Hasil Laga Amerika Serikat VS Panama, Hattrick Christian Pilulisic Bawa AS Menang 5-1 atas Panama

0
48

Debatbola.com – Pesta Gol di kandang sendiri, Amerika Serikat kian dekat dengan Piala Dunia setelah menumbangkan Panama dengan skor 5:1 pada laga Kualifikasi Piala Dunia zona Amerika U & S & Karibia, Senin (28/3/2022) pagi WIB.

Babak Pertama, Amerika Serikat Unggul Empat Gol

Berlaga di hadapan publik sendiri, Christian Pulisic dan kolega tampil sangat meyakinkan. Dari segi statistik sebelum laga, tuan rumah memang sudah lebih diunggulkan dibanding dengan Timnas Panama. Tidak hanya itu, Timnas Amerika Serikat juga memiliki sederet pemain bintang yang membuatnya lebih unggul dibandingkan dengan Timnas Panama.

Meski demikian Timnas Panama kali ini memiliki modal benteng bertahan yang cukup solid dan sempat membuat tuan rumah kewalahan menembusnya di menit-menit awal. Sejak babak pertama bergulir, Panama sempat menyerang lebih dulu. Akan tetapi aliran bola mereka selalu terhenti oleh para pemain bertahan Amerika Serikat. 

Memasuki menit keempat Fidel Escobar sempat melepas tembakan ke arah gawang tuan rumah. Sayangnya bola masih melayang di atas gawang milik Zack Steffen. Pada menit ke-17 Panama tertimpa sial setelah Anibal Godoy menjatuhkan Walker Zimmerman di dalam kotak penalti. 

Christian Pulisic kemudian ditugaskan menjadi algojo tendangan penalti dan sukses mencetak gol perdana untuk timnya. Tidak berselang lama, di menit ke-23 Amerika Serikat berhasil menggandakan keunggulan melalui sepakan Paul Arriola. Skor kemudian berubah menjadi 2:0. Empat menit setelah gol kedua, Jesus Ferreira berhasil mencetak gol ketiga tuan rumah berkat umpan dari Paul Arriola.

Unggul tiga gol membuat Amerika Serikat semakin percaya diri. Penguasaan bola kini menjadi milik mereka dan memaksa Panama untuk lebih fokus memainkan skema bertahan. Menjelang laga babak pertama usai, Christian Pulisic berhasil mencetak brace melalui tendangan penalti dan membuat timnya semakin unggul di menit ke-45+4. Panama yang gagal mengejar selisih gol akhirnya menyudahi duel babak pertama dengan skor 4:0 tanpa balas.

Babak Kedua, Panama Bangkit

Malkoni laga babak kedua, Panama nampak mengubah cara bermain mereka. Kali ini tim yang dinahkodai Thomas Christiansen ini mampu bermain lebih rapi. Akan tetapi efektifitas permainan yang ditampilkan Amerika Serikat masih cukup sulit untuk dibendung oleh Timnas Panama. 

Meski demikian Panama harus tetap berusaha mengejar kemenangan di laga kali ini karena mereka mengejar tiket play-off di zona Amerika U & S & Karibia ini. Di menit awal tuan rumah langsung memasukkan Gio Reyna dan Kai Acosta untuk menggantikan Paul Arriola dan Yunus Musah. 

Masuknya Gio Reyna langsung membawa perubahan. Dia langsung mendapatkan bola dan melepas tembakan spekulasi berbahaya ke gawang Panama. Sayangnya bola masih bergulir di samping gawang. Beberapa saat kemudian Panama mendapatkan tiga peluang beruntun untuk mencetak gol. Sayangnya solidnya lini bertahan Amerika Serikat masih mampu meredamnya.

Pada menit ke-65 Christian Pulisic berhasil mencetak hattrick melalui open play dengan memanfaatkan umpan cantik dari Antonee Robinson. Skor kemudian berubah menjadi 5:0. Panama yang belum patah arang masih berusaha untuk mengikir ketertinggalan. Berbagai model serangan mereka lancarkan ke jantung pertahanan tuan rumah. Meski kebanyakan usaha tersebut masih menemui kegagalan.

Tensi laga nampak kian memanas karena Panama masih berambisi untuk membalas kebobolan mereka. setelah menunggu sekian menit, pada menit ke-86 Anibal Godoy berhasil membalaskan kebobolan timnya. Umpan cantik dari Eric Davis berhasil dimaksimalkan untuk merubah skor menjadi 5:1. Sayangnya sampai laga bubaran, skor 5:1 tidak bisa berubah lagi dan Amerika Serikat berhasil keluar sebagai pemenangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here