua dari Grup B dengan koleksi 15 poin. Jika dalam tiga laga kedepan mereka bisa tampil konsisten, besar peluangnya untuk tim ini menjadi wakil Asia di Piala Dunia.

Di sisi lain, China masih harus berjuang keras untuk bisa memperbesar peluang mereka mendapatkan tiket play-off. Kekalahan ini menempatkan China di urutan kelima klasemen Grup B dengan hanya memiliki koleksi lima poin. Butuh setidaknya sembilan poin lagi untuk bisa berada di peringkat ketiga. 

Dengan kata lain, mereka harus menang dalam tiga laga beruntun. Itupun kalau Australia gagal menambah poin. Jika Australia berhasil menambah poin, maka kesempatan China untuk mendapatkan tiket play-off bisa sirna.

Susunan pemain Jepang kontra China

Japan (4-5-1): Gunda (GK), Nagato, Sakai, Taniguchi, Itakura, Endo, Tanaka, Morita, Da Zuo, Minami, Ito.

China (4-2-3-1): Yan Junling (GK), Zheng Zheng, Zhang Linpeng, Jiang Guangtai, Wang Shencao, Zhu Chenjie, Hao Junmin, Wu Xi, Xu Xin, Wu Lei, Zhang Yuning.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version