Hasil Kanada vs Amerika Serikat, Serangan Balik Ampuh Tuntaskan Kemenangan Skuat Kanada

0
85

Debatbola.com – Pertandingan matchday ke-10 Kualifikasi Piala Dunia Zona Concacaf terhelat di Tim Hortons Field. Laga mempertemukan partai big match antara dua kekuatan terbesar di zona Concacaf antara timnas Kanada melawan Amerika Serikat. Laga antara kedua tim tersebut dilaksanakan pada Senin dini hari (31/1) pukul 03.00 WIB.

Dari catatan statistik pertandingan sejatinya Amerika Serikat bermain lebih agresif. Pasalnya skuat asuhan Gregg Berhalter tersebut mampu mencatatkan total 13 kali serangan ke gawang tuan rumah. Berbanding 8 kali percobaan milik timnas Kanada.

Akan tetapi dari segi efektivitas serangan, timnas Kanada yang berjuluk The Canucks itu mampu mengungguli tim tamu. Mereka sanggup melontarkan total 4 kali serangan on target bila dibandingkan 3 milik Amerika Serikat.

Dari penguasaan bola juga skuat tuan rumah kalah dari tim berjuluk The Yanks. Sebab mereka hanya sanggup menghasilkan persentase 36 % dan jika dibandingkan milik Amerika Serikat adalah 64 %. Maka dari segi permainan, tim asuhan Gregg Berhalter mendominasi juga.

Babak Pertama, Timnas Kanada Sudah Unggul

Sejak awal-awal pertandingan, skuat Kanada memang digempur terus-terusan oleh pasukan dari negeri selatan. Mereka pun menunggu hingga sang tamu melakukan kesalahan dan langsung menyerang melalui taktik serangan balik.

Serangan pertama tercipta pada menit ke-6, Sam Adekugbe mengintercept bola yang sejatinya diumpankan ke arah Sergino Dest. Lalu dengan kecepatannya bek sayap tersebut membawa bola ke pertahanan musuh.

Sayang Tajon Buchanan yang dipercaya oleh Sam Adekugbe dengan diberikan operan pendek tidak dapat mengontrol bola dengan baik. Pemain bertahan Amerika Serikat pun sanggup mencuri bola dan membuangnya namun justru mengenai kaki Tajon Buchanan.

Gol baru tercipta beberapa detik kemudian berawal dari tendangan gawang yang dilaksanakan Matt Turner. Kamal Miller, bek Kanada mampu mengambil alih bola dan lantas mengirimkan ke para penyerangnya.

Tercipta kerjasama umpan-umpan pendek antara ketiga orang pemain depan The Canucks. Jonathan Osorio melakukan umpan pendek ke arah Jonathan David. Kemudian striker Lille tersebut membuat one two pass dengan Cyle Larin. Dimana umpan tersebut disudahi menjadi gol oleh striker berusia 29 tahun itu.

Gol ini melecutkan semangat para pemain Amerika Serikat untuk terus menyerang namun usaha mereka nihil. Peluang terbaik mereka tercipta di menit ke-43 melalui kreasi sepak pojok Christian Pulisic. Winger Chelsea tersebut mengumpankan bola ke kerumunan pemain di kotak penalti.

Weston McKennie berhasil meraih bola dan menanduknya ke arah gawang dan berbuah on target. Beruntung The Canucks masih mempunyai kiper andalan mereka, Milan Borjan yang sigap menghalau bola sehingga tidak terjadi gol.

Babak Kedua, Kanada Tambah Gol Lagi

Menit ke-53 timnas Kanada mendapatkan kans emas untuk menambah keunggulannya lewat kreasi serangan balik. Jonathan David mampu membawa bola sendirian melewati hadangan beberapa pemain bertahan Amerika Serikat.

Bola pun diarahkan ke sisi kanan kepada Cyle Larin yang masih bebas tak terkawal. Lalu sang striker melepaskan umpan silang ke arah Jonathan David di dalam area penalti sang lawan. Sayangnya umpan tersebut tidak disambut oleh siapa-siapa dan bisa dikuasai Sergino Dest.

Beberapa detik berikutnya Sergino Dest hendak melakukan clearance namun malah mengenai kaki Sam Adekugbe dan dikuasai Jonathan David kembali. Sang striker pun melepaskan tembakannya sayang masih bisa dimentahkan Matt Turner begitu juga dengan percobaan kedua oleh Cyle Larin.

Gol penambah keunggulan skuat asuhan John Herdman baru lahir di menit-menit perpanjangan waktu babak kedua. Kembali tim tuan rumah memanfaatkan serangan balik cepat yang diinisiasi oleh Sam Adekugbe. Solo run bek sayap Hatayspor tersebut diselesaikan dengan tembakan dari luar area penalti dan merubah skor menjadi 2-0.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here