Hasil Jerman vs Italia, Kekalahan Memalukan Mantan Juara

0
27

Debatbola.com – Jerman baru saja menyelesaikan pertandingan ke-4 nya di Liga Negara UEFA fase grup dengan Italia yang menjadi lawannya. Pertemuan Timnas kedua negara yang berlangsung pada tanggal 15 Juni 2022 itu berakhir memuaskan untuk tuan rumah. Jerman berhasil pesta gol di gawang Italia dan membuat skor 5-2 menjadi skor akhir pertandingan.

Bermain di Borussia-Park, Jerman tampil cukup apik dan menguasai pertandingan. Tidak tanggung-tanggung, 5 gol berhasil dicetak Jerman yang hanya mampu dibalas dengan 2 gol saja. Kekalahan tersebut tentu sangat memalukan untuk Italia yang di musim sebelumnya keluar sebagai juara.

Jalannya Pertandingan
Sejak pertandingan dimulai, Jerman memang terlihat mendominasi jalannya pertandingan. Jerman juga langsung berinisiatif untuk menyerang terlebih dahulu pada pertandingan tersebut. Namun, saat laga memasuki menit ke-8. Italia sempat memaksimalkan serangan balasan yang membuat gawang Jerman hampir kebobolan dua kali.

Terus mencoba menggempur pertahanan, akhirnya pada menit ke-10 gol pertama Jerman tercipta. Gol itu berasal dari umpan yang dilakukan oleh David Raum ke tengah kotak pinalti yang kemudian diterima oleh Joshua Kimmich. Berhasil memenangkan pertarungan dengan Donnarumma, bola Kimmich berhasil bersarang di gawang Italia.

Selama 30 menit, Italia kesulitan menembus pertahanan Jerman dan mencetak gol balasan. Petaka justru terjadi saat Bastoni melanggar Hofmann di kotak terlarang yang berakibat hadiah pinalti untuk Jerman. Dipercayakan pada Ilkay Gundogan untuk mengeksekusi bola, Jerman sukses mengakhiri babak pertama dengan dua gol.

Keganasan Jerman dalam menyerang kian bertambah ketika pertandingan memasuki babak kedua. Thomas Muller berhasil mencetak gol ketiga Jerman dengan memanfaatkan bola liar karena kacaunya lini belakang Italia. Menggunakan tembakan setengah voli, tepat pada menit ke-51 bola sepakan Muller bersarang di gawang Donnarumma.

Rupanya Skor 3-0 masih belum memuaskan untuk Jerman dan kembali menyerang pertahanan Italia. Kali ini Timo Werner yang mencatatkan brace dalam waktu yang berdekatan tepatnya di menit ke-68 serta ke-69. Gol pertama tercetak berkat skema permainan sempurna dari Werner, sedangkan gol kedua berasal dari Blunder Donnarumma.

Tertinggal dengan skor 5-0 membuat Italia terus bekerja keras untuk memperpendek jarak. Akhirnya pada menit ke-78 gol pertama milik Italia berhasil dicetak oleh Wilfried Gnonto. Dengan memanfaatkan kesalahan dari Neuer, Gnonto mengirimkan tendangan rebound ke gawang Jerman.

Berhasil mencetak satu gol, Italia kembali berusaha untuk bisa menambah jumlah golnya. Gol kedua Italia berhasil dicetak di menit ke-90+4 atau tepat semenit sebelum pertandingan resmi dihentikan wasit. Berkat gol tersebut, Italia mengakhiri laga dengan skor 5-2 dengan kemenangan untuk Jerman.

Statistik Pertandingan
Berdasarkan catatan statistik selama pertandingan, Jerman memang menguasai jalannya pertandingan dengan total 66% penguasaan bola. Selain itu, Jerman juga berhasil menciptakan sebanyak 17 peluang dengan 9 tendangan yang mengarah ke gawang. Dari semua peluang itu, total 5 gol yang dicatatkan oleh Jerman hingga akhir laga.

Italia sendiri hanya mampu menguasai bola sebesar 34% selama pertandingan berlangsung. Sebenarnya, Italia berhasil menciptakan peluang sebanyak 14 kali dengan 6 diantaranya berhasil mengarah ke gawang milik Jerman. Namun dari semua peluang itu, Italia hanya mampu mencatatkan 2 gol saja hingga akhir pertandingan.

Jerman Pesta Gol
Berhasil mengalahkan Italia, Jerman bukan hanya bisa menambah 3 poin di pertandingan tersebut. Akan tetapi Jerman berhasil mempermalukan Italia dengan membobol gawangnya sebanyak 5 kali. Brace yang dicetak Timo Werner dan gol dari 3 pemain lain membuat Jerman berhasil menggunduli Italia.

Berkat tambahan 3 poin, Jerman kini menduduki posisi 2 di klasemen sementara dengan total 6 poin. Hasil tersebut membuat jarak Jerman dengan Hungaria yang berada di puncak hanya satu poin saja. Dengan tersisa dua pertandingan, peluang Jerman untuk lolos ke semifinal masih terbuka lebar.

Di lain sisi, Kekalahan yang diperoleh Italia atas Jerman di pertandingan kali ini tentu sangat memalukan untuk Timnas negara tersebut. Pasalnya Italia sebelumnya berstatus sebagai Juara Liga Negara UEFA 2020.

Menurut Roberto Mancini, kekalahan tersebut dikarenakan kurangnya komunikasi para pemain bertahan yang membuat Italia kebobolan sebanyak 5 gol.

Gagal meraih poin penuh membuat Italia kini menempati posisi 3 dengan total 5 poin dari 4 pertandingan. Hanya menyisakan dua pertandingan lagi Mancini masih yakin Timnya bisa lolos dari seleksi fase grup. Hal tersebut dikarenakan Italia dan Hungaria yang memuncaki klasemen hanya terpaut dua poin saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here