Hasil Kuwait vs Indonesia, Kemenangan Berarti Untuk Skuad Garuda

0
32

Debatbola.com – Indonesia baru saja menyelesaikan pertandingan perdananya di babak kualifikasi grup Piala Asia 2023. Melawan Kuwait selaku sang tuan rumah, Indonesia berhasil keluar sebagai pemenang. Mencatatkan 2 gol selama pertandingan, Indonesia mengakhiri laga dengan skor 2-1 dan menang atas Kuwait.

Kemenangan yang diperoleh Timnas Indonesia kali ini memiliki arti yang cukup besar. Indonesia berhasil membuktikan kualitasnya dalam kondisi yang tidak memungkinkan serta adanya masalah baru. Berkat kemenangan tersebut, Indonesia juga berhasil menaikkan rangkingnya di FIFA.

Jalannya Pertandingan
Bermain di markas Kuwait, Indonesia fokus untuk merapatkan pertahanan sejak laga berlangsung. Namun, Timnas Indonesia dengan percaya dirinya sempat memberikan serangan-serangan mematikan. Jual beli serangan antar dua tim pun berlangsung dengan cukup sengit.

Sanggup bertahan cukup lama, pertahanan Indonesia akhirnya bobol juga di menit ke-40. Tandukan Yousef Al Sulaiman gagal ditepis oleh Nadeo Argawinata dan membuat Kuwait unggul pertama kali. Namun, Indonesia berhasil mencegah tuan rumah menutup babak pertama dengan keunggulannya.

Menjelang babak pertama diakhiri, Rachmat Irianto dilanggar oleh kiper Kuwait di kotak penalti. Karena hal itulah Indonesia mendapat hadiah tendangan penalti yang kemudian dipercayakan pada Marc Klok. Tepat di menit ke-44, bola tendangan Klok menembus gawang Kuwait dan menjadikan skor imbang ketika turun istirahat.

Serangan Indonesia kian membahayakan pertahanan Kuwait saat pertandingan memasuki babak kedua. Hanya dua menit sejak peluit babak kedua dibunyikan, gol kedua Indonesia tercetak berkat Rachmat Irianto. Memanfaatkan kemelut di area berbahaya, Irianto mengarahkan bolanya menembus gawang Kuwait.

Pasca gol cepat tersebut, Kuwait terus berusaha menembus pertahanan Indonesia demi menambah jumlah golnya. Gawang milik Nadeo dibobol Al Sulaiman di menit ke-51 yang kemudian dianulir karena offside. Di menit ke-81, Indonesia sendiri juga hampir mencetak gol ketiga melalui Witan yang bisa digagalkan pemain Kuwait.

Menjelang akhir pertandingan, Kuwait tidak mengendorkan serangannya ke pertahanan Indonesia. Sayang sekali pertahanan skuad Garuda cukup solid dan sulit ditembus oleh pemain tuan rumah. Hingga akhir laga, skor 1-2 tidak berubah dan membuat Indonesia keluar sebagai pemenang.

Sebuah Masterpiece
Kemenangan atas Kuwait kali ini merupakan kemenangan yang sangat berarti untuk Timnas Indonesia. Bahkan kemenangan kali ini bisa dikatakan sebagai “masterpiece” dari taktik Shin Tae-Yong. Pasalnya Indonesia sempat diragukan untuk bisa menang ditengah situasi yang tidak mendukung.

Rupanya kondisi tersebut tidak berpengaruh pada pelatih dan juga pemain yang justru bermain dengan cukup berbeda dibandingkan Timnas biasanya. Semangat juang para punggawa Timnas sangat terlihat di pertandingan itu dengan fokus dan strategi yang tepat. Indonesia bahkan bisa bangkit dan memenangkan pertandingan meskipun kebobolan lebih dulu.

Berkat kemenangan atas Kuwait kali ini Indonesia bisa memutus rekor buruk selama 42 tahun atas tuan rumah. Terakhir kali Indonesia mengalahkan Kuwait yaitu pada tahun 1980 lalu. Dalam beberapa pertandingan sebelum laga kemarin, Indonesia selalu meraih kekalahan.

Dua gol kemenangan Indonesia dicetak oleh dua pemain Persib Bandung yaitu Marc Klok dan Rachmat Irianto. Tampil cukup buruk selama SEA Games kemarin, kini Irianto telah membayar lunas keraguan dari Shin Tae-Yong. Kini Pemain asal Surabaya itu menjadi pahlawan kemenangan untuk Indonesia.

Selaku pelatih, Shin Tae-Yong bahkan tidak percaya anak asuhnya akan menang di pertandingan melawan Kuwait. Pasalnya Indonesia bermain di laga tandang dan diprediksi akan melakoni laga yang cukup sulit. Bahkan Shin Tae-Yong sampai bertanya-tanya mengenai kualitas pemain Kuwait yang selama ini difavoritkan menjadi pemenang.

Posisi Saat Ini
Indonesia berhak menduduki posisi ke-2 di klasemen sementara grup A babak penyisihan grup di Piala Asia. Sebenarnya, Indonesia memiliki poin yang sama dengan Yordania yang juga meraih kemenangan atas Nepal. Namun Indonesia kalah selisih jumlah gol dengan Yordania yang mencatatkan clean sheet di pertandingan perdananya.

Kuwait sendiri berposisi tepat dibawah Indonesia dengan perolehan tanpa poin karena gagal meraih kemenangan. Sang tuan rumah berhak menduduki posisi tersebut meskipun memiliki poin yang sama dengan Nepal. Hal tersebut dikarenakan Kuwait berhasil mencatatkan satu gol, sementara Nepal masih belum sama sekali.

Berkat kemenangan tersebut ranking FIFA Timnas Indonesia juga berhasil naik setelah sebelumnya gagal. Indonesia berhasil menggeser posisi Singapura di posisi 158 dengan mengumpulkan sebanyak 1014,71 poin. Sementara Kuwait sendiri harus turun setidaknya 5 peringkat karena kekalahan tersebut.q

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here