Hasil Laga Espanyol VS Barcelona, Berkat Gol De Jong Barcelona Selamat dari Kekalahan

0
71

Debatbola.com – Barcelona akhirnya berhasil memaksa Espanyol untuk berbagi satu poin usai laga Derby Catalunya berakhir imbang dengan skor 2:2. Laga ini merupakan laga pekan ke-24 lanjutan dari Liga Spanyol musim 2021/2022.

Babak Pertama, Laga Berakhir Imbang

Berlaga di RCDE Stadium pada hari Senin (14/2/2022) dini hari tadi WIB, Barcelona sebagai tim tamu berhasil tampil menggigit sejak menit awal laga dimulai. Xavi nampaknya meminta timnya untuk menghasilkan gol cepat. 

Akhirnya keinginan itupun terkabul di menit kedua melalui aksi Pedri. Berbekal ketenangan yang dimiliki, Pedri kemudian mengkonversi umpan manis dari Jordi Alba dan menyarangkan bola ke dalam gawang Diego Lopez. Skor kemudian berubah menjadi 0:1.

Setelah kebobolan satu gol, Espanyol kemudian meresponnya dengan langsung membangun serangan. Tim besutan Vicente Moreno ini juga tidak rela dipermalukan di hadapan publik sendiri sehingga timnya kini berusaha mencari gol penyeimbang. 

Akan tetapi kendala utama yang dialami Espanyol adalah kesulitan untuk membuka ruang di lini bertahan Barcelona. Ronald Araujo dan juga Gerard Pique mampu mengawal pertahanan timnya dengan solid dan menyulitkan para penyerang tim tuan rumah.

Memasuki lima menit menjelang waktu normal, tepatnya di menit ke-40 Espanyol akhirnya menemui jalan keluar. Tembakan melengkung yang dihasilkan oleh kaki Darder berhasil menjebol gawang Marc-Andre Ter Stegen. Skor akhirnya kembali imbang 1:1 dan tidak mampu berubah sampai laga babak pertama selesai.

Babak Kedua, Laga Kembali Berakhir Imbang

Memasuki duel di paruh kedua laga dini hari tadi, kedua kubu nampak menaikkan tempo permainan mereka. Kali ini Barcelona masih menampilkan permainan cepatnya. Memasuki menit ke-57, Gavi sempat menjebol gawang Diego Lopez dan sempat melakukan selebrasi. 

Akan tetapi wasit menggagalkan selebrasi yang dilakukan Gavi dan menganulir golnya. Rekaman VAR menunjukkan jika Frenkie de Jong yang memberikan umpan kepada Gavi sudah lebih dulu terjebak offside.

Alih-alih kembali memimpin pertandingan, Barcelona malah tertinggal lebih dulu dari Espanyol. Pada menit ke-64, Marc-Andre Ter Stegen kalah dalam duel satu lawan satu dengan Raul De Tomas dan akhirnya gol kedua Espanyol tercipta. Gol kedua tuan rumah ini tercipta setelah De Tomas lolos dari jebakan offside yang coba dipasang oleh para pemain bertahan Barcelona.

Setelah kebobolan untuk kedua kalinya, perjuangan Barcelona kembali berada di jalan terjal. Terlebih lagi para pemain bertahan Espanyol semakin memperketat pertahanan mereka. Hal ini tentu saja menyulitkan Ferran Torres dan kolega untuk mencari gol penyeimbang. Namun Xavi dari pinggir lapangan terus menyuntikkan semangat kepada timnya agar tidak lelah untuk mencoba.

Setelah melakukan serangkaian percobaan, Barcelona masih kesulitan untuk menyamakan kedudukan bahkan ketika laga sudah menunjukkan 90 menit waktu normal. Pada menit ke-90+2, wasit sempat menghentikan laga sesaat setelah terjadi pelanggaran yang melibatkan pemain dari kedua kesebelasan. 

Meningkatnya tensi pertandingan sempat membuat Gerard Pique dan juga Nico Ribaudo bersitegang. Melihat kejadian tersebut, Wasit kemudian memberi kedua pemain tersebut kartu kuning kedua dan mengusir mereka dari lapangan.

Kekurangan masing-masing pemain akhirnya menguntungkan Barcelona. Tidak lama kemudian, di menit ke-90+6 Barcelona berhasil menyarangkan gol penyeimbang melalui aksi Luuk De Jong dan merubah skor menjadi 2:2. Gol ini sekaligus menjadi gol penutup di laga ini dan pertandingan berakhir imbang.

Situasi Klasemen Terkini

Berkat hasil imbang di laga dini hari tadi, Espanyol akhirnya hanya mendapatkan suntikan satu poin. Wahana888 mencatatkan untuk tim ini hanya bertahan di peringkat ke-13 dengan koleksi 28 poin.

Di sisi lain, Barcelona yang juga membawa pulang satu poin tambahan masih bisa bertahan di zona Champions. Skuad Blaugrana tetap mengunci peringkat keempat dengan mengoleksi sebanyak 39 poin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here