Hasil Kualifikasi Liga Champions Benfica vs Spartak Moscow, As Aguias Sukses Melaju Ke Babak Playoff

0
199

Debatbola.comKualifikasi Liga Champions telah berada di fase terakhirnya. Dua belas klub telah dipastikan lolos dan akan saling bertarung memperebutkan enam tiket untuk lolos langsung ke Liga Champions. Bagi tim yang tidak lolos, Liga Europa sudah menanti.

Benfica yang tampil di hadapan para pendukungnya sendiri berhasil mencuri tiket lolos dari tim tamu, Spartak Moscow. Agregat kedua tim pun bertambah menjadi 4-0 berkat dua gol yang diciptakan pada leg kedua ini oleh tuan rumah.

Babak Pertama, Seluruh Peluang Gagal Dikonversi Menjadi Gol

Bertanding di markas sendiri dengan membawa kemenangan pada leg pertama, membuat Benfica dapat bermain tanpa beban berarti. Namun bukan karena telah unggul 2-0 mereka tidak mencoba untuk menyerang.

Peluang emas tercipta bagi Benfica tepat di menit ke-20. Umpan silang panjang Joao Mario sukses melambung di atas hadapan kiper musuhnya. Sayang, Julian Weigl yang dituju tidak mampu meraih umpan tersebut. Padahal kiper Spartak Moscow sudah berlari meninggalkan kediamannya.

Empat menit kemudian, peluang kembali hadir untuk tuan rumah. Umpan silang kembali menjadi andalan tim asal ibukota Portugal tersebut. Alejandro Grimaldo yang bergerak dari sisi kiri berhasil mengirimkan crossing.

Crossing tersebut pun diteruskan dengan sundulan pelan oleh Rafa Silva kepada Pizzi. Kapten tim yang berjuluk As Aguias itu sudah mencoba berkali-kali menendang ke gawang yang dikawal Aleksandr Maksimenko. Namun selalu dapat dimentahkan pemain bertahan.

Dua peluang yang gagal diubah menjadi gol itu menjadikan kedudukan tetap sama kuat 0-0. Wasit yang bertugas, Anthony Taylor pun memberhentikan laga karena waktu babak pertama telah habis dan laga harus rehat sejenak.

Babak Kedua, Benfica Akhirnya Mencetak Gol

Tuan rumah akhirnya unggul pada babak kedua tepatnya di menit ke-58. Kerjasama serangan balik dengan skema umpan-umpan pendek berhasil dieksekusi dengan sempurna oleh Joao Mario. Sebelumnya gelandang tengah asal Portugal itu memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Rafa Silva. Kedudukan menjadi 1-0 untuk As Aguias.

Setelah gol tersebut, skuat arahan Jorge Jesus tersebut masih menampilkan serangan-serangan mengancam. Namun faktor finishing menjadi hal yang harus segera dilatih kembali saat latihan diadakan oleh sang pelatih.

Terbukti Everton yang mendapatkan umpan lambung sudah berdiri tanpa pengawalan di daerah pertahanan musuh. Akan tetapi eksekusi bola winger timnas Brasil yang bermain di Copa America itu hanya melambung. Tanpa sekalipun mengarah ke gawang Spartak Moscow.

Tak berhenti sampai di situ, Benfica kembali menghadirkan ancaman yang sukses diubah menjadi gol. Namun bukan punggawanya yang membuat gol kedua ini melainkan gol bunuh diri dari bek tengah Spartak Moscow, Samuel Gigot.

Serangan tim dari kerjasama antara Joan Mario dan Roman Yaremchuk berhasil mencapai jantung pertahanan wakil Rusia. Roman Yaremchuk yang mendapatkan bola langsung mengeksekusi ke gawang yang dijaga oleh Aleksandr Maksimenko.

Namun bola hasil sepakan penyerang pengganti tersebut malah membentur bek tengah musuh, Samuel Gigot. Karena kerasnya tendangan striker asal Ukraina tersebut bola pun masuk dan menjadi gol kedua bagi Benfica. Hingga babak kedua berakhir, gol bunuh diri tadi adalah gol terakhir.

Benfica Berhak Melaju Ke Babak Akhir

Setelah menundukkan sang penantang, Benfica pun akhirnya berhak mendapatkan tiket untuk lolos ke babak akhir. Klub yang berjuluk As Aguias ini telah ditunggu oleh runner up Eredivisie musim lalu, PSV Eindhoven.

PSV Eindhoven sendiri baru saja mengalahkan wakil dari Denmark, FC Midtjylland dengan agregat yang sama dengan Benfica, 4-0 di aggregat akhir bursa inter303. Dimana gol tunggal dari Bruma menjadi satu-satunya gol di pertandingan leg kedua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here